Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Toge untuk Kesehatan, Bisa Perbaiki Kesuburan Pria!

Manfaat Toge untuk Kesehatan, Bisa Perbaiki Kesuburan Pria!

Manfaat toge untuk kesehatan sangat penting. Sayangnya manfaat untuk kesehatan dari toge ini masih belum populer. Masih banyak yang belum tahu bahwa toge mengandung berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga:Manfaat Cabai Rawit untuk Tubuh yang Masih Jarang Diketahui

Terdapat banyak masakan Indonesia yang menggunakan jenis sayuran toge. Itulah kenapa, masyarakat Indonesia juga sudah tidak asing lagi dengan keberadaan toge ini.

Ternyata, tauge merupakan sayuran yang kaya akan manfaat. Terdapat nutrisi baik di dalam toge yang sangat penting dan juga baik untuk kesehatan tubuh hingga kulit.

Berbagai Manfaat Toge untuk Kesehatan

Toge atau yang juga terkenal dengan sebutan tauge dan kecambah ini merupakan tanaman muda yang sedang tumbuh dari embrionya.

Perkecambahan sendiri merupakan tahapan yang sangat kritis dalam pertumbuhan tanaman, terutama dari biji kacang. Toge atau tauge ini dapat dengan mudah kita temukan di sekitar.

Harga toge yang murah juga menjadi alasan kenapa sayuran ini menjadi favorit masyarakat Indonesia. Apalagi toge bisa dipadukan ke dalam berbagai jenis makanan kesukaan.

Biasanya toge masyarakat campur dengan bahan pecel, gado-gado, atau jenis masakan khas Indonesia lainnya untuk menambah kelezatan.

Kandungan di Dalam Toge

Selain lezat, sayuran ini ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal itu karena toge memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Toge mengandung protein nabati tidak mengandung lemak, serat, vitamin B6, vitamin C, dan K. Sayuran ini juga terkenal rendah kalori sehingga banyak menjadi bahan makanan diet.

Baca Juga: Manfaat Pete Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Stres Hingga Diabetes

Kemudian, manfaat toge untuk kesehatan juga berasal dari berbagai jenis mineral di dalamnya. Jenis mineral tersebut berupa tembaga, zat besi, kalsium, niasin, riboflavin, zinc, asam pantotenat, dan juga magnesium.

Selain itu, di dalam sayuran ini juga terdapat senyawa aktif yang sangat berkhasiat untuk tubuh.

Manfaat dan Khasiat Sayuran Toge untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa khasiat dari toge untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui:

  1. Di dalam toge terdapat vitamin C dan E serta anti inflamasi yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sayuran ini juga merangsang pembentukan sel darah putih yang dapat melawan infeksi.
  2. Vitamin K di dalam toge berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.
  3. Enzim toge yang beragama berguna untuk melancarkan pencernaan, menjaga metabolisme tubuh, dan menangkan gangguan perut.
  4. Toge kaya akan serat dan rendah kalori sehingga sangat baik untuk menjadi menu diet menurunkan berat badan.
  5. Vitamin A dan C dalam toge bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat toge untuk kesehatan bisa menangkan glaukoma, katarak, maupun degenerasi makula.
  6. Di dalam toga terdapat zat besi yang dapat merangsang produksi hemoglobin dan meningkatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh sehingga mengatasi anemia.
  7. Nutrisi toge mampu menjaga kesehatan kulit dan menangkan penuaan dini, noda hitam, serta garis keriput.
  8. Penelitian Universitas Adelaide Australia menemukan bahwa vitamin C, Zinc, dan magnesium dalam toge ampuh meredakan stres, gelisah, insomnia, dan membuat suasana hati lebih rileks.
  9. Toga juga sangat bermanfaat untuk pria karena bisa meningkatkan kesuburan. Ternyata, hal tersebut karena kandungan zinc yang mampu meningkatkan jumlah produksi sperma.

Siapa sangka bawah sayuran murah meriah ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Berbagai manfaat toge untuk kesehatan tersebut sangat penting untuk Anda ketahui agar semakin giat mengonsumsinya.

Baca Juga: Manfaat Leunca untuk Kesehatan Tubuh, Alat Kontrasepsi Alami!

Apalagi jika Anda pria dan sedang dalam program kehamilan bersama pasangan, maka toge bisa menjadi makanan wajib yang harus dikonsumsi secara teratur karena ampuh menambah dalam meningkatkan kualitas sperma.

Apakah Toge Bisa Dikonsumsi Setiap Hari?

Sebenarnya indeks glikemik pada sayuran toge terbilang cukup rendah. Tetapi, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya berlebihan setiap hati.

Mengonsumsi toge berlebihan justru bisa memunculkan masalah dalam tubuh. Efek buruk dari mengonsumsi toge berlebihan adalah infeksi bakteri, virus, dan juga potensi sakit perut.

Mengonsumsi toge mentah berpotensi meningkatkan kontaminasi bakteri dalam tubuh, khususnya bakteri E coli dan juga Salmonella yang bisa menyebabkan sakit perut dan infeksi ringan hingga parah.

Agar manfaat toge untuk kesehatan menjadi maksimal dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan, maka Anda harus bisa mengonsumsinya dalam batas wajar dan jangan lupa merebusnya terlebih dahulu. (R10/HR-Online)