Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab AC Mobil Tidak Cut Off, Berikut Tips Mengatasinya

Penyebab AC Mobil Tidak Cut Off, Berikut Tips Mengatasinya

Penyebab AC mobil tidak cut off perlu Anda ketahui. AC pada mobil yang tidak cut off bisa beragam penyebabnya. Apabila AC mobil tidak cut off atau otomatis mati bisa membuat pengemudi panik. 

Hal itu karena pengemudi tidak akan leluasa untuk mengatur suhu AC pada mobil. Saat sudah merasa sangat dingin namun AC mobil tetap menyala dan bekerja maksimal.

Baca Juga: Menyalakan AC Mobil Saat Parkir Apakah Aman? Ini Penjelasannya!

Penyebab AC Mobil Tidak Cut Off, Ketahui Cara untuk Mengatasinya

Dalam sistem AC mobil terdapat berbagai kombinasi komponen. Kombinasi komponen tersebut bisa bekerja untuk menghasilkan udara dingin pada kabin mobil.

Bila AC berjalan normal para pengguna bisa mengeset suhu kabin sesuai dengan keinginan. AC pada mobil yang tidak cut off bisa menyebabkan beberapa hal yang merugikan. 

Beberapa penyebab tersebut seperti bisa menyebabkan umur aki pendek dan konsumsi bahan bakar meningkat. Terdapat beberapa penyebab dari AC mobil yang tidak bisa otomatis mati atau cut off. Berikut ini merupakan AC mobil tidak cut off dan cara untuk mengatasinya:

Terjadi Kebocoran pada Kompresor AC

Kompresor pada AC mobil terdiri dari dua elemen khusus yaitu magnetic dan kompresor. Apabila terjadi kerusakan pada komponen tersebut bisa menyebabkan AC rusak seperti tidak mati otomatis.

Untuk mengatasinya Anda bisa memeriksa kondisi fisik terlebih dahulu. Cek apakah terdapat oli pada dinding kompresor atau tidak. 

Apabila terdapat oli pada dinding kompresor maka terjadi kebocoran pada kompresor. Tetapi, sebaiknya juga cari tahu dari mana oli tersebut berasal.

Oli yang menempel pada dinding kompresor bisa hadir dari kompresor itu sendiri atau mesin. Terdapat beberapa penyebab sisi kompresor AC mobil yang umum terjadi, sehingga bocor pada freon yang jadi satu dengan oli. 

Sisi tersebut seperti packing pada antara back cover dan front cover. Selain itu, pada relief valve atau seal shaft kompresor. Pada ikatan pipa AC kompresor baik pipa high atau pipa low juga umum jadi penyebab freon bocor.

Baca Juga: Cara Kerja AC Mobil serta Berbagai Komponen dan Fungsinya!

Terdapat Kerusakan pada Katup Ekspansi

Penyebab AC mobil tidak cut off selanjutnya yaitu terdapat kerusakan pada katup ekspansi. Katup ekspansi atau valve beberapa jenis.

Penyebab otomatis AC mobil mati bisa Anda periksa pada bagian luar yang berbentuk kotak. Misal seperti pada mobil dari Toyota, ekspansi bisa Anda lihat dari luar. 

Tidak hanya itu, untuk bongkar pasang juga lebih mudah tanpa harus membuka evaporator. Sedangkan untuk katup ekspansi yang ada dalam evaporator tidak bisa terlihat secara fisik. Namun, bisa pemilik lihat dari kinerja yang diukur dari tekanan. 

Untuk pengukuran kinerja tersebut Anda bisa menyaksikan keadaan fisik apakah terdapat sisa oli AC di sekitar katup ekspansi. Apabila terdapat sisa oli maka menjadi pertanda bahwa terjadi bocor pada sel ikatan pipa AC.

Untuk tipe katup ekspansi yang ada dalam evaporator, tidak semua orang yang bisa menyaksikannya kecuali mekanik.

Receiver Drier Kotor

Receiver pada AC mobil berguna untuk menyaring kotoran agar tidak masuk dalam katup ekspansi. Apabila terdapat kotoran pada receiver drier, maka bisa menjadi penyebab AC mobil tidak cut off.

AC mobil dengan tipe receiver drier yang terpisah dari kondensor akan lengkap dengan sight glass dan pressure switch. 

Dalam pengecekan receiver drier yang terpisah dengan kondensor umumnya bertipe T atau L. Lakukan pengecekan pada sekitar ikatan in atau out apakah terdapat sisa oli AC. Bagian in dan out sering terjadi kebocoran freon atau oli AC. 

Hal ini karena sil akan mengeras terdapat ikatan pipa AC yang kurang tersambung keras. Anda juga perlu memperhatikan keadaan freon melalui sight glass yang terdapat di atas receiver drier, apakah terlihat bersih atau kotor.

Apabila kotor akan terlihat kehitaman, maka sebaiknya lakukan penggantian receiver drier dan cek AC mobil keseluruhan pada bengkel service.

Baca Juga: Service Kompresor AC Mobil Lebih Hemat, Lakukan Langkah Ini!

Bagian Blower Bermasalah

AC mobil yang tidak otomatis bisa terjadi karena bagian blower sedang bermasalah. Untuk melakukan pemeriksaan ini cukup mudah, Anda hanya perlu mendengarkan perputaran blower apakah terdengar kasar atau tidak.

Selain itu juga dengarkan apakah terdapat suara lain dari blower. Seperti terdapat daun kering yang masuk pada bagian blower. 

Pusing motor blower telah aus juga bisa menyebabkan blower bunyi. Hal ini bisa mengakibatkan ketika AC hidup terdengar bunyi yang sangat keras dari motor blower. Blower yang sedang bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak cut off. (R10/HR-Online)