Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruPelindung Tangki Motor, Ini Manfaat dan Cara Memasangnya

Pelindung Tangki Motor, Ini Manfaat dan Cara Memasangnya

Pelindung tangki motor ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut akan kita bahas beberapa manfaat pelindung tangki atau tank pad untuk motor. Selain membahas mengenai manfaatnya kita juga akan membahas cara memasangnya ke tangki motor.

Pelindung tangki atau tank pad sendiri merupakan salah satu aksesoris kendaraan. Kendaraan termasuk sepeda motor juga memiliki banyak aksesoris yang berguna.

Bagi para penggemar sepeda motor, pastinya juga sering menggunakan berbagai aksesoris tersebut.

Tujuannya tentu saja untuk membuat penampilan motor terlihat semakin keren dan menawan. Jenis aksesoris motor tersebut juga sangat beragam. Misalnya yaitu berupa lampu LED, aki motor, pelindung knalpot, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tangki Motor Tidak Bisa Dibuka, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi

Manfaat dan Cara Memasang Pelindung Tangki Motor

Tank pad juga termasuk ke dalam aksesoris motor yang banyak kita temukan. Khususnya pada motor bertipe sport yang mana memiliki tangki di bagian depannya.

Sedangkan pada motor matic tidak memerlukan tank pad, namun deck pad untuk dek depan.

Aksesoris motor satu ini memiliki bentuk seperti stiker yang menempel pada tangki motor. Biasanya tank pad memiliki bahan yang cenderung tebal dan mampu menempel dengan baik. Aksesoris ini juga tidak menutupi semua bagian tank, namun hanya beberapa tempat saja.

Manfaat Pelindung Tank

Beberapa orang mungkin mengira bahwa pelindung tank hanya sebagai hiasan saja. Sebab tank pad terkadang memang memiliki bentuk yang beragam dan keren. Akibatnya, setelah memasangnya, motor menjadi terlihat lebih keren dan menarik.

Namun, fungsi pelindung tangki motor bukan hanya sebagai penunjang penampilan saja. Aksesoris ini juga memiliki fungsi yang penting dan bermanfaat bagi pemilik motor. Nah, bagi Anda yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan tank pad.

1. Melindungi Tangki dari Goresan

Manfaat pertama yaitu mampu membantu melindungi tangki dari risiko tergores sesuatu. Saat berkendara, tentunya pengendara motor dengan tangki depan cenderung menunduk. Akibatnya bagian perut dan juga paha akan terus bergesekan dengan tangki.

Hal tersebut bisa saja menyebabkan tangki tergores karena apa yang pengendara pakai. Misalnya tergores karena jaket, resleting, maupun celana saat berkendara. Dengan adanya tank pad maka tangki tidak akan bergesekan langsung dengan pengendara.

Baca Juga: Menguras Tangki Motor, Simak Beberapa Cara dan Ketahui Manfaatnya!

2. Membuat Grip pada Tangki Semakin Nyaman

Manfaat pelindung tangki selanjutnya yaitu untuk menunjang kenyamanan pengendara. Seperti yang kita tahu, pengendara harus memeluk tangki menggunakan kaki dengan baik. Tujuannya agar selama berkendara lebih mudah dalam mengontrol laju sepeda motor.

Dalam hal ini pelindung tangki motor akan membuat kaki terasa lebih nyaman. Sebab, pelindung bisa menjadi bantalan kaki sehingga tidak bersentuhan langsung dengan tangki. Akhirnya pengendara bisa mengendarai motor dengan lebih nyaman lagi.

Cara Memasang Pelindung Tank

Setelah mengetahui manfaat sebenarnya dari tank pad, tentunya Anda jadi tertarik memasangnya bukan? Nah, dalam pemasangan pelindung tangki ini juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut adalah langkah-langkah pemasangannya:

1. Siapkan Tank Pad

Pertama Anda bisa menyiapkan tank pad yang akan dipasang pada tangki motor. Sebaiknya Anda memiliki tank pad yang bentuknya sudah sesuai dengan lekukan tangki. Tujuannya agar Anda bisa langsung menempelkannya pada tangki motor.

Sebab pada model universal biasanya tank pad memiliki bentuk yang tidak sesuai. Akhirnya Anda pun harus memotongnya sendiri agar bentuknya sesuai dan bisa menempel dengan baik. Hal tersebut tentunya lebih merepotkan.

2. Bersihkan Area Tangki

Sebelum menempelkan pelindung tangki motor, Anda harus membersihkan area tangki. Maksudnya agar tangki bersih dari kotoran maupun minyak yang melekat. Anda bisa membersihkannya menggunakan kain halus dan alkohol swab.

Baca Juga: Komponen Fuel Pump Motor, Mempengaruhi Kinerja Mesin Kendaraan

3. Tempelkan Tank Pad

Setelah tangki bersih maka Anda bisa mulai memasang pelindung tangki. Cocokkan terlebih dahulu posisi tank pad pada tangki motor sebelum melepas double tape-nya.

Jika sudah sesuai, baru lepas double tape dari atas dan tempelkan ke tangki dengan perlahan.

Setelah terpasang, jangan lupa menekan seluruh permukaannya agar tank pad bisa menempel dengan kuat. Agar bisa menempel maksimal, sebaiknya Anda tidak mencuci motor sekitar 12 jam. Hal tersebut agar tidak ada air yang mengganggu perekat tank pad.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat dan cara memasang pelindung tangki motor. Cukup sederhana bukan cara untuk memasangnya? (R10/HR-Online)