Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Leunca untuk Kesehatan Tubuh, Alat Kontrasepsi Alami!

Manfaat Leunca untuk Kesehatan Tubuh, Alat Kontrasepsi Alami!

Manfaat leunca untuk kesehatan tubuh masih belum terkenal. Leunca ternyata kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya sebagai bahan lalapan, leunca juga bisa menjadi tanaman herbal.

Tanaman leunca mungkin sudah cukup umum di masyarakat. Leunca sebenarnya termasuk jenis tanaman buah dan masih berada di dalam satu rumpun dengan terong.

Baca Juga: Manfaat Bunga Saffron, Herbal Mahal untuk Sembuhkan Kanker

Warna khas pada leunca adalah hijau. Mereka memiliki bentuk bulat dengan ukuran kecil. Karena bentuknya, leunca mirip seperti anggur hijau, tetapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil lagi.

Berbagai Manfaat Leunca untuk Kesehatan Tubuh

Di Indonesia, leunca merupakan jenis lalapan yang cukup populer. Banyak orang yang mengonsumsi leunca mentah sebagai makanan pendamping nasi dan lauk pauknya.

Untuk Anda yang mungkin belum tahu, leunca merupakan jenis tanaman buah yang masih serumpun dengan terong. Leunca pada awalnya tumbuh di wilayah Asia Barat, kemudian menyebar ke wilayah Asia lainnya, termasuk Indonesia.

Bahkan, tanaman ini juga menyebar hingga ke benua Eropa dan juga Amerika. Tanaman ini cukup terkenal sebagai lalapan, khususnya di dalam masakan sunda.

Kandungan di dalam Leunca

Buah leunca memiliki nama dalam Bahasa Latin, yaitu Solanum Nigrum L. Umumnya buah ini terasa pahit tetapi juga menyegarkan.

Oleh karena itu, leunca sering menjadi kombinasi lalapan yang lezat. Leunca ternyata mengandung banyak nutrisi baik yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Di dalam leunca terkandung solasonine, solasodine, solanine, dan juga solamargine yang bermanfaat dalam mencegah kanker. Senyawa tersebut dapat mencegah terjadinya proliferasi dari sel kanker.

Baca Juga: Manfaat Jawer Kotok, Obati Gangguan Pencernaan Hingga Bisul

Beberapa jenis kanker yang dapat Anda cegah dengan mengonsumsi manfaat leunca untuk kesehatan tubuh ini adalah kanker payudara, lambung, saluran pernapasan, dan juga kanker serviks.

Apa Manfaat Makan Buah Leunca untuk Kesehatan Tubuh?

Nyatanya terdapat berbagai macam manfaat dari buah ini. Ini dia daftar manfaat tersebut:

Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala bisa terjadi secara mendadak atau bertahap dan sangat mengganggu. Leunca ternyata bermanfaat serta ampuh meringankan sakit kepala karena di dalamnya terkandung analgetik.

Obat Alami Demam

Buah ini juga bersifat antiseptik yang bisa menurunkan panas. Kandungan antiseptik berfungsi menghambat sintesa dan juga pelepasan prostaglandin E2.

Mencegah Kanker

Rutin mengonsumsi leunca juga bermanfaat menurunkan risiko terjadinya kanker. Empat senyawa yang ada di dalam buah ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh yang sangat tidak terkendali.

Mencegah Hipertensi

Manfaat leunca untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Leunca sangat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Mengatasi ISK

ISK atau infeksi saluran kemih juga bisa Anda sembuhkan dengan konsumsi leunca. Hal itu karena leunca mengandung senyawa antipiretik yang penting untuk mencegah penyakit infeksi akibat bakteri di organ saluran kencing.

Menjaga Kesehatan Kulit

Karena leunca mengandung vitamin A, B1, dan juga C, maka buah ini baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C mampu mencerahkan kulit dan juga sifat antioksidannya mampu menghalau radikal bebas.

Menjaga Kesehatan Mata

Leunca merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Itulah kenapa, manfaat leunca untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah untuk merawat kesehatan mata.

Membentuk dan Merawat Tulang

Mineral dan kalsium di dalam leunca sangat efektif untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan juga menjaga kekuatannya.

Mengatasi peradangan

Senyawa kimia alami di dalam leunca memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mempercepat proses penyembuhan peradangan.

Alat Kontrasepsi Alami

Jika Anda tengah menjalani program KB, leunca juga dapat menjadi alternatif alat kontrasepsi alami. Percaya atau tidak, leunca dapat mengurangi kualitas dan kuantitas sperma. Sehingga, potensi membuahi rahim bisa menjadi lebih kecil.

Bolehkah Makan Leunca Tiap Hari?

Leunca memiliki kandungan nutrisi dan juga antioksidan yang tinggi sehingga sangat bermanfaat menjaga tubuh.

Baca Juga: Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Bisa Atasi Ejakulasi Dini Pria!

Namun demikian, makan leunca juga sebaiknya tidak berlebihan, apalagi setiap hari. Jika Anda mengonsumsi leunca berlebihan, maka efek sampingnya juga bisa berbahaya.

Jadi, Anda bisa mengonsumsi leunca secukupnya dan tidak perlu setiap hari juga. Dengan begitu, maka manfaat leunca untuk kesehatan tubuh akan semakin terasa dan tidak berdampak negatif. (R10/HR-Online)