Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Ubi Cilembu Melimpah, untuk Kesehatan hingga Kecantikan!

Manfaat Ubi Cilembu Melimpah, untuk Kesehatan hingga Kecantikan!

Manfaat ubi cilembu sangat melimpah. Selain lezat, ternyata ubi cilembu menyimpan manfaat untuk kesehatan. Berbeda dengan jenis ubi lainnya, ubi cilembu yang kaya akan berbagai manfaat ini memiliki cita rasa yang khas.

Baca Juga: Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Bisa Atasi Ejakulasi Dini Pria!

Ubi cilembu sudah terkenal dengan rasanya yang sangat enak. Hal tersebutlah yang membuat jenis ubi satu ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Ketika mengonsumsinya, Anda akan merasakan rasa yang lebih manis dengan tekstur lembut khas ubi. Berasal dari wilayah Jawa Barat, ubi cilembu memulai popularitasnya sejak tahun 1990-an.

Mengulik Berbagai Manfaat Ubi Cilembu

Ubi cilembu merupakan hasil kultivar antara ubi jalar dengan ras lokal yang berasal dari Sumedang, Jawa Barat. Di Indonesia, ubi cilembu ini sangatlah terkenal.

Sejak tahun 1990-an, ubi cilembu ini terkenal karena rasanya yang manis. Ternyata, rasa manis pada ubi ini karena kandungan sejenis madu di dalamnya.

Karena rasanya yang lezat, ubi cilembu semakin terkenal hingga ke berbagai daerah di tanah air. Karena itu juga ubi ini populer dengan nama ubi madu.

Kandungan Ubi Cilembu

Ternyata, ubi cilembu bukan hanya lezat saja. Jenis ubi asal Jawa Barat ini menyimpan berbagai manfaat untuk tubuh.

Perlu Anda ketahui, ubi madu atau ubi cilembu ini kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, glukosa alami, kalsium, dan juga niacin.

Kandungan vitamin C dan juga A di dalam manfaat ubi cilembu sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Khasiat Ubi Cilembu

Banyak orang yang menjadikan ubi cilembu sebagai menu dietnya. Berikut ini beberapa manfaatnya untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Karena kandungan vitamin A di dalam ubi cilembu cukup tinggi, maka sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Ubi cilembu mampu meningkatkan ketajaman penglihatan.

2. Mengatasi Radang Usus

Manfaat ubi cilembu selanjutnya berasal dari kandungan anthocyanin dan kolon. Kandungan tersebut bersifat anti inflamasi yang mampu mencegah peradangan usus besar dan radang kronis lainnya.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Serat di dalam ubi cilembu sangat tinggi dan berguna untuk meredakan gangguan perut seperti diare, BAB tidak lancar, sembelit, dan maag.

4. Meredakan Stress

Ubi cilembu memiliki kandungan magnesium yang ampuh untuk meredakan stress serta depresi. Kandungan magnesium tersebut juga bisa mengatasi gangguan tidur dan kecemasan yang menyebabkan insomnia.

Baca Juga: Manfaat Buah Kawista, Ampuh Mengusir Demam hingga Diare

5. Menekan Risiko Diabetes

Meski manis, tetapi ubi cilembu memiliki glukosa alami yang justru ampuh untuk mencegah diabetes. Glukosa alami mampu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah yang baik untuk para penderita diabetes.

6. Diet

Banyak orang yang mengambil manfaat ubi cilembu untuk diet menurunkan berat badan. Ubi cilembu sangat bagus untuk makanan diet karena akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

7. Menyuburkan Rambut

Ubi cilembu juga bermanfaat untuk kecantikan tubuh. Tingginya kandungan vitamin A, C, dan juga E membuatnya sangat baik untuk menyuburkan dan menjaga kesehatan tubuh.

8. Menghaluskan Kulit dan Menangkal Penuaan Dini

Lagi-lagi kandungan vitamin A, C dan E serta kalsium dalam ubi cilembu membuatnya sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Baca Juga: Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Mengonsumsi umbi ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar Matahari jahat serta mencegah terjadinya penuaan dini.

9. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ubi cilembu mengandung vitamin A dan C yang merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Konsumsi ubi ini secara rutin juga dapat membantu melawan infeksi dan penyakit menular.

Mengolah Ubi Cilembu agar Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Kadang glukosa yang cukup tinggi di dalamnya membuat ubi ini perlu teknis khusus dalam proses pengolahannya agar enak dan tetap bermanfaat. Ubi cilembu sangat tidak cocok untuk diolah dengan digoreng karena mudah gosong. Pengolahan terbaik agar memilki manfaat untuk kesehatan baiknya direbus.

Umumnya ubi cilembu jadi makanan olahan atau sebagai bahan keripik, tepung, aneka kue, sirup, dodol, dan bahkan selai. Nilai ekonomis dari ubi cilembu ini sangat tinggi dengan rasa yang sangat memanjakan lidah.

Banyaknya manfaat ubi cilembu ini membuat jenis ubi satu ini masih sangat eksis. Ubi cilembu bahkan tidak pernah sepi peminat. (R10/HR-Online)