Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Sirih Merah untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit

Manfaat daun sirih merah sudah cukup terkenal. Daun sirih merah ini memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Bahkan, sirih merah menjadi salah satu tanaman herbal paling umum di Indonesia.

Baca Juga: Khasiat Adas untuk Kesehatan, Ternyata Ampuh Atasi Berbagai Penyakit!

Sudah secara turun-temurun nenek moyang kita menggunakan sirih merah untuk berbagai macam pengobatan. Daun sirih merah terbukti mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit ringan hingga kronis.

Umumnya daun sirih merah lebih sulit ditemukan daripada sirih hijau. Meski begitu, daun sirih merah bukan termasuk jenis tanaman herbal langka karena masih banyak orang yang menanamnya.

Berbagai Manfaat Daun Sirih Merah

Daun sirih mungkin sudah menjadi bahan pengobatan yang cukup umum di Indonesia. Kebanyakan masyarakat juga sudah mengenal jenis tanaman ini.

Sirih merah merupakan jenis tumbuhan merambat. Tumbuhan ini masih menjadi kerabat dekat dari sirih maupun lada.

Daun sirih merah ini berasal dari Sulawesi. Seperti tumbuhan lainnya, sirih merah juga memiliki nama ilmiah, yaitu Piper ornatum.

Terkenal dengan khasiatnya, daun sirih merah seringkali digunakan sebagai pengobatan. Di dalam tumbuhan ini terdapat kandungan flavonoid, minyak atsiri, dan juga senyawa polevenolad.

Bolehkah Sirih Merah Dikonsumsi?

Anda sebenarnya bisa mendapatkan manfaat daun sirih merah dengan berbagai cara. Di Indonesia, sirih merah biasa masyarakat gunakan secara turun-temurun untuk mengobati berbagai penyakit.

Baca Juga: Manfaat Daun Kemuning untuk Kesehatan dan Kecantikan, Wajib Tahu!

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Piper crocatum ini umumnya dapat Anda konsumsi atau makan secara langsung. Hal itu karena daun sirih merah memiliki kandungan serta manfaat yang baik sebagai suplemen kesehatan.

Umumnya sirih merah akan melalui proses perebusan. Air hasil rebusan itulah yang dapat Anda konsumsi untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Obat Apa?

Sirih merah mengandung banyak zat baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat daun sirih merah yang bisa Anda dapatkan:

  • Sirih merah mampu mengatasi diabetes akibat kandungan molekul aktif bernama tanin. Kandungan tersebut bagus untuk menurunkan kadar glukosa darah.
  • Vitamin C dan antiseptik daun sirih merah mampu melawan kuman penyebab tukak lambung.
  • Daun sirih merah mampu menjadi obat asam urat karena kandungan anti inflamasi di dalamnya.
  • Air rebusan daun sirih bermanfaat untuk mengatasi batuk. Anda cukup rebus tiga lembar daun sirih merah dengan 300 ml air.
  • Kandungan terpenoid dan lavikula membuat manfaat daun sirih merah untuk mengatasi sakit perut.
  • Mengonsumsi air rebusan sirih merah secara rutin dapat menyembuhkan sakit bronkitis.
  • Daun sirih merah dapat mengatasi tumor ringan dengan kandungan antioksidan, terpenoid, dan flavonoid.
  • Sifat antiseptik sirih merah mampu menghaluskan kulit, mencegah jerawat, dan mengatasi gatal.
  • Saponin, tanin, dan hyroxychavico membuat sirih merah ampuh untuk mengobati peradangan prostat.
  • Karena kandungan alkaloid, vitamin C, dan antioksidannya, daun sirih merah mampu mengobati luka bakar ringan.
  • Gusi berdarah mampu teratasi dengan daun sirih merah. Gunakan air rebusan untuk berkumur tiga kali sehari.
  • Manfaat daun sirih merah untuk mengobati penyakit jantung. Haluskan sirih merah dengan buah kemukus, jintan, dan bawang merah untuk kemudian diminum air rebusannya.
  • Masalah darah tinggi dapat teratasi dengan air rebusan daun sirih merah.
  • Apabila mengalami masalah buang air kecil, ramuan berbahan dasar sirih merah sangat ampuh untuk mengatasinya. Jangan lupa untuk mencampurkannya dengan segelas susu-madu agar lebih lezat.
  • Daun sirih merah mengandung fenil poppies dan juga terpenoid sehingga baik untuk mengatasi mimisan pada hidung. Gulung daun sirih merah dan masukkan ke lubang hidung yang berdarah.

Perbedaan Sirih Merah dan Sirih Hijau

Selain sirih merah, ada juga sirih hijau yang cenderung lebih mudah untuk Anda temukan. Pada dasarnya, baik sirih merah dan sirih hijau memiliki ciri yang hampir sama.

Keduanya sama-sama memiliki daun yang berbentuk seperti hati dan menjadi jenis tanaman rambat. Perbedaannya hanya daun sirih merah memiliki batang yang berbentuk bulat.

Baca Juga: Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya!

Batang pada daun sirih merah berwarna hijau keunguan dan juga tidak memiliki bunga. Kedua sirih ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan menjadi tanaman herbal populer.

Tentunya Anda harus mengonsumsi secara rutin agar bisa mendapatkan manfaat daun sirih merah secara maksimal. Adapun sirih merah merupakan salah satu obat tradisional herbal dengan harga terjangkau. (R10/HR-Online)