Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita JabarMasjid di Leles Garut Hangus Dibakar, Pelaku Diduga ODGJ

Masjid di Leles Garut Hangus Dibakar, Pelaku Diduga ODGJ

harapanrakyat.com,- Masjid Al Hidayah di Kampung Nagrog, Desa Kembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dilaporkan dibakar seseorang. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (22/1/2023).

Pengurus DKM Masjid Al Hidayah Jeje membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, masjid tersebut dibakar diduga oleh ODGJ yang sudah dikenal masyarakat. Bahkan ODGJ tersebut sebelumnya pernah ngamuk dan membakar gubuk warga.

“Ya ada yang bakar, pelakunya gangguan jiwa. Jadi tahu ODGJ, karena si pelaku ini pernah mengamuk dan saya yang urus,” kata Jeje Senin (23/1/2023).

Jeje menjelaskan masjid itu di bakar pada hari Minggu kemarin. Sebelum kejadian, pelaku yang ODJG itu terlihat mondar mandir ke dalam masjid sekitar pukul 22.00 WIB. Pada pukul 23.00 WIB, masjid terbakar hebat hingga hangus.

“Jadi jam 10 malam terlihat mondar-mandir, nah jam 11 kebakaran,” ucapnya.

Baca Juga: Akibat Banjir Bandang, Jembatan Mekarmukti Garut Putus Total

Jeje menyebut pelaku membakar masjid menggunakan korek dan bensin. Saat kebakaran, api pertama kali terlihat pada bagian gudang tempat menyimpan Al Qur’an. Kemudian merembet ke karpet dan gorden pembatas antara makmum pria dan wanita.

Sementara itu, Kapolsek Leles AKP Kuswanto mengatakan pelaku merupakan ODGJ kambuhan. Sebelumnya, ada laporan masyarakat yang menyatakan pernah membakar gubuk warga.

“Ya betul dibakar, pelakunya gangguan jiwa, jadi masyarakat memberi tahu bahwa sebelumnya sempat mengamuk. Kemudian pernah membakar gubuk warga, dan nyaris membakar pom mini warga,” kata AKP Agus Kuswanto.

Polisi telah mengamankan pelaku berinisial E itu untuk kemudian melakukan pemeriksaan kejiwaannya.

“Sudah kami amankan dan sedang dalam pemeriksaan. Sekarang fokus pembersihan puing masjid bekas kebakaran bersama TNI-Polri,” jelasnya. (Pikpik/R9/HR-Online/Editor-Dadang)