Minggu, Januari 29, 2023
BerandaBerita TerbaruMengenal Alat-Alat Optik Lengkap dengan Fungsinya di Kehidupan

Mengenal Alat-Alat Optik Lengkap dengan Fungsinya di Kehidupan

Mengenal alat-alat optik cukup penting. Alat-alat optik tersebut terbagi menjadi dua, yaitu buatan dan alami. Pastinya setiap alat optik akan memiliki fungsi mereka tersendiri.

Kali ini kita akan mempelajari lebih dalam mengenai alat optik. Perlu Anda tahu, bahwa alat optik paling alami pada makhluk hidup adalah mata.

Namun demikian, terdapat berbagai alat optik lainnya yang juga sangat berfungsi. Apa saja itu? Simak di sini!

Baca Juga: Teori Kecepatan Cahaya: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Mengenal Alat-Alat Optik di Kehidupan

Alat optik menurut pengertiannya merupakan suatu alat yang memanfaatkan sifat cahaya, hukum pemantulan, serta hukum pembiasan cahaya untuk membentuk suatu benda.

Jadi, alat optik adalah suatu alat yang berupa prisma, lenda, dan juga cermin sebagai bagian utamanya. Alat optik juga terjadi menjadi dua, yaitu optik alami dan juga buatan.

Berikut ini macam-macam alat optik beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui.

Mata

Pertama ada alat optik mata yang sangat canggih. Alat optik manusia ini berfungsi untuk melihat apapun di dalam jangkauannya.

Jika Anda tidak memiliki mata atau menderita kebutaan, maka tidak akan bisa melihat dunia ini. Jika mengkaji lebih dalam untuk mengenal alat-alat optik ini,  terdapat bagian dalam  dengan fungsi tertentu, yaitu:

  • Pupil: celah sempit berbentuk lingkaran yang berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya.
  • Kornea: pelindung bagian dalam mata dan menerima rangsangan cahaya untuk diteruskan ke mata bagian dalam.
  • Lensa mata: benda bening yang berbentuk cembung. Fungsinya untuk meneruskan dan memfokuskan cahaya atau bayangan agar jatuh di retina.
  • Iris: lapisan berwarna mata ini berfungsi untuk mengatur besar kecilnya lubang pupil.
  • Retina: lapisan dinding mata yang berfungsi untuk layar penerima cahaya. Bayangan pada retina akan terbentuk bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil.
  • Bintik kuning: sebagai tempat terbentuknya bayangan yang jelas.
  • Aqueous humour: cairan yang berfungsi sebagai pembias cahaya.
  • Vitreous humour: cairan bening sebagai pengisi bagian dalam mata.
  • Sklera: lapisan terluar mata.
  • Cherodi: lapisan hitam untuk penyerap cahaya.

Baca Juga: Snap Back Zone, Fenomena Ilmiah Kibasan Tali Putus

Lup

Alat optik ini juga terkenal sebagai kaca pembesar. Lup terdiri dari dua buah lensa cembung yang berfungsi untuk melihat benda-benda kecil agar lebih jelas.

Mengenal alat-alat penggunaan optik ini terbagi menjadi dua, dengan mata berakomodasi atau mata tidak berakomodasi.

Kamera

Alat kamera berfungsi untuk menghasilkan bayangan fotografi film negatif. Kamera berfungsi untuk mengabadikan kejadian berharga.

Terdapat beberapa bagian kamera, yaitu diafragma, pelat film, lensa cembung, dan juga aperarut yang saling bergantung.

Mikroskop

Mikroskop merupakan alat optik yang berfungsi untuk melihat benda kecil agar tampak semakin besar dan jelas. Mengenal alat-alat optik ini memiliki dua lensa cembung.

Lensa pertama dekat dengan benda yang diamati (lensa objektif). Sedangkan lensa kedua berada dekat dengan mata pengamat (lensa okuler.

Teropong

Selanjutnya Anda harus mengenal alat-alat optik teropong yang berfungsi untuk mengamati benda jauh. Dengan teropong, benda jauh akan tampak dekat dan menjadi jelas. Terdapat beberapa jenis teropong, yaitu:

  • Teropong bintang atau astronomi: terdiri atas dua lensa positif yang berfungsi untuk mengamati benda di luar angkasa. Panjang fokus objektif akan selalu lebih panjang dari fokus okuler.
  • Teropong bumi/medan: berfungsi untuk melihat benda-benda jauh yang masih ada di bumi.
  • Galilei/teropong panggung: fungsinya sama seperti teropong bumi.
  • Teropong pantul: jenis teropong yang menggunakan jenis lengkung sebagai perangkat untuk membentuk bayangan.

Baca Juga: Teori Relativitas Einstein, Jenis, dan Buktinya, Kenali Lebih Dekat!

Proyektor Slide

Alat optik selanjutnya adalah proyektor slide. Proyektor slide merupakan alat yang berfungsi untuk memproyeksikan gambar diapositif sehingga mendapatkan bayangan nyata dan lebih besar di layar.

Di dalam proyektor slide ini terdapat beberapa bagian-bagian penting. Bagian proyektor slide tersebut berupa lampu kecil untuk memancarkan sinar kuat lewat pusat kaca, slide atau gambar diapositif, cermin cekung untuk reflektor cahaya, dan juga lensa cembung untuk membentuk bayangan pada layar.

Umumnya proyektor slide berguna dalam proses presentasi. Dengan proyektor slide, maka bahan presentasi akan menjadi lebih besar dan bisa terlihat oleh lebih banyak orang.

Berbagai alat-alat optik tersebut yang sangat penting untuk kita ketahui. Mengenal alat-alat optik sangat bermanfaat untuk kehidupan dan mempermudah dalam berbagai bidang. (R10/HR-Online)