Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Jahe Merah, Atasi Pegal Linu hingga Ejakulasi Dini

Manfaat Jahe Merah, Atasi Pegal Linu hingga Ejakulasi Dini

Manfaat jahe merah sangat beragam. Jahe merah selain sebagai rempah ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Tentunya Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut jika mengonsumsi secara rutin.

Jahe merupakan tumbuhan yang sering berguna sebagai rempah bumbu masak. Akan tetapi, jahe merah memiliki fungsi yang lebih dari sekedar rempah masak saja.

Umumnya jahe merah berguna sebagai bahan pengobatan herbal di jamu atau jenis obat lainnya. Jenis jahe ini juga banyak orang manfaatkan di dalam pembuatan minuman penghangat badan.

Baca Juga: Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Bisa Atasi Ejakulasi Dini Pria!

Berbagai Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Di Indonesia jahe merah sudah sangat tidak asing. Ternyata, jahe berwarna merah ini juga cukup populer di berbagai negara, seperti India, China, Jepang, hingga Timur Tengah.

Sesuai namanya, jahe ini memiliki warna merah dengan aroma yang khas. Aroma jahe merah lebih kuat daripada jahe pada umumnya. Saat ini jahe merah juga sudah banyak dijual di pasaran.

Umumnya jahe merah bermanfaat sebagai minuman herbal di dalam pengobatan tradisional. Khasiat dari jahe merah ini bahkan sudah terkenal secara turun temurun dari nenek moyang.

Kandungan di Dalam Jahe Merah

Jahe merah memiliki aroma khusus yang kuat serta rasa yang lebih pedas. Efek hangat dari jahe ini juga lebih kuat daripada jahe biasa.

Di dalam jahe merah terdapat kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Jahe merah memiliki kandungan gingero, zingeron, dan juga shogaol.

Jahe ini juga memiliki berbagai senyawa kimia seperti capsaicin,cineole, farnesene, caprylic acid, linolenic acid, aspartic, dan juga gingerdione. Selain itu, kandungan lainnya adalah pati, minyak atsiri, serta serat resin.

DI dalam minyak atsiri tersebut terkandung banyak senyawa penting lainnya, mulai dari borneol, geraniol, citral, cineol, chavicol, zingiberene, methyl heptenone, hingga acetates. Senyawa tersebut banyak digunakan dalam dunia farmasi.

Tidak heran juga manfaat jahe merah sangat berlimpah berkat kandungan yang terkandung di dalamnya tersebut.

Baca Juga: Manfaat Buah Pala Melimpah, Ternyata Baik untuk Kesehatan!

Manfaat dan Khasiat dari Jahe Merah

Kandungan jahe merah ternyata sangat beragam dan semuanya berkhasiat untuk tubuh. Berikut berbagai khasiat dari jahe merah sebagai pengobatan herbal di dalam tubuh, yaitu:

  • Jahe merah ampuh meningkatkan fungsi hati yang terganggu akibat konsumsi makanan tak sehat, alkohol, racun, virus, bakteri, dan obat-obatan.
  • Kandungan gingero dan zingeron di dalam jahe merah ampuh mengatasi nyeri lambung, terutama akibat konsumsi obat secara berlebih, infeksi bakteri, merokok, dan lainnya.
  • Penyakit kanker kelenjar getah bening yang berbahaya bisa diatasi dengan konsumsi jahe merah. Manfaat jahe merah ampuh menangkal radikal bebas penyebab kanker.
  • Daripada jahe biasa jahe merah lebuh ampuh menghangatkan tubuh. Herbal ini sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terhindari dari penyakit.
  • Jahe merah kaya akan senyawa aktif yang berkhasiat. Herbal ini ampuh untuk mengatasi pegal linu seperti nyeri otot setelah berolahraga atau aktivitas fisik.
  • Untuk para pria, senyawa aktif di dalam jahe merah bisa merangsang hormon dan meningkatkan kemampuan ereksi sehingga ejakulasi dini dapat teratasi.
  • Meminum ramuan herbal jahe merah juga dapat meredakan nyeri haid. Kandungan minyak atsiri dan senyawa aktifnya mampu meredakan nyeri awal menstruasi untuk kaum wanita.
  • Manfaat jahe merah juga baik untuk mengatasi penuaan dini dan mempercantik kulit. Nutrisinya membantu proses regenerasi kulit dan menghindari penuaan dini.
  • Senyawa kimia di dalam jahe merah sangat berkhasiat untuk mengatasi sekaligus membuat syaraf lebih rileks dan tenang.

Idealnya kita bisa mengonsumsi jahe merah maksimal sebanyak 5 gram setiap hari. Meski memiliki banyak manfaat, tetapi tetap harus memperhatikan takaran konsumsinya,

Jika mengonsumsi jahe merah berlebihan, maka efek samping pada tubuh justru tidak baik dan dapat menimbulkan masalah baru di dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Cabai Rawit untuk Tubuh yang Masih Jarang Diketahui

Bagaimana Cara Mengolah Jahe Merah?

Jahe merah memiliki cita rasa yang lebih pedas. Jika Anda ingin merebusnya, maka bisa mempersiapkan juga serai dan pemanis alami gula jawa.

Serai berfungsi untuk menambah aroma harum, sedangkan gula jawa memberikan cita rasa manis sehingga minuman jahe semakin nikmat dan segar.

Jika tidak ingin gula jawa, Anda bisa menggantinya dengan madu alami. Penggunaan madu ini lebih berkualitas sehingga manfaat jahe merah pada tubuh bisa lebih maksimal. (R10/HR-Online)