Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita JabarPantai Sayang Heulang Garut, Eksotik dan Kian Mempesona

Pantai Sayang Heulang Garut, Eksotik dan Kian Mempesona

Pantai Sayang Heulang adalah objek wisata yang berada di kawasan Desa Mancagar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai yang terbentang sekitar 3,5 meter dengan hamparan pasir, bebatuan karang, dan deburan ombak kencang.

Selain Sayang Heulang, Pameungpeuk memiliki pantai-pantai lain yang tidak kalah indah. Beberapa di antaranya ada Santolo, Karang Paranje, Cijeruk Indah, Manalusu, dan masih banyak lagi. Namun, Sayang Heulang memiliki daya tarik dari pemandangannya yang memikat dan tampil dengan wajah baru setelah renovasi.

Wajah Baru Pantai Sayang Heulang Garut

Pada Desember 2021, pengelola Pantai Wisata Sayang Heulang Garut melakukan soft opening untuk wajah baru dari tempat wisata tersebut.

Kini panorama di sekitar pantai menjadi semakin cantik, instagramable, dan menciptakan nuansa romantis. Berikut spot-spot menarik di tempat wisata Sayang Heulang yang bisa Anda eksplorasi ketika berkunjung.

Spot Foto Sayap Elang

Nama Sayang Heulang memiliki makna “sarang elang”, karena dulunya kawasan ini sering menjadi tempat burung-burung elang bersarang.

Baca Juga: Situ Ranca Hideung Cihurip, Surga yang Tersembunyi di Garut

Meski sekarang burung-burung elang sudah tidak ada, namun pihak pengelola wisata mengabadikan sejarah dengan spot foto berbentuk sayap burung elang raksasa.

Spot foto ini tentu menjadi ciri khas Pantai Sayang Heulang Garut yang ikonik, karena setiap orang bisa melakukan swafoto dengan efek tiga dimensi. Sehingga muncul ungkapan belum lengkap rasanya berkunjung ke Sayang Heulang jika tidak berswafoto di titik ini. 

Jembatan Estetik dan Area Kuliner

Selain itu, jalur pejalan kaki di dekat pantai sudah menjadi lebih rapi dan tertata. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan di jembatan yang instagramable, melihat sunset di menara pandang, atau mencicipi makanan kekinian di area kuliner.

Akan tetapi, Sayang Heulang tidak bisa dipakai untuk berenang atau snorkling karena kondisi pantainya yang terlalu berbahaya.

Untuk mengakses Pantai Sayang Heulang Garut, wisatawan bisa mengambil rute menuju Cikajang. Setelah memasuki Pameungpeuk, akan nampak Bukit Teletubies dari kejauhan, teruskan perjalanan dan Anda akan tiba tujuan. Adapun tiket masuk untuk wisatawan dikenakan sebesar Rp 10 ribu per orang. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)