Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita CiamisSaluran Irigasi di Ciakar Ciamis Tertimbun Longsor, Pasokan Air Tersumbat

Saluran Irigasi di Ciakar Ciamis Tertimbun Longsor, Pasokan Air Tersumbat

harapanrakyat.com,- Saluran irigasi Cibitung di Dusun Desakulon, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tertimbun tanah longsor. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (22/1/2023) saat hujan deras mengguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya.

Akibatnya, pasokan air untuk mengairi persawahan dan kolam ikan warga menjadi tersumbat. Selain irigasi tertimbun longsor, saluran Cikeletik pun meluap dan membanjiri permukiman warga. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kepala Desa Ciakar Kamil Hasan membenarkan kejadian tebing longsor menimbun saluran irigasi Cibitung saat hujan deras.

“Pada saat hujan deras, saluran Cikeletik meluap dan sempat membanjiri permukiman. Selain itu tebing longsor menimbun saluran irigasi Cibitung,” ujar Kamil Hasan, Selasa (24/1/2024).

Baca Juga: Tebing Longsor di Jatinagara Ciamis, 4 Rumah Warga Rusak

Kamil mengatakan guna mencegah agar air tidak meluap dan membanjiri pemakaman, pihaknya bersama warga pun gotong royong membersihkan material tanah longsor.

“Alhamdulillah berkat adanya kerja sama dan gotong royong masyarakat semuanya bisa teratasi. Sehingga saluran irigasi Cibitung di Desa Ciakar yang sempat tertimbun longsor kembali normal,” tegasnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal lain akibat cuaca ekstrim, Kamil menghimbau kepada masyarakat untuk waspada. Terutama masyarakat yang rumahnya berada pada sekitar tebing atau tanah rawan longsor.

“Apabila hujan deras terjadi lebih baik mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sebab saat ini cuaca nya masih terbilang ekstrim,” pungkasnya. (Dji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)