Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita JabarPemkot Bandung Rinci Anggaran Penataan Taman Seke Buka Tanah

Pemkot Bandung Rinci Anggaran Penataan Taman Seke Buka Tanah

harapanrakyat.com,- Pembangunan Taman Seke Buka Tanah di Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat, Pemkot Bandung gelontorkan anggaran ratusan juta rupiah.

Pembangunan Taman Seke Buka Tanah ini sebagai salah satu upaya Pemkot Bandung dalam melakukan konservasi alam di Kota Bandung.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengakui jika beberapa seke di Kota Bandung sudah mulai berkurang debit airnya bahkan telah hilang.

Oleh karena itu, pembangunan Taman Seke Buka Tanah ini menjadi salah satu upaya Pemkot Bandung dalam konservasi alam.

Baca Juga : Taman Seke Buka Tanah di Kota Bandung Jadi Kawasan Konservasi

“Ini bagian dari upaya Pemkot Bandung mewujudkan kota yang nyaman dengan menghadirkan ruang terbuka hijau dan konservasi. Seke merupakan indikator lingkungan. Kalau volume air seke kurang, berarti kondisi lingkungannya kritis,” ungkap Didi seusai Peresmian Seke Buka Tanah, Kota Bandung, Kamis (19/1/2023).

Sebagai informasi, Taman Seke Buka Tanah berada di RT 05 RW 07 Kelurahan Pasirwangi, Kecamatan Ujungberung dengan luas 2.750 meter persegi.

Penataan fisik Taman Seke Buka Tanah ini, menghabiskan anggaran dari APBD sebesar Rp 198,6 juta. Selain itu, pembangunan drainase dan saluran nilainya mencapai Rp 56,97 juta.

“Dengan mengusung tema pecinta alam, seke ini hadir sebagai ruang terbuka public. Masyarakat bisa memanfaatkan kawasan ini untuk bermain dan berwisata,” tuturnya.

Didi juga menambahkan, di kawasan Taman Seke Buka Tanah ini, terdapat tanaman yang mencapai lebih dari 2.600 pohon.

Baca Juga : Tarif Parkir Off Street di Kota Bandung Batal Naik

“Bahkan, warga juga turut menyumbang tanaman obat keluarga (toga) untuk penataan Taman Seke Buka Tanah ini,” ungkap Didi. Rio/R13/HR-Online/Editor-Ecep)