Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Penyebab spion elektrik tidak berfungsi bisa beragam. Spion elektrik pada mobil bisa saja tidak berfungsi seperti biasanya. Spion mobil merupakan salah satu komponen yang penting untuk membantu berkendara. 

Sebagian orang pernah mengalami spion elektrik mereka rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Pasti terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan spion elektrik menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Cara Pasang Anti Fog Spion Mobil, Fungsi dan Keunggulannya

Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi dengan Baik

Spion memiliki fungsi yang sangat krusial, tidak hanya bermanfaat saat pindah jalur saja. Tetapi, spion juga memiliki fungsi ketika berbelok ke kanan atau ke kiri dan memastikan tidak ada kendaraan lain.

Tidak hanya itu, spion juga bisa hanya sebagai pelengkap dari bentuk mobil. Untuk mobil keluaran terbaru atau tipe tertinggi pasti menggunakan spion elektrik. 

Spion elektrik bisa memudahkan para pengendara untuk mengatur posisi spion tanpa harus membuka jendela. Hal itu karena spion elektrik bisa pengendara operasikan melalui tombol yang terletak pada samping setir kemudi.

Pada tombol tersebut akan ada pilihan untuk mengatur spion ke kanan atau ke kiri dan lebih dalam atau keluar. 

Tentu hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi para pemilik mobil dengan spion elektrik. Namun, kemudahan tersebut tidak bisa Anda dapatkan apabila spion elektrik tidak berfungsi.

Terdapat beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan spion elektrik mobil tidak berfungsi dengan baik, seperti berikut ini.

Putusnya Sekring pada Spion Elektrik

Penyebab spion elektrik tidak berfungsi yang pertama yaitu sekring putus. Apabila sekring putus spion elektrik bisa tidak berfungsi seperti biasa. Sekring memiliki peran penting sebagai pengaman ketika terjadi peningkatan arus listrik dari kondisi normal. 

Apabila sekring putus maka tidak ada lagi pengaman ketika terjadi peningkatan arus listrik. Sehingga bisa mengakibatkan komponen mobil yang satu ini menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Kaca Spion Mobil Berembun, Berikut Ini Penyebab dan Cara Mengatasi!

Bila Anda sedang mengalami hal tersebut tidak perlu khawatir. Cara mengatasinya cukup mudah, hanya perlu ganti sekring dengan yang baru.

Setelah sekring berhasil terganti perhatikan apakah terdapat sistem kelistrikan yang tidak berfungsi normal seperti biasa. Apabila ada, segera perbaiki terlebih dahulu supaya tidak terjadi korsleting listrik pada mobil.

Melipat Spion dengan Manual dan Terjadi Benturan

Penyebab spion elektrik tidak berfungsi selanjutnya yaitu kebiasaan buruk melipat spion secara manual. Apabila Anda sering melakukan hal tersebut komponen dalam spion patah. Hal itu karena terdapat paksaan untuk menutup spion elektrik. 

Maka dari itu, kurangi kebiasaan buruk untuk melipat spion secara manual supaya tidak terjadi kerusakan.

Adanya benturan atau senggolan dari kendaraan lain, mengakibatkan spion elektrik tidak berfungsi normal. Benturan atau senggolan dari kendaraan lain biasa terjadi tanpa pengendara sadari. 

Walaupun benturan tersebut tidak keras, tetapi lama-kelamaan bisa menyebabkan rusaknya komponen gear spion elektrik. Tidak perlu khawatir, Anda bisa memperbaiki dengan melakukan penggantian dinamo elektrik spion.

Setelah melakukan penggantian dinamo tersebut spion elektrik bisa berfungsi normal lagi.

Baca Juga: Cara Melipat Spion Elektrik Mobil yang Paling Simpel

Terdapat Kotoran dan Air yang Masuk ke Sela Spion

Adanya kotoran dan air yang masuk ke sela spion bisa menjadi salah satu penyebab spion elektrik tidak berfungsi. Biasanya para pengemudi akan tetap berkendara saat hujan sedang turun.

Namun, kebiasaan tersebut bisa mengakibatkan spion elektrik menjadi rusak tanpa mereka sadari. 

Air yang masuk pada spion tersebut bisa menyebabkan gangguan sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk menghindari hal itu terjadi, sebaiknya menutup spion ketika terjadi hujan, apalagi saat parkir pada area terbuka.

Saat Anda mencuci mobil, sebaiknya juga menutup spion elektrik tersebut supaya air tidak masuk ke sela-selanya. 

Tidak hanya air, kotoran dan debu juga bisa masuk ke sela-sela spion. Sehingga bisa menyebabkan spion elektrik rusak dan tidak berfungsi dengan baik.

Sebaiknya sering bersihkan spion elektrik dari debu yang menempel supaya tidak terdapat kotoran yang menumpuk.

Demikian ulasan tentang penyebab spion elektrik tidak berfungsi dan cara untuk mengatasinya. Sebaiknya segera perbaiki apabila terjadi kerusakan supaya spion elektrik tetap berfungsi normal. Dengan begitu berkendara bisa lebih nyaman, tenang, dan tetap aman. (R10/HR-Online)