Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita BanjarPerayaan Tahun Baru Imlek 2574 Jadi Sejarah Baru Umat Khonghucu di Kota...

Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Jadi Sejarah Baru Umat Khonghucu di Kota Banjar

harapanrakyat.com,- Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili bagi umat Khonghucu di Kota Banjar, Jawa Barat, menjadi sejarah baru setelah melewati masa pandemi Covid-19 selama 3 tahun terakhir.

Pasalnya, perayaan Imlek kali ini bisa diselenggarakan secara semarak tanpa ada pembatasan kegiatan.

Rohaniawan JS. Widi Prianto mengatakan, Imlek tahun 2023 ini umat Khonghucu di Kota Banjar, tentunya dapat melaksanakan kegiatan lebih nyaman dari tahun sebelumnya.

“Kami betul-betul merasakan perbedaan perayaan Imlek tahun ini dengan beberapa tahun terakhir, karena masih dalam pandemi Covid-19. Tapi sekarang sudah tidak ada pembatasan lagi, jadi bisa lebih berekspresi,” kata Widi Prianto, Minggu (22/01/2023) malam.

Ia menjelaskan, warga Tionghoa khususnya yang berada di Kota Banjar, sangat berterimakasih kepada pemerintah, karena telah memberi dukungan untuk menggelar perayaan Imlek.

“Kami umat Khonghucu di Kota Banjar, sangat berbahagia apresiasi yang sangat luar biasa atas dukungan dan support dari pemerintah. Mudah-mudahan yang kami laksanakan dapat terwujud,” ucapnya.

Baca Juga: Tak Lagi Was-Was, Warga Tionghoa di Kota Banjar Bersiap Rayakan Imlek 2023

Menurut Widi Prianto, kegiatan Imlek kali ini menjadi momen sejarah. Karena setelah pandemi, baru kali ini warga Tionghoa dapat merayakannya. Dengan harapan semuanya akan kembali normal dan lebih baik.

Perayaan Tahun Baru Imlek Warga Tionghoa di Kota Banjar Nyaman

Ia pun menilai toleransi antar umat beragama di Kota Banjar, sangat luar biasa. Tidak ada perbedaan atau diskriminasi terhadap kaum minoritas.

“Kami sebagai minoritas di Kota Banjar mendapatkan perlakuan yang sangat luar biasa. Baik dari pemerintah maupun dari masyarakat. Tak ada perbedaan atau diskriminasi, dan kami nyaman,” tandas Widi Prianto.

Terpisah, Kapolres Banjar AKBP. Bayu Catur Prabowo mengatakan, pihaknya akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua umat beragama yang melaksanakan kegiatan ibadah.

Dalam kegiatan perayaan Tahun Baru Imlek, Polres Kota Banjar menerjunkan personel untuk melaksanakan pengamanan dan penjagaan di Makin Kota Banjar.

“Kami mempersiapkan personel untuk melaksanakan pengamanan. Ini sebagai komitmen kami dalam menjamin keamanan dan kenyamanan setiap kegiatan masyarakat,” pungkasnya. (Sandi/R3/HR-Online/Editor-Eva)