Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita BanjarMakin Ramai, Pemdes Binangun Kota Banjar Gandeng Unsil Kembangkan Obwis Lembah Pajamben

Makin Ramai, Pemdes Binangun Kota Banjar Gandeng Unsil Kembangkan Obwis Lembah Pajamben

harapanrakyat.com,- Sejumlah pengunjung mulai kembali berdatangan untuk menikmati suasana liburan di kawasan objek wisata (Obwis) Lembah Pajamben. Wisata tersebut berada di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat. 

Pengunjung pun nampak menikmati suasana objek wisata, yang menyuguhkan pemandangan alam. Meski di wisata Lembah Pajamben ini terdapat sejumlah fasilitas yang rusak.

Salah seorang pengunjung, Dewi mengatakan, sengaja datang ke objek wisata Lembah Pajamben bersama teman-temannya untuk menikmati suasana pemandangan sore hari.

Pemandangan yang ada di kawasan objek wisata tersebut cukup asri. Bahkan, bisa melihat Kota Banjar dari ketinggian.

Baca Juga: Butuh Investor, Lembah Pejamben Kota Banjar Belum Dibuka

Meskipun menurutnya, perlu ada penambahan dan peningkatan fasilitas untuk pengunjung obwis Lembah Pajamben Kota Banjar.

“Cukup bagus, tapi perlu penambahan taman bunga biar lebih asri. Selain itu juga fasilitas yang rusak harus diperbaiki,” kata Dewi kepada wartawan, Sabtu (14/1/23).

Lanjutnya menyebutkan, sejumlah fasilitas yang rusak dan perlu perbaikan tersebut, seperti jembatan penyebrangan ke gazebo wisata. Kemudian, penyediaan air bersih di area tempat gazebo, penambahan spot selfie dan fasilitas lainnya.

Penambahan fasilitas tersebut menurutnya cukup bagus, untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung yang datang ke obwsis Lembah Pajamben. Hal tersebut agar mereka lebih betah saat menikmati suasana berlibur.

“Kalau bisa diperbaiki, biar lebih banyak lagi pengunjung yang datang. Kemudian dipercantik lagi taman bunganya sama kebersihan masih kurang,” kata Dewi.

Gandeng Unsil untuk Kembangkan Obwis Lembah Pajamben Kota Banjar

Sementar itu, Kepala Desa Binangun, Bubun Sahban Farid mengatakan, saat ini pihaknya tengah menjajaki kerja sama dengan Universitas Siliwangi (Unsil). Kerja sama tersebut untuk pengembangan objek wisata Lembah Pajamben.

Termasuk untuk promosi wisata dan lainnya. Sedangkan dari pihak Unsil belum lama ini juga sudah melakukan survei langsung ke lokasi wisata Lembah Pajamben. Tinggal menunggu tindak lanjut.

“Untuk pengembangan wisata ini, kita juga sedang menjajaki kerja sama dengan Unsil. belum lama ini mereka sudah survei ke lokasi. Semoga nanti bisa terealisasi,” katanya, Sabtu (14/1/23).

Baca Juga: Diresmikan Wali Kota Banjar, Obwis Lembah Pejamben Habiskan Rp 5 M

Sedangkan terkait perbaikan sejumlah fasilitas yang rusak, ia mengatakan akan melakukan perbaikan secara bertahap. Hal tersebut mengingat untuk perbaikan fasilitas berkaitan dengan anggaran.

Adapun untuk pembukaan kembali obwis Lembah Pajamben, pihaknya menarget bulan Februari mendatang sudah bisa beroperasi untuk menerima pengunjung atau wisatawan.

“Sekarang kami masih menyusun struktur kepengurusan, yang nantinya akan menjadi pengelola wisata Lembah Pajamben ini,” pungkasnya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)