Rabu, Februari 8, 2023
BerandaTeknologiAplikasiPlatform Satu Sehat Peralihan Aplikasi Peduli Lindungi

Platform Satu Sehat Peralihan Aplikasi Peduli Lindungi

Platform Satu Sehat dikabarkan sebagai pengganti aplikasi Peduli Lindungi. Satu Sehat sebagai platform lengkap yang berisikan rekam jejak kesehatan. Hal ini seperti yang telah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin katakan tentang peralihan platform atau aplikasi kesehatan.

Mengingat pandemi telah berangsur membaik, namun untuk bisa mengawasi kesehatan diri akan jauh lebih mudah dengan bantuan platform yang satu ini.

Baca Juga: Aplikasi Temu Sehat Berikan Layanan Langsung Datang ke Rumah

Mengenal Platform Satu Sehat

Seperti yang kita ketahui jika masa pandemi yang sangat mengganggu membuat sebagian besar orang kehilangan kebebasan untuk bersosialisasi. Bahkan pemerintah telah melakukan banyak cara agar dapat mengatasi berbagai masalah yang muncul.

Seperti yang pemerintah harapkan, dengan kehadiran aplikasi Peduli Lindungi dapat memberikan manfaat. Peduli Lindungi itu sendiri adalah bank data kesehatan seseorang. Namun, mulai tahun ini rencananya Menteri Kesehatan akan mengubah aplikasi Peduli Lindungi menjadi Satu Sehat.

Dengan adanya platform ini dapat membantu setiap penggunanya. Selain itu, akan jauh lebih mudah memanfaatkan fungsinya secara lengkap. Sehingga tidak hanya berisikan tentang informasi vaksin dan scanning saja.

Akan tetapi, termasuk informasi terkait dengan imunisasi anak, cek darah laborat, general check up masuk, sampai video, CT scan, hingga MRI masuk. Hal ini telah diungkapkan langsung oleh Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu.

Bahkan presiden Jokowi juga memberikan informasi terkait dengan pencabutan PPKM. Berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri yang tertera pada Nomor 50 dan 51 tahun 2022.

Pencabutan PPKM ini resmi terjadi mulai tanggal 30 Desember 2022 kemarin. Sehingga pengguna aplikasi Peduli Lindungi pada beberapa tempat umum sudah tidak lagi pemerintah wajibkan.

Peralihan ke Sistem Berbasis Teknologi

Aplikasi Peduli Lindungi kini berubah menjadi platform Satu Sehat setelah peraturan pemerintah yakni PPKM berhenti. Menurut Menteri Kesehatan, pemerintah sengaja melakukan hal ini untuk bisa menyusun strategi yang tepat mengenai kesehatan masyarakat Indonesia.

Pemerintah memiliki tujuan dengan adanya Satu Sehat dapat menyusun strategi berbasis elektronik. Apalagi saat ini banyak hal yang berpengaruh terhadap teknologi modern.

Melalui platform yang satu ini pemerintah mencoba pembaruan yang berisikan data penggunanya secara lengkap dan akurat. Sebab dengan Satu Sehat pengguna sudah bisa memberikan informasi terkait dengan kesehatan, keuangan, sosial hingga sumber daya alam.

Baca Juga: Aplikasi MobScreen PenjarKes Membantu Memantau Kesehatan

Semua bisa Anda lihat menggunakan platform tersebut mengingat kelengkapannya tidak hanya untuk informasi kesehatan saja. Berbeda dengan aplikasi Peduli Lindungi yang masyarakat gunakan untuk memenuhi salah satu persyaratan ketika berkunjung ke suatu tempat. Satu Sehat Indonesia ini akan menjamin data lebih lengkap berbasis teknologi.

Fungsi Satu Sehat

Platform Satu Sehat adalah subsektor dengan sistem teknologi bagian dari satu data. Satu Sehat masih diberikan deadline hingga tahun 2023 untuk bisa mendapatkan fasilitas secara lengkap.

Adapun fungsi dari Satu Sehat yaitu memperoleh berbagai informasi terkait dengan fasilitas kesehatan, rumah sakit, apotek, klinik, laboratorium, puskesmas yang datanya harus terintegrasi.

Sehingga semua fasilitas tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat secara tepat. Menteri Kesehatan sendiri juga mengatakan jika masyarakat membeli obat ke apotek maka data pembelian tersebut akan masuk ke Satu Sehat.

Setelah pencabutan PPKM dari pemerintah Indonesia mulai tanggal 30 kemarin Satu Sehat sudah bisa masyarakat gunakan. Hanya saja hingga saat ini pengumpulan data terkait masih terus dilakukan agar lebih optimal.

Transformasi aplikasi Peduli Lindungi menjadi Satu Sehat dapat masyarakat manfaatkan dalam berbagai hal.

Contoh Penerapan Satu Sehat

Setelah platform Satu Sehat bisa kita gunakan ada banyak kemudahan yang akan membantu masyarakat terkait berbagai hal. Tidak hanya kesehatan saja.

Sebagai contoh penggunaan platform tersebut yaitu saat seseorang memakai Apple atau Samsung Watch yang sudah secara otomatis terintegrasi dan jadi milik individu.

Dimana nantinya fasilitas kesehatan akan menjadi milik individual. Hal ini membantu ketika seseorang sakit datanya dapat di share ke dokter. Kemudian dokter akan melihat record-nya seperti apa.

Baca Juga: Aplikasi Deteksi Dini Psikosis, Mampu Membantu Tenaga Medis

Apakah individu tersebut jantungnya sehat atau rajin berolahraga, namun membeli obat di apotek untuk sakit perut. Adanya rekam jejak kesehatan pasien, harapannya dokter bisa lebih cepat mengetahui jenis penyakit yang diderita pasien.

Satu Sehat bisa dimanfaatkan oleh pemda maupun dinas kesehatan untuk memahami population health. Bahkan dengan platform ini populasi kesehatan level desa, kecamatan, kabupaten kota agar intervensinya lebih pas, efisien, spesifik dan efektif.

Platform Satu Sehat masih terus terintegrasi di tahun 2023. Sehingga untuk tahun 2024 masyarakat Indonesia tinggal memanfaatkannya. (R10/HR-Online)