Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita CiamisSaluran Cikeletik di Cipaku Ciamis Meluap, Kolam Ikan Milik Warga Jebol

Saluran Cikeletik di Cipaku Ciamis Meluap, Kolam Ikan Milik Warga Jebol

harapanrakyat.com,- Saluran Cikeletik di Cipaku, tepatnya di Dusun Sindangasih, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meluap saat hujan deras mengguyur pada Minggu (22/01/2023).

Luapan air dari saluran Cikeletik menjebol kolam milik warga dan mengakibatkan semua ikan yang ada di dalamnya limpas terbawa arus banjir.

Yusup Jamaluddin, salah seorang warga setempat mengatakan, hujan deras yang berlangsung lama menyebabkan air dari saluran Cikeletik meluap membanjiri kolam ikan milik warga.

“Bagian pinggir kolam jebol akibat tak kuat menahan beban air. Baru kali ini saluran Cikeletik meluap. Jauh sebelumnya, meski hujan deras terjadi tidak pernah sampai meluap, apalagi membanjiri kolam,” tuturnya kepada harapanrakyat.com, Minggu (22/01/2023).

Baca Juga: Akibat Banjir Bandang, Jembatan di Mekarmukti Garut Putus Total

Yusup menduga meluapnya saluran Cikeletik di Cipaku selain dipicu oleh tingginya intensitas hujan. Juga tidak menutup kemungkinan dalam saluran tersebut sudah banyak sedimen. Sehingga terjadi penyumbatan.

“Ya, kemungkinan penyebabnya selain tingginya intensitas hujan, juga banyaknya sedimen,” ujarnya.

Yusup menambahkan, tingginya intensitas hujan yang melanda wilayah Desa Ciakar juga menyebabkan banjir di dusun lainnya.

Seperti banjir yang terjadi di lingkungan RT 02/01, Dusun Ciakar Hilir, yang mana air membanjiri wilayah pemukiman penduduk. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)