Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruRuang Baca di Rumah dengan Berbagai Ide Desain Menarik!

Ruang Baca di Rumah dengan Berbagai Ide Desain Menarik!

Ruang baca di rumah memiliki fungsi yang cukup penting. Rumah yang didesain memiliki ruang baca khusus membuat penghuni rumah tak perlu bingung mencari tempat membaca yang nyaman. Desain interior rumah dengan ruang baca ini sudah banyak orang yang menerapkannya. 

Membaca buku tidak selamanya membosankan.Bahkan, saat ini banyak orang yang menjadikan aktivitas membaca ini sebagai bentuk aktivitas menyenangkan dan juga menenangkan. Sebab, aktivitas ini bisa dilakukan sambil istirahat.

Bagi mereka yang ingin membaca dengan suasana yang lebih nyaman dan minim gangguan, maka sebagian orang mencoba memikirkan desain ruang baca yang bagus dan nyaman di rumah mereka. 

Baca Juga: Desain Interior Rumah Mungil Cantik dan Hemat Budget

Ide Desain Ruang Baca di Rumah yang Indah dan Nyaman

Khusus Anda yang hobi membaca buku, menciptakan ruangan khusus yang nyaman untuk menyalurkan hobi Anda memang cukup penting. Untuk itu, cobalah untuk membuat ruang baca di rumah dengan desain yang menarik dan menyenangkan.

Untuk menciptakan desain terbaik ruang baca menarik dan nyaman, Anda tidak perlu bingung.  Sebab, saat ini sudah banyak ide dan contoh desain ruang baca yang bisa menginspirasi. Anda bisa mencoba menerapkan  berbagai macam ide desain ruang baca ini.

Desain Modern dan Sederhana

Jika Anda menyukai desain modern, maka Anda bisa membuat ruang baca dengan desain yang modern dan sederhana. Dengan menerapkan desain modern, maka ruangan bisa menjadi tidak membosankan. 

Tambahkan hiasan berupa pigura warna emas dekat rak buku Anda. Warna emas inilah yang menonjolkan sisi modern yang tampak berkelas namun tetap  menunjukkan kesederhanaan.

Ruang baca ini biasanya lebih memilih menggunakan warna-warna yang soft. Salah satu warna soft yang bisa Anda gunakan pada ruangan tersebut yaitu abu-abu.

Pemilihan warna abu-abu kini sudah banyak orang-orang terapkan.Sebab, warna abu ini terkesan netral. Jadi Anda dapat memadukan dengan furniture lainnya.

Jangan lupa untuk menambahkan sofa yang nyaman sebagai tempat duduk Anda saat membaca buku kesayangan. Sofa yang nyaman juga bisa membuat Anda bisa duduk dengan posisi nyaman dan betah berlama-lama saat membaca buku. 

Sebagian besar orang yang hobi membaca buku biasanya akan lupa  waktu. Maka dari itu, kenyamanan posisi duduk perlu untuk Anda perhatikan.

Baca Juga: Desain Ruang Tengah Lesehan, Ciptakan Suasana Nyaman dan Santai!

Ruang Membaca yang Menyatu dengan Ruang Tamu

Memiliki ruangan yang terbatas tidak menjadi penghalang untuk Anda yang ingin menciptakan ruang baca di rumah. Sebab ada berbagai macam ide yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Walaupun rumah Anda memiliki keterbatasan ruang, akan tetapi Anda tetap bisa menciptakan ruang baca seperti yang Anda inginkan.

Salah satu caranya yaitu dengan menyatukan antara ruang baca dengan ruang tamu. Meskipun terkesan kurang nyaman atau kurang terjaga privasinya, namun ini menjadi solusi yang tepat untuk Anda yang memiliki ruangan terbatas. 

Caranya mudah, Anda tinggal menambahkan rak buku dekat sofa tamu untuk meletakkan koleksi buku yang Anda sukai. Jad, Anda bisa duduk manis di sofa ruang tamu sambil membaca buku favorit Anda.

Konsep Outdoor Sekitar Tangga

Desain ruang baca di rumah selanjutnya  yaitu mengadopsi konsep outdoor. Solusi bagi Anda yang tidak suka membaca dalam ruangan yang tertutup. Dengan menggunakan konsep outdoor, maka Anda bisa mendapatkan pengalaman membaca yang berbeda.

Tambahkan juga tanaman hias yang segar dan hijau agar menambah kesan asri dalam ruang baca Anda. untuk penempatan bukunya, Anda bisa meletakkan rak buku di dekat tangga hunian.

Baca Juga: Desain Interior Classic Contemporer, Ciptakan Hunian yang Nyaman!

Gunakan Warna-Warna Soft

Ciptakan ruang baca yang nyaman dengan pilihan warna yang tepat.  Adapun warna-warna yang cocok untuk ruang baca Anda yaitu warna-warna soft. Warna-warna soft tidak akan mengganggu aktivitas membaca Anda. 

Nah, cobalah untuk menerapkan warna-warna pastel dan lembut untuk menghadirkan nuansa yang berbeda dan ketenangan dalam ruangan.

Sebab, berdasarkan penelitian warna-warna pastel yang lembut ini memiliki efek yang cukup efektif untuk menurunkan stres. Selain itu, warna ini juga mampu meningkatkan konsentrasi Anda dalam membaca.

Dengan mencoba menerapkan inspirasi tersebut,  ruang baca di rumah Anda bisa menjadi lebih nyaman dan tampak lebih indah saat mata memandangnya. (R10/HR-Online)