Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruMenata Ruangan Tamu yang Luas Agar Terlihat Mewah dan Rapi

Menata Ruangan Tamu yang Luas Agar Terlihat Mewah dan Rapi

Menata ruangan tamu adalah salah satu hal yang wajib dilakukan pemilik rumah. Pemilik rumah harus bisa menata berbagai macam ruangan di rumahnya, termasuk ruang tamu ini. Jangan lupa memilih desain interior yang tepat pada ruangan tersebut.

Ruang tamu merupakan salah satu ruang yang penting untuk Anda tata. Mengingat ruang tamu adalah ruangan yang  terdapat pada setiap rumah bagian depan. Para tamu yang berkunjung ke rumah juga akan berada di ruangan ini.

Supaya ruang tamu tidak terkesan kumuh dan berantakan, maka Anda perlu menata dan membersihkan ruangan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Interior Ruang Tamu Gaya Industrial Kekinian, Simak Idenya!

Cara Menata Ruangan Tamu yang Berukuran Luas

Tidak hanya ruang tamu minimalis saja yang membutuhkan strategi penataan khusus. Ruang tamu dengan ukuran yang luas juga memerlukan trik khusus agar bisa terlihat rapi mewah dan juga nyaman Anda gunakan.

Untuk penataannya Anda tidak perlu bingung, sebab Anda bisa menerapkan ide-ide penataan ruang tamu seperti berikut ini. 

Pilih Furniture yang Besar dan Panjang

Cara yang penting Anda terapkan pada saat menata ruangan tamu yang memiliki ukuran luas yaitu dengan memilih furniture yang memiliki ukuran besar dan panjang. Pemilihan furniture yang besar dan panjang ini tujuannya tak lain untuk memaksimalkan ruas ruangan tersebut.

Anda bisa mencoba mengkombinasikan sofa panjang berbentuk L dengan single kursi maupun single sofa. Jangan lupa juga untuk menambahkan coffee table agar ruang tamu Anda bisa terlihat lebih cantik dan estetik.

Dengan menggunakan kursi dan sofa yang panjang ini, Anda juga tidak akan bingung lagi jika banyak tamu yang datang ke rumah. Sebab, sofa besar dan panjang tersebut bisa muat untuk banyak tamu.

Gunakan Meja Tamu Ukuran Besar

Menata ruang tamu yang memiliki ukuran luas memang tidak semudah yang kita bayangkan. Kita harus memiliki trik agar ruang tamu yang luas bisa terlihat mewah dan elegan.

Pada saat Anda menerapkan kursi sofa yang berukuran besar, maka jangan lupa juga untuk menambahkan meja tamu yang berukuran besar juga. Sebab, jika Anda menggunakan sofa berukuran besar dan memilih menggunakan meja yang kecil, ini tidak akan serasi.

Meja besar dalam ruang tamu memiliki fungsi yang cukup banyak. Ketika banyak tamu yang datang ke rumah Anda, maka meja tersebut bisa berfungsi untuk meletakkan hidangan untuk tamu atau barang-barang lainnya.

Baca Juga: Hiasan Pojok Ruang Tamu yang Cantik, Simak Ide Dekorasinya!

Lengkapi Sudut Ruangan yang Kosong dengan Hiasan

Saat menata ruang tamu yang luas tentunya ada banyak kekosongan-kekosongan pada sudut tertentu. Nah, sebaiknya Anda tidak membiarkan sudut-sudut ruang tamu tersebut kosong.

Cobalah untuk melengkapi bagian yang kosong tersebut dengan hiasan yang serasi. Anda bisa meletakkan tanaman indoor, guci besar, vas bunga, meja sudut, bingkai foto, atau rak serbaguna.

Dengan adanya hiasan-hiasan tersebut, maka sudut ruang tamu Anda tidak terlihat kosong. Bahkan, hiasan tersebut bisa menjadikan ruangan Anda terlihat lebih cantik dan klasik.

Jangan Biarkan Dinding Polos

Jangan membiarkan ruang tamu Anda yang luas dengan dinding ruangan yang polos ketika menatanya. Anda perlu memberikan berbagai macam hiasan dinding agar ruang tamu Anda terlihat lebih menarik.

Cobalah untuk memasang pigura atau lukisan-lukisan yang bisa menciptakan ruang tamu terlihat lebih lengkap.

Dinding ruang tamu yang luas tanpa hiasan tentunya akan kurang menarik dipandang. Maka dari itu, jangan lupa untuk melengkapi ruang tamu anda dengan berbagai macam hiasan atau dekorasi.

Baca Juga: Desain Ventilasi Ruang Tamu Hadir dengan Model Bervariasi

Tambahkan Karpet Lantai Ruang Tamu

Untuk menciptakan ruang tamu yang elegan dan mewah, jangan lupa untuk menambahkan karpet lantai pada ruang tamu anda.  Pasang karpet bulu yang cantik untuk menambah kenyamanan.

Selain karpet, Anda juga bisa menambahkan tirai pada jendela atau pintu ruang tamu. Tirai yang dipasang pada ruang tamu bisa menimbulkan kesan mewah pada ruangan tersebut.

Jangan sampai Anda salah dalam penataan ruang tamu. Terlebih ruang tamu Anda memiliki ukuran yang cukup luas. Pastikan Anda melakukan cara menata ruangan tamu yang luas dengan cara yang tepat. Sehingga ruangan tersebut bisa tampil lebih mewah dan elegan. (R10/HR-Online)