Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita PangandaranMerawat Sumber Mata Air, Masyarakat Bulaklega Pangandaran Tanam Pohon dan Bersihkan Sungai

Merawat Sumber Mata Air, Masyarakat Bulaklega Pangandaran Tanam Pohon dan Bersihkan Sungai

Harapanrakyat.com,- Dalam rangka merawat sumber mata air, masyarakat Dusun Bulak Lega, Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar, Pangandaran, Jawa Barat, tanam pohon dan bersihkan sungai, Senin (16/1/2023).

Masyarakat menanam pohon picung (Kepayang) di wilayah Lebak Benda, yang mana wilayah tersebut merupakan hulu atau sumber mata air.

Baca Juga : Manfaatkan Lahan Kosong, Petani di Desa Cimanggu Pangandaran Tanam Sorgum

Tokoh masyarakat Desa Karangkamiri, Anton mengatakan, melestarikan lingkungan dan merawat sumber mata air merupakan kewajiban semua pihak.

Karena itu, Anton mengajak kepada semua masyarakat, khususnya warga Desa Karangkamiri untuk bersama-sama menjaga kelestarian sumber mata air.

“Terus tanami hutan yang merupakan hutan resapan dengan pohon- pohon yang bisa menghasilkan banyak air, seperti pohon picung, pohon bambu dan pohon aren,” katanya, Senin (16/01/2023).

Selain Merawat Sumber Mata Air, Masyarakat juga Bersihkan Sungai

Selain menanam pohon, masyarakat melanjutkan kegiatan dengan membersihkan sungai di wilayah Dusun Bulak Lega.

Menurut Anton, meskipun tidak banyak, masih terdapat warga yang membuang sampah sembarangan ke sungai di sekitaran wilayah tersebut dan terbawa arus.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Anton berharap dapat menjadi contoh untuk masyarakat, supaya senantiasa menjaga lingkungan di sekitarnya.

“Harapannya dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat yang masih suka buang sampah sembarangan bisa tersentuh dan tergerak hatinya dan tidak lagi membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga berharap, kegiatan tersebut dapat bermanfaat terhadap lingkungan dan bisa berdampak untuk masa depan.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini, manfaatnya bisa kita rasakan ke depan, terutama oleh anak cucu kita,” ungkapnya.

Kemudian, dengan menanam pohon dan merawat lingkungan, berarti masyarakat mewariskan sumber mata air untuk masa depan. “Bukan mewarisakan air mata.” Pungkasnya.(Enceng/R12/HR-Online/Editor-Rizki)