Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Pete Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Stres Hingga Diabetes

Manfaat Pete Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Stres Hingga Diabetes

Manfaat pete bagi kesehatan sangat besar. Di balik baunya, pete menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Berbagai manfaat tersebut menjadikan salah satu alasan mengapa pete banyak disukai orang.

Buah pete merupakan makanan yang cukup terkenal di Indonesia. Makanan ini biasa masyarakat gunakan untuk menjadi lauk pauk ataupun lalapan.

Apabila menjadi lalapan, maka pete akan dikonsumsi mentah. Meski terkenal dapat menciptakan bau yang tidak sedap, tetapi nyatanya pete menyimpan berbagai manfaat untuk tubuh. Apa saja itu?

Baca Juga: Manfaat Panglay untuk Kesehatan, Bantu Atasi Sakit Perut!

Menguak Berbagai Manfaat Pete Bagi Kesehatan

Orang Indonesia tentunya tidak asing lagi dengan pete. Pete atau Parkia speciosa yang populer dengan sebutan petai atau mlanding ini termasuk pohon tahunan tropika.

Buah ini masih masuk kedalam keluarga buah polong dengan sekitar 20 biji di setiap buahnya. Biji pada buah pete dapat menjadi makanan dan mengeluarkan bau khas seperti jengkol.

Selain mengonsumsinya secara langsung untuk lalapan, pete juga dapat Anda rebus atau menjadi campuran makanan, seperti sambal goreng hati, sambal goreng kentang, krecek, dan lain sebagainya.

Hal tersebut karena pete dapat memberikan bau khas yang semakin menggugah selera makan.

Kandungan di Dalam Pete

Ternyata di dalam buah pete terdapat asam amino. Kandungan asam amino ini terdapat pada bau pete, terutama amino triptofan yang sangat berguna untuk saraf, khususnya dalam memberikan efek relaksasi.

Selain itu, manfaat pete bagi kesehatan juga karena kandungan nutrisi penting di dalamnya yang sangat baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut di antaranya seperti, protein, karbohidrat, tiamin, vitamin C, magnesium, zat besi, zinc, mangan, serat, lemak, kalium, dan kalsium.

Menariknya, biji buah pete juga kaya akan berbagai senyawa yang sangat penting untuk kesehatan. Senyawa tersebut berupa siklik, sulfur, dan juga tiazolidin karbosiklik acid.

Baca Juga: Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan, Bisa Bantu Obati HIV

Apa Manfaat Pete?

Dengan baunya yang khas dan rasanya yang enak, pete menjadi sangat populer dengan berbagai manfaat. Ini manfaat pete yang perlu Anda ketahui:

  1. Kandungan tiazolidin karbosiklik acid dan juga sulfur di dalam buah pete baik untuk menjaga fungsi dan kesehatan hati dalam membuang racun.
  2. Ginjal sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Keberadaan senyawa polisulfida siklik di dalam pete ampuh melindungi dan mencegah kerusakan ginjal.
  3. Protein, karbohidrat, dan vitamin C yang tinggi di dalam pete mampu membangkitkan energi tubuh setelah beraktivitas dan juga meningkatkan imunitas.
  4. Manfaat pete bagi kesehatan juga efektif mengontrol gula darah. Pete menjadi pengobatan tradisional dalam menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.
  5. Senyawa antioksidan di dalam pete berkhasiat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  6. Kandungan magnesium dan kalsium di dalam pete ampuh mencegah peradangan dan mengatasi pengeroposan tulang.
  7. Pete kaya akan serat dan rendah lemak, sehingga baik untuk diet dan melancarkan pencernaan.
  8. Keberadaan asam amino triptofan pada pete juga sangat baik untuk relaksasi dan juga meningkatkan mood.
  9. Di dalam pete terdapat cyclic polysulphides yang merupakan anti bakteri dan anti jamur.
  10. Manfaat pete bagi kesehatan ampuh mengatasi anemia. Itu karena terdapat kandungan vitamin B yang baik untuk mengatasi kekurangan darah.
  11. Selain meredakan stres, pete juga baik untuk anak kecil karena mampu meningkatkan daya ingat serta kemampuan kognitif otak. Hal tersebut karena kandungan kalium yang tinggi.

Itulah berbagai manfaat dari pete. Siapa sangka bahwa di balik baunya yang menyengat, pete sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Batuk

Apa yang Bisa Menghilangkan Bau Pete?

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi masih ada beberapa orang yang tidak ingin mengonsumsi pete. Biasanya orang memilih untuk menghindari pete karena baunya yang menyengat.

Bau pete bahkan dapat menempel di mulut. Meski demikian, ada cara untuk mengatasi bau tersebut.

Cara menghilangkan bau pete sebenarnya tergolong mudah, yaitu dengan rajin menggosok gigi. Jangan lupa untuk berkumur dengan pembersih gigi agar semakin segar.

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi bahan alami untuk menyamarkan bau, seperti susu, jeruk, teh hijau, dan saga, dan lainnya. Konsumsi permen mint juga bisa sangat membantu menyamarkan bau pete.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi takut mengonsumsi pete karena baunya. Anda bisa mengkonsumsi dan mendapatkan berbagai manfaat pete bagi kesehatan tubuh. (R10/HR-Online)