Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Knalpot Motor Bau Bensin dan Cara Mengatasinya

Penyebab Knalpot Motor Bau Bensin dan Cara Mengatasinya

Penyebab knalpot motor bau bensin penting Anda ketahui. Karena itu kita akan bahas penyebab dari knalpot sepeda motor yang bau bensin. Bagi sebagian orang tentunya tidak terlalu mengerti kenapa knalpot motor bisa berbau bensin.

Apalagi jika masalah tersebut muncul secara tiba-tiba saat sedang menggunakannya. Hal tersebut tentu saja bisa menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi pemilik motor. Terlebih lagi jika harus menggunakan motor tersebut untuk bepergian ke tempat jauh.

Selain khawatir mengancam keselamatan, bau bensin pada knalpot ini tentunya juga mengganggu penciuman. Bukan hanya penciuman pengguna motor, namun juga orang lain di sekitarnya. Karena itu, masalah knalpot motor ini harus segera Anda selesaikan secepat mungkin.

Baca Juga: Knalpot Motor Nembak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Knalpot Motor Bau Bensin dan Cara Mengatasinya yang Perlu Anda Ketahui

Bau bensin yang menyengat tentu tidak nyaman untuk kita hirup terus-menerus. Biasanya kita hanya mencium aroma bensin saat sedang membuka tangki dan mengisi bensin. Setelah tangki bahan bakar tertutup tentunya tidak akan mencium aromanya lagi.

Namun terdapat salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada motor. Masalah tersebut yaitu munculnya aroma bensin pada knalpot yang sangat mengganggu. Hal tersebut sebenarnya juga bisa terjadi karena berbagai penyebab tertentu.

Untuk mengatasi masalah itu, pasti kita juga harus mencari tahu apa penyebabnya. Sebab, dengan begitu maka kita bisa menangani sumber masalahnya dengan tepat.

Lalu kenapa knalpot motor bau bensin? Berikut beberapa penyebabnya:

Proses Pembakaran Tidak Sempurna

Penyebab knalpot motor bau bensin pertama yaitu karena proses pembakaran yang tidak sempurna. Seperti yang kita ketahui, mesin motor memang melakukan pembakaran bensin dan juga udara. Dengan begitu maka motor bisa kita gunakan untuk berkendara.

Baca Juga: Diameter Knalpot Racing, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Nah, dalam proses pembakaran bahan bakar tersebut terdapat masalah yang bisa terjadi. Misalnya yaitu karena terdapat bahan bakar yang tidak terbakar pada ruang pembakaran. Akibatnya bahan bakar tersebut mengalir keluar dengan cara melewati knalpot.

Akhirnya knalpot menjadi mengeluarkan bau bensin yang sangat mengganggu. Untuk mengatasinya Anda harus memeriksa kondisi komponen yang berkaitan dengan pembakaran motor.

Jika memang terdapat bagian yang rusak, maka segera ganti atau perbaiki bagian tersebut.

Knalpot Terkena Tumpahan Bensin

Penyebab knalpot motor bau bensin selanjutnya yaitu knalpot terkena tumpahan bensin. Terkadang tanpa kita sadari knalpot terkena bensin sehingga menimbulkan bau yang menyengat. Misalnya yaitu terkena tumpahan bensin ketika kita sedang mengisi ulang.

Selain menimbulkan bau, penyebab ini tentunya bisa menimbulkan bahaya tersendiri. Apalagi mengingat sifat bensin yang sangat mudah terbakar sehingga bisa menyebabkan kebakaran. Hal tersebut pastinya bisa menyebabkan pengendara motor celaka.

Karena itu, meskipun masalah ini cukup sederhana, namun Anda harus segera mengatasinya. Cara mengatasi masalah karena penyebab yang satu ini juga cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu memeriksa seluruh permukaan knalpot motor termasuk bagian bawahnya.

Pastikan apakah memang ada tumpahan maupun cipratan bensin atau tidak. Jika memang ada, maka Anda hanya perlu membersihkannya agar knalpot tidak bau bensin lagi. Dengan begitu maka bau mengganggu akan hilang dan keselamatan tetap terjaga.

Baca Juga: Knalpot Motor Bocor, Ketahui Penyebab, Tanda, dan Cara Mengatasinya!

Settingan Karburator Tidak Pas

Settingan karburator tidak pas juga bisa menjadi penyebab knalpot motor bau bensin. Hal tersebut bisa terjadi baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Secara sengaja bisa terjadi karena Anda memang telah mengaturnya untuk tujuan tertentu.

Misalnya yaitu ingin agar sepeda motor bisa melaju lebih cepat saat mengendarainya. Anda pun membuat settingan agar pemakaian bahan bakar lebih banyak daripada udara.

Hal tersebutlah yang kemudian mengakibatkan bau bensin samar-samar pada asap knalpot.

Selain itu, nantinya konsumsi bahan bakar juga akan semakin boros. Akibatnya Anda harus sering-sering mengeluarkan uang untuk membeli bensin. Hal itu tentunya sangat merepotkan dan Anda menjadi tidak bisa berhemat.

Untuk mengatasi dan mencegah masalah tersebut Anda bisa mengatur settingan karburator. Pastikan settingan karburatornya pas dan sesuai sehingga tidak menimbulkan masalah lagi. Dengan begitu maka knalpot motor akan terbebas dari bau bensin.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab knalpot motor bau bensin dan cara mengatasinya. Semoga cara ini bermanfaat dan membantu bagi Anda yang sedang mengalaminya. (R10/HR-Online)