Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita TasikmalayaRumah Makan Padang di Tasikmalaya, Nikmat Pas di Lidah

Rumah Makan Padang di Tasikmalaya, Nikmat Pas di Lidah

Rumah makan Padang di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menyajikan hidangan dengan cita rasa nikmat dari bumbu rempah-rempah yang kuat. Tak heran jika masakan asal Sumatera ini memiliki banyak penggemar berkat bumbu rempahnya yang sangat khas dan tajam. Bahkan salah satu masakan Padang yaitu rendang sudah mendunia.

Namun, tahukah Anda jika masakan Padang identik dengan santan dan rasa pedas? Padang merupakan daerah yang berada di dataran tinggi atau darek, sehingga memiliki suhu yang sangat dingin.

Karena penduduknya selalu butuh makanan dan minuman hangat, maka masakan dengan cabai pun akan selalu ada.

Baca Juga: Restoran Barbeque di Tasikmalaya, Pesta Bakar-Bakar Daging

Berikut ini adalah rekomendasi rumah makan di Kota Tasikmalaya yang memiliki tempat nyaman dan menu beragam.

Rekomendasi Rumah Makan Padang di Kota Tasikmalaya

Masakan Padang selain memiliki porsi yang banyak, harganya juga murah. Tak heran jika setiap jam-jam istirahat dan waktu makan, rumah Padang selalu ramai oleh pengunjung dari kalangan pelajar dan pekerja.

Kurnia Saiyo Masakan Padang

Beralamat di Jalan Siliwangi nomor 71, Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kurnia Saiyo menjadi rumah makan Padang di Kota Tasikmalaya yang wajib Anda coba. Karena lokasinya dekat dengan kampus Universitas Siliwangi dan Universitas Perjuangan, kebanyakan pengunjung rumah makan ini adalah anak kost.

Porsinya sangat banyak, rasanya mantap meski sedikit lebih mahal dari rumah makan Padang lain. Akan tetapi, rumah makan ini terbilang cukup strategis dan mudah dijangkau. Selain itu, ada lauk cincang dan ayam balado seharga Rp 20 ribu.

Restoran Citra Bundo

Sejak dulu, Citra Bundo merupakan rumah makan Padang di Kota Tasikmalaya yang cukup terkenal bagi warga setempat. Lokasi berada di Jalan Yudanegara No.51, Yudanagara, Kec. Cihideung.

Biasanya mayoritas pengunjung adalah wisatawan dari luar kota, karena letaknya cukup dengan Hotel Santika dan Hotel Horison.

Baca Juga: Citra Bundo HZ Mustofa Tasikmalaya, Rendangnya Enak Banget

Citra Bundo menyediakan berbagai masakan enak, di antaranya rendang dan telor dadar dengan bumbu rempah yang khas.

Pelayanan staf-nya yang ramah membuat orang-orang suka berkunjung ke rumah makan tersebut. Meski harganya tergolong tidak murah, namun rasa dan kualitas masakannya benar-benar sebanding.

Rumah Makan Ranah Pesisir

Berikutnya ada Rumah Makan Ranah Pesisir yang beralamat di Jalan HZ Mustofa nomor 269, Nagarawangi, Cihideung, Kahuripan, Kecamatan Tawang. Lokasinya berada di kawasan lifestyle & entertainment, sehingga pengunjungnya berasal dari berbagai kalangan. Untungnya, menu yang tersedia lumayan lengkap sehingga ada pilihan lauknya pun banyak.

Rumah Makan Ranah Pesisir dekat dengan mall Plaza Asia, Teejay Waterpark, Hotel Amaris dan Hotel Grand Metro. Jika sedang berwisata di Kota Tasikmalaya dan ingin mencicipi masakan Padang, maka rumah makan ini menjadi pilihan yang tepat karena lokasinya tidak terlalu jauh. Untuk harga pun tergolong ramah di kantong, ada ikan kembung dan kilil masing-masing Rp 20 ribu.

RM Padang Sakadar Titipan

Rumah makan di Kota Tasikmalaya biasanya memiliki sambal balado yang membuat hidangan terasa semakin lezat. Maka dari itu, tidak ada salahnya berkunjung ke RM Padang Sakadar Titipan di Jalan Otto Iskandardinata nomor 14, Empangsari, Kecamatan Tawang.

Berhubung di kawasan ini jarang ada restoran Padang, sehingga RM Sakadar Titipan selalu ramai oleh pengunjung.

Kapasitas ruangannya besar, sehingga tidak perlu khawatir tidak kebagian kursi meski sedang padat.

Rasa makanannya pun terbilang pas di lidah dan pilihan menunya cukup komplit. Untuk harga tergolong menengah ke atas namun masih terbilang wajar untuk sewa bangunan seluas itu yang pastinya juga tidak murah.

Baca Juga: Rumah Makan Khas Sunda di Tasikmalaya, Sambalnya Bikin Nagih

RM Padang Kurnia Solok

Lokasinya berada di Jalan Raya Sumedang – Cibeureum nomor 21, Setiaratu, Kec. Cibeureum, Kota Tasikmalaya. Sebagai patokan, RM Padang Kurnia Solok ada di depan Perumahan Grand Parahyangan. Menu di restoran ini di antaranya ada cumi, rendang, ikan, ayam, dan masih banyak lagi.

Dari lokasinya, RM Padang Kurnia Solok sudah berada di tempat yang strategis karena jalur utama Tasikmalaya-Manonjaya lumayan ramai. Namun, kapasitas rumah makan hanya bisa menampung sekitar 10-15 orang. Selain itu, lahan untuk parkir juga masih terbatas sedangkan harga makanannya cukup tinggi.

Itulah rekomendasi rumah makan Padang di Kota Tasikmalaya yang bisa Anda coba. Mengingat rendang sudah mendunia, tidak salah jika masakan Padang memiliki banyak peminat karena cita rasanya yang kuat cocok di lidah orang Indonesia termasuk masyarakat Sunda.  (R7/HR-Online/Editor-Ndu)