Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariPabrik Pengolahan Sabut Kelapa di Pamarican Ciamis Ludes Terbakar

Pabrik Pengolahan Sabut Kelapa di Pamarican Ciamis Ludes Terbakar

harapanrakyat.com,- Sebuah pabrik pengolahan sabut kelapa di Dusun Kertajaga, Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Ciamis, Jawa Barat, ludes terbakar, Sabtu (14/1/2023). Lokasi pabrik ada di antara perbatasan Kabupaten Ciamis dengan Kota Banjar. 

Pemilik pabrik, Ujang Saefudin mengatakan, belum mengetahui dari mana sumber api berasal yang mengakibatkan kebakaran hebat.

Namun, katanya, menurut karyawan, api mulai muncul dari sebelah pinggir dekat sungai.

Baca Juga: Diduga Terkena Percikan Api dari Tungku, Sebuah Rumah di Ciamis Ludes Terbakar

“Akan tetapi, tidak diketahui apakah ada yang sengaja membakar atau dari apa saya kurang tahu,” katanya kepada harapanrakyat.com, Sabtu (14/1/2023).

Sementara akibat kebakaran hebat tersebut, pemilik pabrik pengolahan sabut kelapa mengalami kerugian mencapai 300 juta rupiah.

Kerugian dalam insiden tersebut, karena bangunan serta sabut yang telah diolah ludes terbakar. Begitu juga seluruh mesin pengolahan.

Baca Juga: Kebakaran di Cijeungjing Ciamis, Warung Makan Warga Ludes

“Kerugian saya sekitar 300 jutaan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa waktu kejadian tadi,” ujarnya.

Pantauan HR di lapangan, dua unit damkar dari kota Banjar berhasil memadamkan sumber api setelah satu jam kemudian membakar pabrik sabut kelapa.

Selain itu juga, satu unit mobil Damkar Pos WMK Banjarsari, Kabupaten Ciamis berjibaku saat melakukan pemadaman di lokasi kejadian.

Hingga berita ini tayang, petugas Damkar dari Pos WMK Banjarsari, Damkar Kota Banjar, serta bantuan dari Polsek Pamarican, masih melakukan upaya pendinginan pabrik pengolahan sabut kelapa. (Suherman/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)