Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Labu Kuning, Rahasia Awet Muda hingga Cegah Kanker!

Manfaat Labu Kuning, Rahasia Awet Muda hingga Cegah Kanker!

Manfaat labu kuning sangat melimpah. Berbagai masalah kesehatan dapat teratasi dengan labu kuning ini. Tentu saja Anda bisa mendapatkan manfaat dari buah ini dengan mengonsumsinya secara rutin.

Labu kuning sendiri tergolong sebagai buah yang lezat. Di Indonesia, labu kuning biasa masyarakat manfaatkan untuk campuran es buah atau kolak yang sangat segar.

Meskipun buah ini memiliki nama labu kuning, tetapi warna sebenarnya adalah oranye yang khas. Seringkali labu kuning digunakan sebagai hiasan atau dekorasi Halloween di negara Barat.

Daripada menggunakan sebagai bahan dekorasi, justru Anda bisa mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat yang berlimpah.

Baca Juga: Manfaat Toge untuk Kesehatan, Bisa Perbaiki Kesuburan Pria!

Berbagai Manfaat Labu Kuning untuk Tubuh

Labu kuning yang memiliki nama ilmiah Cucurbita ini juga populer dengan sebutan waluh atau pumpkin di dalam Bahasa Inggris. 

Buah ini masih tergolong tanaman merambat yang masuk ke dalam keluarga suku labu-labuan (Cucurbitaceae), berasal dari Amerika.

Nama labu kuning sebenarnya kurang tepat karena buah ini buah tidak berwarna kuning, melainkan oranye. Bahkan daging buah labu kuning juga berwarna serupa.

Labu kuning merupakan buah yang lezat dengan rasa manis namun sedikit asam dan juga renyah. Itulah kenapa, labu kuning seringkali menjadi campuran berbagai jenis es di Indonesia.

Apa Saja Kandungan Labu Kuning?

Buah ini ternyata sangat bermanfaat untuk tubuh. Warna oranye di dalam buah labu kuning berhubungan dengan kandungan beta-karoten di dalamnya.

Kandungan tersebut terkenal memiliki sifat antioksidan yang baik. Tentu saja manfaat labu kuning untuk kesehatan berhubungan dengan kandungan tersebut.

Selain beta-karoten, di dalam labu kuning juga terdapat vitamin A, C, E, B2, B3, B5, B6, hingga asam folat. Terdapat kandungan mineral seperti magnesium, kalium, mangan, zat besi, tembaga, hingga fosfor.

Menariknya lagi, labu kuning mengandung sejumlah senyawa yang sangat penting untuk kesehatan, diantaranya seperti karotenoid (lutein dan zeaxhantin) serta asam amino omega-3 dan omega-6 yang jarang ditemukan di dalam buah lain.

Manfaat Buah Labu Kuning

Berikut manfaat dari buah ini untuk kesehatan dan kecantikan tubuh:

Baca Juga: Manfaat Buah Ceri, Ampuh sebagai Obat Asam Urat hingga Kanker

1. Kesehatan Mata

Labu kuning mengandung vitamin A yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita.

2. Meningkatkan Imunitas dan Menangkal Kanker

Vitamin C dan B di dalam labu kuning sangat baik untuk meningkatkan imunitas dan melindungi tubuh. Sifat antioksidannya juga mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

3. Melancarkan Pencernaan

Buah labu kuning kaya akan serat dan senyawa aktif. Karena itulah manfaat labu kuning dapat melancarkan pencernaan seperti diare, sembelit, dan masalah BAB lainnya.

4. Mengatasi Insomnia

Labu kuning baik untuk mengatasi masalah insomnia karena kandungan asam amino. Nutrisi tersebut dapat merangsang pembentukan hormon serotonin yang memberikan efek relaksasi.

Selain insomnia, buah labu dapat menjadi anti stres dan depresi.

5. Kesehatan Jantung

Kandungan kalium, serat, dan vitamin C dalam buah labu berperan penting untuk menangkal kolesterol jahat serta mencegah berbagai kerusakan sel pembuluh darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Mengontrol Gula Darah Diabetes

Indeks glikemik labu kuning termasuk rendah tetapi kaya akan serat. Manfaat labu kuning dari kandungan tersebut adalah baik untuk penderita diabetes karena ampuh menjaga kadar gula darah.

7. Menguatkan Tulang dan Gigi

Labu kuning juga baik untuk bayi dan anak-anak. Kalsium dan fosfor di dalamnya baik untuk menguatkan tulang dan gigi. Bahkan buah ini juga bisa menangkap osteoporosis.

8. Menurunkan Berat Badan

Serat yang tinggi di dalam labu kuning membuatnya sangat baik untuk diet. Konsumsi labu kuning dapat melancarkan pencernaan dan membuat kenyang lebih lama.

9. Menyegarkan Kulit dan Membuat Awet Muda

Beta-karoten dari labu kuning berfungsi sebagai tabir surya alami untuk kulit. Selain itu, vitamin C dan E di dalamnya juga merangsang kolagen yang membuat kulit kencang dan awet muda.

Baca Juga: Manfaat Buah Kawista, Ampuh Mengusir Demam hingga Diare

Apa Efek Makan Labu Kuning?

Di dalam labu kuning terdapat vitamin C, E, zat besi, hingga folat. Semua kandungan tersebut bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Seseorang yang sering mengonsumsi labu kuning memiliki sel-sel kekebalan yang bekerja lebih baik untuk menangkal kuman dan mempercepat penyembuhan ketika sedang terluka.

Jika malas mengolahnya, Anda bisa mendapatkan manfaat labu kuning dengan mengonsumsinya secara langsung seperti memakan buah pada umumnya. (R10/HR-Online)