Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita TasikmalayaRumah Makan Khas Sunda di Tasikmalaya, Sambalnya Bikin Nagih

Rumah Makan Khas Sunda di Tasikmalaya, Sambalnya Bikin Nagih

Rumah makan khas Sunda di Tasikmalaya merupakan tempat yang cocok untuk berkumpul dengan teman dan keluarga. Selain bisa menikmati kuliner Tasikmalaya berupa nasi liwet dengan aneka olahan ikan gurame, tempat-tempat ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Tak heran jika kebanyakan pengunjung datang bukan hanya untuk memenuhi hobi kuliner, tapi juga sekalian refreshing.

Jika tidak terlalu suka olahan ikan, ada pula hidangan daging sapi dan ayam. Masakan Sunda memang sangat beragam, terutama dari bumbu rempah-rempahnya yang mengkombinasikan rasa asam, manis, gurih, dan pedas. Oleh karena itu, setiap restoran memiliki ciri khas pada sambalnya.

Selain suasana yang asri dan sambal pedas, rumah makan khas Sunda berikut ini menggunakan konsep bangunan tradisional dengan gaya lesehan.

Ini 5 Rumah Makan Khas Sunda

Sebagian pengunjung biasanya lebih suka duduk di atas tikar dengan meja rendah, sehingga bisa makan sambil bersantai dengan kondisi sederhana. Terutama untuk pengunjung yang datang berkelompok atau ramai-ramai, pihak resto menyediakan gazebo.

Baca Juga: Saung Hegarsari Tasikmalaya, Surganya Olahan Gurame

Imah Mang Asep

Bertempat di Jalan HZ Mustofa nomor 188, Imah Mang Asep adalah salah satu rumah makan khas Sunda yang menjadi rekomendasi teratas.

Pemilik restoran ini adalah Asep Khaelusna, orang yang mendirikan Asep Stroberi (Astro). Maka dari itu, pengunjung akan menemukan monumen stroberi raksasa sebagai ciri khas pemiliknya.

Bedanya, Imah Mang Asep menggunakan konsep service buffet atau prasmanan. Pengunjung bisa mengambil sendiri makanan yang sudah tersaji dengan harga terjangkau. Tempat ini menyediakan lesehan, meeting area, karya seni, dan arena bermain, sesuai dengan slogan “Tempat Endah Hargi Mirah”.

Saung Hegarsari

Rumah makan khas Sunda berikutnya adalah Saung Hegarsari yang beralamat di Jalan BKR nomor 68. Keberadaannya lumayan strategis karena berada di kawasan kuliner, sehingga mudah sekali ditemukan.

Saung Hegarsari menyediakan tempat duduk bergaya lesehan dengan gazebo terpisah. Saat musim liburan, rumah makan ini selalu penuh jadi sebaiknya booking terlebih dulu. Apalagi tempat ini terkenal dengan hidangan nasi liwet dan gurame bakar-nya yang lezat.

Rumah Makan Cibiuk

Untuk penggiat kuliner yang suka pedas, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Rumah Makan khas Sunda Cibiuk Tasikmalaya.

Baca Juga: Moro Kejo Tasikmalaya, Bakar Goreng Dadakan

Lokasinya berada di Foodcourt Yogya Departement Store, Jalan HZ Mustofa nomor 124. Daya tarik tempat ini adalah lesehan di atas perahu, sehingga pengunjung bisa mendapatkan sensasi berbeda.

Rumah Makan Cibiuk merupakan bisnis kuliner asal Garut yang terkenal dengan sambalnya. Ada sambal ceurik, sambal merah, dan sambal pete. Bisnis ini juga memiliki cabang di Bandung dan Ciamis, sehingga kelezatan masakannya kian populer.

Moro Kejo

Jika sedang mencari rumah makan khas Sunda di Tasikmalaya yang dekat dengan pusat kota, Moro Kejo bisa menjadi pilihan.

Moro Kejo merupakan spesialis hidangan bakar dan goreng dadakan, sehingga pengunjung bisa menikmati pesanan saat masih hangat. Alamatnya di Jalan Pemuda nomor 23, Yudanegara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Berbeda dengan restoran Sunda pada umumnya, Moro Kejo menggunakan interior dan eksterior yang lebih estetik.

Area indoor dan outdoor sama-sama menggunakan dekorasi bernuansa minimalis vintage yang natural. Selain itu, resto ini juga memiliki open kitchen (dapur terbuka) sehingga pengunjung bisa melihat juru masak menyajikan pesanan dengan bahan-bahan segar.

Baca Juga: Sunny Cafe Resto Tasikmalaya, Ngopi Serasa di Bali

Sunny Cafe and Resto

Liburan akhir tahun tidak perlu jauh-jauh, karena sudah ada rumah makan khas Sunda dengan konsep Bali yaitu Sunny Cafe and Resto Tasikmalaya.

Berada di Jalan Letjen Mashudi nomor 77, lumayan jauh dari pusat kota namun cocok untuk pengunjung yang butuh suasana tenang.

Resto ini menawarkan lesehan bergaya tradisional khas Sunda dengan ornamen ala Pulau Dewata, pemandangan sawah, dan pondok untuk menginap.

Hidangan yang tersedia juga bermacam-macam, mulai dari masakan Asia, Western, dan Seafood. Sunny Cafe and Resto menjadi tempat nongkrong yang pas saat weekend karena menjual minuman berbasis espresso dan fasilitas karaoke.

Itulah daftar rumah makan khas Sunda di Tasikmalaya yang bisa jadi tempat untuk makan bersama keluarga besar. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)