Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruRaudhah di Masjid Nabawi, Tempat Mustajabnya Doa

Raudhah di Masjid Nabawi, Tempat Mustajabnya Doa

Raudhah di Masjid Nabawi merupakan taman surga dalam masjid yang disebut langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Setiap jamaah berharap bisa mengunjungi Raudhah yang ada di Masjid Nabawi sebagai kunjungan ke tanah suci. Raudhah juga merupakan tempat yang sakral sebagai tempat mujarab untuk terkabulnya doa. 

Para jamaah yang masuk ke dalam Raudhah sebaiknya sholat Arbain, berdzikir, dan membaca Al Quran. Tetapi, waktu kunjungan masuk ke dalam ini sangat terbatas karena antrian jamaah lain yang sudah terjadwal.

Raudhah di Masjid Nabawi Taman Surga Tempat Terkabulnya Doa

Para jamaah haji mendapat kesempatan untuk memasuki Raudhah saat berada di Madinah. Raudhah ini terkenal dengan sebutan taman surga.

Baca juga: Waktu Doa Mustajab di Hari Jumat Manfaatkan dan Jangan Lewatkan

Masjid Nabawi merupakan masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah SAW setelah hijrah ke Madinah. Dalam suatu riwayat telah menyebutkan, bahwa orang yang mendirikan sholat di Masjid Nabawi akan mendapat 1000 kali lipat pahala. 

Raudhah sudah terpercaya sebagai tempat yang paling baik atau paling mustajab untuk memanjatkan doa. Tempat ini sangat mustajab, doa yang kita panjatkan pasti akan Allah SWT kabulkan selama memiliki hati bersih.

Maka dari itu, banyak jamaah yang datang ke Masjid Nabawi dan mendatangi Taman Surga. 

Raudhah merupakan tempat yang mulia karena di tempat ini Rasulullah SAW memimpin sholat, menerima wahyu, dan beribadah. Umat Islam disunahkan untuk memperbanyak ibadah seperti sholat wajib dan dzikir di tempat ini.

Letak Raudhah Masjid Nabawi

Raudah merupakan suatu area yang ada pada Masjid Nabawi terletak di antara rumah Rasulullah SAW dan mimbar. Pada saat ini, rumah Rasulullah SAW tersebut sudah menjadi makam Rasulullah sendiri.

Tempat terkabulnya suatu doa ini biasa terdapat tanda karpet dan tiang-tiang putih. Luasnya sekitar 330 meter persegi dan memanjang dari arah timur hingga barat sepanjang 22 meter. 

Sedangkan, dari arah utara hingga selatan Raudhah di Masjid Nabawi memiliki panjang 15 meter. Karena letaknya di antara rumah dan mimbar Rasulullah SAW, tidak heran apabila tempat ini terkenal sebagai taman surga.

Pada masa lalu, area Raudhah terdapat di luar Masjid Nabawi, berada antara rumah nabi dan mimbar masjid. Tetapi, seiring dengan perluasan Masjid Nabawi yang tidak hanya satu kali, saat ini berada dalam area masjid.

Keistimewaan Raudhah

Para jamaah yang ingin doanya terkabulkan banyak yang mengunjungi Raudhah. Raudhah memiliki keistimewaan yaitu doa-doa yang terpanjatkan pasti akan terkabul.

Baca juga: Jannatul Baqi Madinah, Makam yang Istimewa Bagi Rasulullah

Hal itu bisa terjadi karena banyak orang yang meyakini bahwa dengan beribadah dan duduk akan merasakan ketenangan. Maka tidak heran apabila tempat ini selalu penuh dan ramai oleh para jamaah haji. 

Saat berada di Raudhah untuk ziarah ke makam Rasulullah SAW dan para sahabat, sebaiknya membaca doa. Selain itu juga perlu mengetahui beberapa adabnya agar tidak menimbulkan sebuah kesalahan.

Maka dari itu, sebelum berkunjung di taman surga ini maka cari tahu terlebih dahulu doa-doanya.

Kawasan Raudhah sebenarnya berada pada shaf laki-laki, tetapi perempuan juga bisa sholat dan berdoa pada jam-jam tertentu. Jam-jam tertentu itu seperti pada ba’da Subuh sekitar pukul 15.30 sampai 11.30.

Selain itu juga pada ba’da Zuhur pukul 11.30 sampai 15.00. Selain makam Rasulullah, di Raudhah juga terdapat dua makam sahabat nabi. Dua makam Nabi tersebut yaitu umar Bin Khattab dan Abu Bakar As Siddiq.

Aturan Perempuan Menstruasi ke Dalam Raudhah

Apabila seorang jamaah perempuan sedang dalam keadaan tidak suci tetapi tetap akan mendatangi Raudhah. Menurut Imam Muzani itu boleh saja dengan catatan tidak melakukan sholat hanya berdoa dan duduk.

Tidak hanya itu, perempuan yang sedang menstruasi boleh ziarah ke makam Rasulullah. Sejak pandemi melanda saudi telah menerapkan aturan penggunaan sistem digital untuk masuk ke Raudhah. 

Baca juga: Doa Keteguhan Iman dan Cara Mempertahankannya, Amalkan!

Para jamaah bisa mengunduh sebuah aplikasi dengan memasukkan nomor visa dan paspor. Jika sudah berhasil login, jamaah bisa memilih waktu yang cukup untuk mendatangi Raudhah di Masjid Nabawi. Setelah itu, akan terbit sebuah barcode yang bisa ditunjukkan pada petugas yang berjaga.

Nah, itu tadi merupakan ulasan Raudhah di Masjid Nabawi sebagai tempat terkabulnya doa. Karena hal tersebut, maka tidak heran jika tempat ini para jamaah mendatanginya. (R10/HR-Online)