Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruNASA Temukan Planet Kedua Seukuran Bumi, Dapat Dihuni?

NASA Temukan Planet Kedua Seukuran Bumi, Dapat Dihuni?

NASA temukan planet kedua seukuran Bumi yang menakjubkan. Planet kedua seukuran Bumi ini mengorbit bintang yang jauh. Temuan planet mirip bumi ini sontak menarik perhatian.

Sebelumnya memang planet yang mirip Bumi sudah beberapa kali berhasil terdeteksi. Planet mirip Bumi yang telah terdeteksi sebelumnya juga memiliki ukuran yang sama.

Namun demikian, belum ada satupun dari planet tersebut yang memiliki karakteristik sama seperti Bumi, yaitu layak huni. Saat ini NASA lagi-lagi menemukan planet yang mirip Bumi tersebut.

Menariknya, terdapat gagasan bahwa planet ini kemungkinan bisa benar-benar menjadi Bumi kedua. Mengapa demikian?

Baca Juga: Kapsul Orion NASA Mendarat di Bumi, Tanda Artemis 1 Berakhir!

NASA Temukan Planet Kedua Seukuran Bumi Terbaru

Sudah sejak lama para ilmuwan mencari keberadaan planet kedua yang dapat makhluk hidup tinggali. Mulai dari Mars, hingga berbagai exoplanet menjadi bahan penelitian.

Akan tetapi, tidak ada satupun yang cocok dan memenuhi kriteria untuk menjadi tempat tinggal kedua. Kabar terbaru NASA menemukan planet yang seukuran Bumi.

Badan antariksa asal Amerika Tersebut mendeteksi planet mirip Bumi yang mengorbit sekitar bintang jauh. Emily Gilbert, Postdoctoral fellow di Jet Propulsion Laboratory NASA, California Selatan, menyatakan bahwa planet ini mendapat julukan sebagai TOI 700 e.

Baca Juga: Penemuan Ekstrasurya Teleskop Webb NASA Pertama Kalinya

Terletak di Zona Layak Huni

Satu hal yang membedakan TOI 700 e dari planet mirip Bumi lainnya adalah karena planet ini terletak di zona layak huni.

Gilbert menjelaskan bahwa TOI 700 e menjadi salah satu dari beberapa sistem dengan banyak jumlah planet kecil yang ada di zona layak huni. Hal ini sontak saja menjadi hal yang luar biasa.

Tim peneliti mempresentasikan temuan planet NASA ini pada perempuan ke-241 American Astronomical Society Seattle pada Selasa (10/1/2023).

Muncul gagasan bahwa NASA temukan planet kedua seukuran Bumi yang berada di zona layak huni ini kemungkinan bisa ditinggali.

Baca Juga: Satelit NASA Akan Jatuh Setelah di Luar Angkasa 38 Tahun

Keadaan Planet TOI 700 e

Meski berada di zona layak huni, tetapi bukan berarti TOI 700 e ini dapat makhluk hidup tinggali. Semua kembali lagi kepada keadaan planet tersebut.

Sebelumnya, NASA telah mendapati planet pada zona yang sama, yaitu TOI 700. Planet tersebut mengorbit setiap 37 hari.

Sementara itu, planet TOI 700 e sendiri memiliki waktu orbit yang lebih cepat, yaitu hanya 28 hari. Planet TOI 700 e ini juga sekitar 95% seukuran dengan Bumi dan kemungkinan berbatu.

Adapun NASA telah menemukan total empat planet TOI 700, yaitu planet TOI 700 a, b, c, d, dan terbaru e. TOI 700 ini menjadi salah satu dari begitu sedikit sistem bintang yang terdapat beberapa planet kecil di zona layak huni yang astronom ketahui.

Bintang kerdil merah yang planet TOI 700 orbit mirip Matahari, tetapi memiliki suhu yang lebih sedikit.

Lagi-lagi NASA temukan planet kedua seukuran Bumi menggunakan TESS yang memang dirancang khusus untuk menemukan lebih banyak planet dan bintang. (R10/HR-Online)