Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita PangandaranRatusan Calon Anggota PPS di Pangandaran Ikuti Tes CAT

Ratusan Calon Anggota PPS di Pangandaran Ikuti Tes CAT

harapanrakyat.com,- KPU Pangandaran menggelar tes tertulis CAT untuk calon anggota PPS Pemilu 2024.

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin mengatakan, sebanyak 855 orang peserta menjalani tes CAT yang di Laboratorium SMP Negeri 1 Pangandaran berlangsung selama tiga hari, 9 sampai 11 Januari 2023.

Secara keseluruhan, kata Muhtadin, jumlah peserta yang mendaftar 1.232 orang. Namun yang lolos seleksi administrasi sebanyak 855 orang. Sehingga mereka berhak ikut seleksi selanjutnya.

Baca juga: KPU Pangandaran Buka Pendaftaran Calon Anggota PPS, Ini Persyaratannya

“Antusias masyarakat sangat luar biasa sekali, terbukti pendaftarnya sampai 1.232 orang,” kata Muhtadin. 

Dalam tes itu, lanjutnya, dalam setiap harinya ada beberapa sesi yang mendapatkan pengawasan dari Ketua dan Anggota KPU, Bawaslu, Sekretaris dan jajaran panitia.

CAT ini, para peserta diuji pengetahuan kepemiluan, wawasan kebangsaan, dan beberapa soal psikotes. Sementara pembuat soalnya langsung dari KPU RI.

Sementara itu, Divisi SDM Sosparmas Maskuri Sudrajat menambahkan, pihaknya akan menetapkan peringkat 1 hingga 9 di tiap desa. 

Dari yang lolos itu, kemudian akan mengikuti tes wawancara.

“Untuk pengumuman seleksi tertulis akan berlangsung 15 -17 Januari 2023. Sedangkan masa tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap calon PPS tanggal 6 Januari hingga 17 Januari 2023,” kata Maskuri.

Kemudian, lanjutnya, untuk penetapan anggota PPS terpilih tanggal 23 Januari 2023 dan pelantikan PPS terpilih tanggal 24 Januari 2023. (Enceng/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)