Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Tempuyung untuk Penyakit Ringan hingga Berat!

Manfaat Daun Tempuyung untuk Penyakit Ringan hingga Berat!

Manfaat daun tempuyung itu beragam. Umumnya daun tempuyung terkenal akan manfaatnya untuk ibu menyusui. Tanaman herbal ini ampuh untuk memperlancar air susu ibu atau ASI.

Baca Juga: Manfaat Daun Antanan, Tanaman Liar yang Bisa Jadi Herbal!

Akan tetapi, ternyata daun tempuyung sendiri sudah lama menjadi herbal pengobatan tradisional. Tanaman ini sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai gangguan penyakit di dalam tubuh.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat dari daun herbal ini yang bisa kita manfaatkan? Simak di sini penjelasannya!

Apa Saja Manfaat Daun Tempuyung?

Beberapa waktu lalu ramai menjadi perbincangan salah satu herbal berkhasiat, yaitu daun tempuyung. Tumbuhan herbal satu ini populer karena ampuh melancarkan ASI atau air susu ibu.

Ternyata, daun tempuyung juga sudah terkenal sejak lama sebagai bahan herbal. Tumbuhan ini ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit di dalam tubuh.

Dalam pengobatan tradisional, daun tempuyung sudah terbukti bermanfaat. Tempuyung memiliki nama Sonchus Arvensis dalam bahasa asing.

Selain itu, daun herbal ini juga terkenal dengan beberapa nama lainnya, seperti lampung jombang, galibug, rayana, lobakair, dan juga lampenas. Daun Tempuyung masih termasuk ke dalam suku Asteraceae yang mudah berkembang biak.

Kandungan di Dalam Daun Tempuyung

Daun tempuyung ternyata termasuk mudah berkembang biak. Tanaman ini mudah ditemukan di sekitar rumah dan termasuk ke dalam tanaman liar.

Bentuk daun tempuyung adalah lonjong dengan ujung runcing. Tepi daun berombak dan juga bergigi tidak beraturan dengan permukaan licin.

Baca Juga: Manfaat Bunga Pukul Empat, Ternyata Ampuh untuk Kesehatan!

Di balik manfaat daun tempuyung terdapat kandungan zat kimia yang berkhasiat sebagai obat. Jenis-jenis zat kimia tersebut termasuk flavonoid, inositol, P-laktuserol, manitol, kalium, silikat, dan juga oc-laktuserol.

Manfaat serta Khasiat Utama Daun Tempuyung

Daun tempuyung memiliki cita rasa pahit dan dingin. Tempuyung dapat kita makan sebagai obat dari berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat tempuyung untuk pengobatan:

  • Dalam pengobatan tradisional, daun tempuyung ampuh dalam mengatasi penyakit batu ginjal dan kencing batu.
  • Membantu mengontrol dan menurunkan tekanan darah. Tempuyung sangat baik untuk penderita darah tinggi.
  • Kandungan flavonoid di dalamnya bermanfaat untuk meredakan nyeri pada penyakit asam urat yang banyak menyerang orang lanjut usia.
  • Bisul juga bisa sembuh dengan ramuan daun tempuyung ini. Tumbuk daun dan tempelkan pada bagian tubuh yang terdapat bisul.
  • Manfaat daun tempuyung bisa meredakan luka bakar akibat tersulut api atau terkena benda panas.
  • Luka memar karena benturan atau pukulan benda bisa Anda atasi dengan bantuan daun tempuyung.
  • Kandungan antioksidan daun tempuyung ampuh sebagai penangkap dan pembuang racun di dalam tubuh.
  • Daun tempuyung memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk mencegah pengeroposan tulang.
  • Radang payudara umumnya bisa muncul ketika haid atau setelah melahirkan. Anda bisa mengatasinya dengan daun tempuyung karena kandungan kimia didalamnya baik untuk mengatasi radang payudara.
  • Diare umumnya terjadi karena serangan bakteri, khususnya melalui makanan. Manfaat daun tempuyung di sini adalah untuk membantu mengatasi diare tersebut dengan kandungan senyawa kimia di dalamnya.

Siapa yang menyangka jika tanaman liar yang dapat tumbuh di sembarang tempat ini ternyata menyimpan banyak khasiat. Jadi, sebaiknya Anda tidak langsung memusnahkannya ketika terlihat tumbuh di pekarangan rumah.

Anda justru bisa merawatnya agar bertambah subur. Setelah itu, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin agar mendapatkan manfaat dari daun tempuyung.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Daun Tempuyung?

Karena masih asing, beberapa dari Anda mungkin bingung mengenai cara pengolahan daun tempuyung. Jika untuk konsumsi, Anda bisa menjadikan daun ini sebagai lalapan ketika makan.

Selain itu, Anda juga bisa merebus daun tempuyung dan meminum air hasil rebusannya. Air rebusan daun tempuyung nantinya bisa juga Anda campurkan dengan teh atau madu agar semakin sedap.

Baca Juga: Manfaat Buah Kawista, Ampuh Mengusir Demam hingga Diare

Idealnya, daun tempuyung dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari atau sesuai kebutuhan. Jangan pernah terlalu banyak mengonsumsi daun tempuyung karena akan memberikan efek samping.

Beberapa efek samping yang dapat timbul dari mengonsumsi daun tempuyung terlalu banyak adalah pusing, mual, muntah, sakit perut, bahkan hingga lemas.

Jadi, sebaiknya jangan pernah berlebihan jika Anda ingin mendapat manfaat daun tempuyung. Sesuaikan saja dengan kebutuhan diri Anda sendiri. (R10/HR-Online)