Minggu, Januari 29, 2023
BerandaBerita TerbaruMengenal Ilmu Leluhur, Salah Satunya Jangjawokan

Mengenal Ilmu Leluhur, Salah Satunya Jangjawokan

Ilmu leluhur merupakan ilmu berasal dari nenek moyang turun temurun hingga generasi selanjutnya. Ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif, dapat membawa kebaikan dan sebaliknya.

Di seluruh belahan dunia, setiap daerah memiliki kepercayaan terhadap leluhur, hal ini menyangkut pada hal mistis, ilmu penyembuhan, sihir dan lain sebagainya.

Sebagian orang ada yang merasa terpaksa mewarisi ilmu leluhur dan sebagian ada yang sangat senang mendapat ilmu leluhur. Orang yang tidak siap dengan ilmu leluhur seringkali menganggap hal ini sebagai “kutukan”.

Pada zaman dahulu, leluhur mendapat ilmu dengan bertapa, meningkatkan ilmu spiritual, menikah dengan bangsa jin dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak cerita rakyat atau legenda yang sangat tidak masuk akal. Hal ini mendukung fakta adanya ilmu leluhur yang tidak lepas dari hal mistik seperti bantuan jin.

Baca Juga: Ciri Orang yang Punya Khodam Harimau, Bisa Dilihat dari Fisiknya

Ilmu leluhur di Indonesia

Di indonesia sendiri sangat banyak mitos tentang ilmu leluhur dan berikut ilmu leluhur yang ada di indonesia.

Peramal atau Ahli Nujum

Umumnya orang yang memiliki bakat untuk meramal adalah orang yang merupakan keturunan dari peramal atau dari leluhurnya yang memiliki ilmu supranatural tinggi.

Peramal dipercaya sebagai orang yang memiliki gambaran masa depan namun ada juga yang meramal dengan melihat rasi bintang, membaca garis tangan dan lain sebagainya.

Seiring perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan, ada jenis ramalan untuk memprediksi cuaca dan bencana, dan hal ini diperbolehkan dalam islam karena tidak tergolong perbuatan syirik.

Mantra atau Jangjawokan

Mungkin sudah tidak asing dengan kata mantra, sebuah kata yang sering ada dalam lirik lagu ataupun kata-kata puitis lainnya. Namun faktanya mantra bukan hal sembarangan yang hanya menjadi kiasan kata.

Mantra dalam tatar sunda sering disebut jangjawokan, sebuah rangkaian kata dari leluhur untuk tujuan tertentu. Dipercaya memiliki kekuatan magis tertentu dan memiliki banyak manfaat.

Manfaatnya dapat bersifat positif atau negatif, tergantung niat dan tujuannya. Apabila ditujukan untuk kebaikan, mantra dapat membawa manfaat, salah satu contoh seperti menyadarkan orang yang kerasukan atau terkena ilmu sihir.

Khodam Leluhur

Salah satu hal mistis yang termasuk ilmu dari leluhur adalah Khodam. Sampai saat ini masih banyak orang yang mempercayai khodam leluhur. Khodam memiliki fungsi sebagai pelindung, banyak orang yang mengharapkan adanya kehadiran khodam leluhur.

Tidak jarang orang mencari tahu cara mendapatkan khodam. Cara mendapatkan khodam terbagi menjadi dua, yaitu khodam leluhur yang alami ada bersifat turun temurun dari leluhur, dan khodam yang didapat dari “mencari” ilmu.

Baca Juga: Ciri Orang Memiliki Khodam Leluhur, Mungkinkah Bawa Kebaikan?

Di sebagian daerah, hal ini sudah menjadi hal biasa dan tidak ada yang menganggapnya tabu, mengingat Indonesia masih kental dengan adat istiadat dan kebudayaannya.

Tabib

Tabib merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk mengobati orang sakit dengan cara tradisional maupun magis.

Kemampuan ini biasanya berasal dari leluhur, pengetahuan dalam meracik obat-obatan alami, terapi berbagai penyakit dan lain sebagainya.

Hal ini tentu membawa banyak manfaat dan kebaikan, faktanya di zaman modern ini masih banyak orang yang memakai jasa tabib untuk penyembuhan penyakit yang tak kunjung sembuh.

Salah satu hal yang sangat fenomenal dan terkenal saat ini adalah penyembuhan patah tulang dan akupuntur. Konon sangat terkenal manjur dan ampuh, pasien yang datang cukup banyak bahkan sampai ribuan, mulai dari pelosok daerah sampai lintas negara.

Kuyang atau Palasik

Mungkin sudah tidak asing dengan istilah kuyang atau palasik, sosok yang sering muncul dalam berbagai film bergenre horor.

Namun faktanya hal ini tidak hanya fiktif belaka, di beberapa daerah di indonesia kuyang memang benar adanya.

Baca Juga: Bersekutu dengan Setan, dari Pesugihan hingga Sekte Sesat

Kuyang atau palasik merupakan salah satu ilmu turun temurun dari leluhur. Nantinya keturunan yang akan melanjutkan ilmu kuyang atau palasik.

Ilmu ini memberi efek awet muda, panjang umur serta berkelimpahan harta. Namun ilmu ini membawa petaka dan bahaya bagi orang lain.

Untuk mempertahankan ilmunya, orang yang memiliki ilmu ini harus menghisap energi orang lain. Korban atau sasarannya adalah anak laki-laki yang lahir pada hari tertentu.

Ada beberapa kisah yang sampai saat ini menggegerkan masyarakat dan cukup membuat geram.

Cara menghindari kuyang adalah dengan waspada, apabila ada yang bertanya wadal atau hari lahir, jangan sembarangan memberitahukan. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)