Minggu, Januari 29, 2023
BerandaBerita TerbaruOli Mesin Diesel, Perhatikan Cara Memilihnya!

Oli Mesin Diesel, Perhatikan Cara Memilihnya!

Oli mesin diesel terbaik menjadi pilihan utama banyak orang, namun penting untuk mengetahui cara memilihnya. Mesin diesel membutuhkan oli supaya mobil tetap terjaga kualitasnya. Tidak hanya itu, oli mobil berkualitas akan membantu komponen mesin mobil bekerja dengan optimal. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Oli Gardan Mobil Rembes, Pemula Wajib Tahu Ini!

Mobil dengan mesin diesel saat ini sudah banyak orang gunakan. Biasanya mobil dengan mesin diesel dimanfaatkan sebagai kendaraan penumpang atau kendaraan niaga dan berbahan bakar solar. Selain itu, mobil dengan mesin ini juga bisa menaklukkan jalanan dengan berbagai medan.

Tips Mudah Memilih Oli Mesin Diesel

Mesin diesel memiliki oli yang berbeda dari mesin bensin karena lebih kental. Hal ini karena mesin diesel bekerja dengan kompresi yang rendah daripada mesin bensin. Sehingga torsi dari mesin diesel cukup besar pada RPM rendah.

Oleh karena itu, sangat penting dalam memilih oli mesin diesel yang sesuai dengan kebutuhan mobil. 

Apabila menggunakan oli yang tidak sesuai bisa memungkinkan kendaraan mudah rusak. Apalagi mesin diesel yang modern tidak boleh menggunakan pelumas sembarangan.

Mesin dengan turbo harus menggunakan oli yang dibuat khusus untuk mesin turbo. Hal ini karena mesin turbo otomatis akan memiliki suhu yang lebih panas. 

Sehingga membutuhkan oli mesin yang memiliki tingkat ketahanan baik untuk melumasi turbo. Namun, apabila mesin diesel belum memiliki turbo Anda tetap bisa mencari pelumas yang tepat. Berikut merupakan cara memilih oli mesin diesel:

Pilih Berdasarkan dari Viskositas Oli

Dalam memilih pelumas untuk mesin diesel sebaiknya lihat dari viskositas oli. Viskositas merupakan ukuran dari kekentalan fluida yang bisa menyatakan besarnya gaya gesekan dalam fluida.

Pada oli diesel biasanya viskositas tercantum dalam label Society of Automotive Engineers atau SAE. Oli untuk mobil diesel dengan mesin common rail sebaiknya menggunakan viskositas 5W-40. 

Viskositas ini juga cocok pada mobil mesin diesel yang masa produksinya sepuluh tahun ke bawah. Mobil jenis diesel yang memiliki usia 10 tahun ke atas biasanya tidak memerlukan oli encer.

Baca Juga: Cara Mengganti Oli Matic Mobil dari Rumah, Simpel dan Mudah!

Hal ini karena komponen mesin mobil tidak terlalu presisi lagi. Apabila mesin diesel modern dengan turbo atau non turbo bisa menggunakan pelumas yang memiliki viskositas 5W-30.

Pilih Oli Mesin Diesel Berdasarkan Bahan Kandungan

Pada dasarnya, oli mesin memiliki bahan dan kandungan yang cukup beragam. Maka dari itulah, perhatikan kedua hal penting tersebut sebelum menentukan pilihan.

Ada baiknya, ketika menggunakan oli mesin diesel pilih berdasarkan bahan kandungan yang sesuai. Terdapat dua bahan material yang ada pada oli mesin diesel sama seperti mesin bensin.

Material tersebut yaitu oli dengan bahan dasar full sintetik dan mineral. Semakin baik material yang ada maka kualitas oli tersebut juga semakin baik. 

Namun, jika Anda menggunakan mobil diesel modern sebaiknya gunakan oli dengan bahan kandungan full sintetik. Oli full sintetik merupakan hasil pemilihan terbersih dari oli yang berbahan dasar mineral.

Dengan begitu, oli full sintetik bisa memberikan daya perlindungan yang baik daripada oli bahan mineral.

Perhatikan Sertifikasi Produk

Apabila ingin mendapatkan oli untuk mobil diesel yang sesuai jangan lupa untuk cek sertifikasi produk. Pastikan bahwa produk oli yang Anda pilih tersebut sudah memiliki sertifikasi secara resmi. Jika oli belum memiliki sertifikasi yang resmi sebaiknya jangan membelinya. 

Hal itu karena produk yang belum memiliki sertifikasi tidak bisa Anda pastikan kualitas dan keasliannya. Sehingga lebih baik memilih produk oli yang sudah memiliki sertifikasi resmi.

Baca Juga: Cara Cek Volume Oli Mobil Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel Otomotif

Sesuaikan dengan Kebutuhan Mesin

Selanjutnya, pilih berdasarkan dengan kebutuhan mesin. Sama seperti memilih oli berdasarkan viskositasnya, memilih oli berdasarkan mesin sangat penting. Apabila Anda menggunakan mobil mesin diesel biasa bisa memilih pelumas jenis biasa. 

Namun, bila Anda memiliki mobil dengan diesel turbo maka pilihlah oli yang khusus. Hal ini karena mesin turbo bisa lebih panas dan tidak cocok jika menggunakan jenis oli yang biasa. Maka dari itu, pastikan memilih pelumas untuk mesin diesel yang sesuai.

Demikian ulasan tentang tips sederhana memilih oli mesin diesel. Bagi Anda yang memiliki mobil dengan mesin diesel sebaiknya pilihlah oli yang sesuai. Sehingga mesin kendaraan bisa bekerja lebih optimal dan awet. (R10/HR-Online)