Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi yang Sering Terjadi

Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi yang Sering Terjadi

Penyebab alarm mobil tidak bunyi perlu pemilik ketahui. Alarm pada mobil yang tidak berbunyi memiliki berbagai penyebab. Alarm mobil yang tidak berbunyi sudah umum terjadi.

Namun, banyak pemilik mobil yang belum mengetahui berbagai penyebabnya.

Baca Juga: Lampu Alarm Mobil Berkedip Terus, Ini Penyebab dan Solusinya!

Penyebab Alarm Mobil Tidak Berbunyi dan Tips untuk Mengatasinya

Alarm pada mobil merupakan salah satu sistem keamanan yang telah produsen pasang. Fitur pada mobil tersebut memiliki fungsi untuk melindungi kendaraan dari berbagai tindak kejahatan. 

Salah satu ciri pada alarm tersebut yaitu memiliki bunyi yang khas. Bunyi tersebut bisa menjadi pertanda apakah mobil sudah terkunci atau belum.

Selain itu, alarm mobil juga akan berbunyi saat ada getaran atau gerakan pada kendaraan. Misalnya ketika jendela atau pintu akan dibuka secara paksa.

Tetapi, sering terjadi masalah pada alarm ini seperti tidak menimbulkan bunyi. Alarm yang tidak bunyi memiliki beberapa penyebab seperti berikut ini.

Baterai pada Central Lock Habis

Penyebab alarm mobil tidak bunyi yang pertama yaitu baterai pada central lock sudah habis. Hal ini menjadi penyebab yang sering terjadi tetapi pemilik jarang menyadarinya.

Baterai pada kunci mobil akan berkurang dayanya seiring dengan penggunaan. Sama dengan alat yang lain, baterai tersebut akan habis sehingga alarm mobil tidak akan berbunyi, terutama saat pemilik mengunci kendaraan. 

Sehingga pemilik harus membuka dan menutup dengan manual. Namun, tidak perlu khawatir karena cara mengatasi hal ini tidak sulit. Anda hanya perlu mengganti baterai pada central lock. 

Untuk mengganti baterai tersebut, Anda bisa mendatangi bengkel resmi yang terdekat. Tidak hanya itu, sebaiknya juga konsultasikan masalah tersebut dengan teknisi yang berpengalaman. Umumnya mereka akan menyarankan untuk melakukan cek baterai central lock secara rutin.

Baca Juga: Cara Mematikan Alarm Mobil Jika Remote Sudah Tidak Berfungsi

Terjadi Kerusakan pada Sistem Alarm

Terjadi kerusakan pada sistem alarm mobil bisa menjadi penyebab alarm mobil tidak bunyi. Kerusakan tersebut kemungkinan besar terjadi pada sirine atau modul alarm.

Apabila terjadi kerusakan modul alarm maka tidak akan ada arus yang bisa dialirkan untuk mengontrol kerja dari sirine. 

Hal itu bisa mengakibatkan alarm pada mobil tidak berbunyi saat Anda kunci. Jika sirine mobil sedang rusak, arus yang berasal dari control modul tidak bisa menyebabkan alarm bunyi karena sirine mati. Solusi untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengganti komponen sirine atau modul alarm. 

Tetapi, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada komponen lainnya. Bisa saja kerusakan berasal dari hal yang lain. Kerusakan lainnya yaitu seperti pada sambungan kabel kurang tepat dan sekring rusak.

Alarm Mobil Masih dalam Mode Valet

Penyebab alarm mobil tidak bunyi selanjutnya yaitu mobil masih dalam mode valet. Sebagian orang mungkin tidak mengetahui jika alarm mobil bisa diatur dalam mode valet.

Berfungsi untuk membuat alarm berada pada mode senyap atau silent. Fitur ini biasanya akan pengguna pakai ketika menggunakan layanan valet parking. 

Valet parking merupakan salah satu layanan yang umum pada restoran, hotel, atau mall untuk meminta orang memarkirkan mobil.

Mobil akan orang lain bawa sementara waktu. Sehingga keamanannya pun harus sedikit pemilik longgarkan. Fitur mode valet tersebut hadir untuk mematikan sistem alarm. 

Sehingga bunyi alarm dan lampu indikator akan ikut mati saat kunci dipencet. Apabila lampu indikator mobil tetap menyala namun tidak timbul bunyi, kemungkinan mobil sedang berada pada mode valet. Untuk menghilangkan mode tersebut, buka pintu mobil dan tekan tombol lock yang berlogo gembok terkunci pada remote. 

Apabila sudah, ganti untuk menekan tombol unlock bergambar gembok terbuka. Dengan begitu mode alarm berubah menjadi berbunyi. Setelah itu, tekan lagi tombol lock untuk mematikannya.

Baca Juga: Penyebab Alarm Mobil Bunyi Sendiri Padahal Kondisi Aman, Cek Bagian Ini

Bagaimana Cara Mematikan Alarm Mobil Bunyi Terus?

Mungkin sebagian orang pernah mengalami alarm mobil yang bunyi sendiri secara terus-menerus. Kondisi seperti ini pasti membuat panik para pemilik. Namun, tidak perlu khawatir terdapat solusi untuk mengatasi hal tersebut. 

Anda bisa mengubah dalam mode silent untuk mengatasi alarm mobil yang berbunyi terus. Alarm mobil yang berbunyi sendiri secara terus-menerus bisa terjadi karena terlalu sensitif. Selain itu, juga bisa mematikan alarm secara manual. 

Buka pintu secara manual menggunakan kunci kontak. Setelah itu, masukkan kunci pada lubang starter lalu putar bolak-balik pada posisi acc ke on. Lakukan langkah tersebut sebanyak 10 kali dengan cepat.

Nah, itulah penyebab alarm mobil tidak bunyi yang umum terjadi. (R10/HR-Online)