Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruMemperbaiki HP Bengkok Tidak Sulit, Ini Caranya!

Memperbaiki HP Bengkok Tidak Sulit, Ini Caranya!

Memperbaiki HP bengkok ternyata tidak terlalu sulit. Bahkan ada cara memperbaiki masalah HP bengkok ini yang bisa Anda terapkan sendiri. Nah, jika Anda penasaran bagaimana caranya pastikan menyimak pembahasan tips HP berikut ini.

HP merupakan alat komunikasi yang selalu kita gunakan sehari-hari. Karena itu wajar saja jika HP bisa dengan mudah bermasalah atau mengalami kerusakan.

Jika sudah begitu, maka kita harus segera memperbaikinya agar bisa kembali menggunakan HP dengan maksimal.

Masalah yang sering terjadi pada ponsel juga sangat beragam, baik masalah fisik maupun sistemnya. Masalah sistem bisa saja karena program atau aplikasi yang berjalan mengalami error. Lalu masalah fisik seperti layar pecah, retak, tergores, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Rotasi Layar Tidak Berfungsi? Ini Cara Mengatasinya!

Cara Memperbaiki HP Bengkok

Salah satu masalah yang juga bisa terjadi pada fisik ponsel yaitu mengalami bengkok. Masalah ini mungkin terdengar aneh, namun nyatanya HP juga bisa bengkok. Apalagi pada jenis HP berbahan aluminium dan modelnya yang sangat tipis.

Seperti yang kita tahu, zaman sekarang memang sangat populer model HP tipis. Sebab, model tersebut membuat HP terlihat ringan, canggih, dan nyaman saat kita genggam. Karena itu, banyak masyarakat yang memburu ponsel dengan bodi tipis namun canggih.

Meskipun menarik, namun model yang tipis malah bisa menimbulkan risiko bengkok. Jika sudah bengkok pastinya akan mengurangi keindahan bentuk HP.

Selain itu, pengguna juga tidak akan merasa nyaman selama menggenggam atau menggunakan HP.

Jika Anda tidak segera memperbaiki HP bengkok maka bisa menyebabkan masalah lain yang lebih serius. Misalnya merusak layar dan bodi hingga tak bisa Anda perbaiki sendiri.

Karena itu, penting untuk menjaga ponsel agar tidak bengkok dan membuatnya tetap aman.

HP bengkok sendiri sebenarnya bisa terjadi karena berbagai penyebab tanpa kita sadari sebelumnya. Misalnya yaitu HP tertindih saat kita tidur sehingga ia mengalami tekanan kuat dan akhirnya bengkok.

Penyebab ini mungkin sering terjadi, sebab kebanyakan orang mungkin membawa HP ke kasur.

Kemudian bisa juga HP bengkok karena ulah seseorang yang sengaja atau iseng membengkokkannya. Misalnya yaitu dengan menekan salah satu sisinya hingga akhirnya HP menjadi melengkung.

Jika sudah begini, maka Anda harus segera memperbaikinya agar tidak muncul masalah lain pada HP.

Nah, jika Anda mengalami masalah HP ini ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut adalah cara memperbaiki HP bengkok yang bisa Anda coba:

Baca Juga: Layar HP Rusak, Ini Beberapa Jenis dan Penyebabnya

Menggunakan Buku

Cara pertama yang bisa Anda coba yaitu dengan memanfaatkan buku sebagai pemberat. Letakkan HP yang bengkok menghadap ke atas pada lantai yang rata. Selanjutnya letakkan buku yang tebal di atasnya, bisa buku novel, kamus, maupun yang lainnya.

Jika rasanya buku kurang tebal dan berat, maka Anda bisa menambahkan buku lainnya. Setelah itu berilah tekanan kecil di atas buku agar HP yang bengkok bisa kembali lurus. Kemudian jangan lupa mengecek apakah HP sudah kembali lurus atau belum.

Luruskan Secara Manual

Cara memperbaiki HP bengkok selanjutnya, Anda bisa mencoba meluruskannya secara manual alias menggunakan tangan.

Tekan ponsel hingga bagian yang bengkok kembali lurus seperti semula. Namun dalam melakukannya Anda harus ekstra hati-hati, jangan sampai terlalu kuat menekan.

Sebab, bisa saja tekanan tersebut malah membuat HP bengkok ke sisi lainnya. Akibatnya bukannya normal, HP malah semakin rusak dengan bertambahnya bengkok.

Selain itu, bisa saja tekanan dari tangan malah merusak LCD atau layar HP semula baik-baik saja.

Baca Juga: Speaker HP Rusak Karena Jatuh, Perbaiki dengan Cara Ini!

Bawa ke Tempat Service

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membawa ke tukang service HP. Meskipun tandanya Anda harus mengeluarkan uang, namun cara ini lebih aman. HP juga bisa kembali normal jika bengkoknya tidak terlalu parah.

Biasanya tukang servis menggunakan alat khusus untuk kembali meluruskan HP. Pastinya alat tersebut juga mampu bekerja dengan maksimal dan juga aman untuk HP Anda. Sehingga HP kembali lurus tanpa mengalami kerusakan lainnya.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki HP bengkok yang bisa Anda terapkan. Jika sekiranya Anda tidak bisa atau tidak berani mengatasinya sendiri, maka bawalah ke tukang servis. Tujuannya agar tidak timbul masalah lainnya. (R10/HR-Online)