Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita CiamisSepakat Diganti, Ini Nama Baru Bukit Pasir Heunceut di Ciamis

Sepakat Diganti, Ini Nama Baru Bukit Pasir Heunceut di Ciamis

harapanrakyat.com,- Bukit Pasir Heunceut yang viral di Dusun Cipeundeuy, Desa Margaharja, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kini memiliki nama baru.

Berdasarkan hasil musyawarah dari sejumlah tokoh desa dan juga Pemerintah Kabupaten Ciamis, Pasir Heunceut kini menjadi Mumunggang Bangkelung.

Kepala Desa Margaharja Warto membenarkan bahwa nama Pasir Heunceut ganti menjadi Mumunggang Bangkelung. Pergantian nama tersebut berdasarkan hasil musyawarah dari sejumlah tokoh agama, pemuda, BPD dan juga masyarakat setempat.

“Iya betul, kami merespon apa yang disampaikan oleh Asda I Setda Ciamis terkait perubahan nama Pasir Heunceut. Sesuai arahan dan bimbingan Asda I Ciamis, kami sudah melakukan musyawarah terkait pergantian nama tersebut,” katanya, Minggu (15/1/2023) kepada HR Online.

Menurutnya, dalam musyawarah tersebut menghasilkan nama Mumunggang Bangkelung. Sebetulnya nama itu bukan baru ada, tapi dulunya lokasi itu merupakan kebun karet Bangkelung.

Baca Juga: Viral Tempat Wisata di Ciamis Bernama Pasir Heunceut, Ulama Usulkan Ganti Nama

“Itu Mumunggang Bangkelung hasil rapat atau musyawarah kemarin bersama masyarakat, tokoh agama, pemuda, BPD, kader perempuan dan lainnya,” tuturnya.

Warto menjelaskan, Pasir Heunceut atau Mumunggang Bangkelung sama-sama mempunyai sejarah. Latar belakangnya yaitu dulunya semasa kekuasaan Belanda wilayah tersebut merupakan kebun karet Bangkelung.

“Secara administrasi Pemerintah memang sudah diganti. Masyarakat juga pada setuju dengan perubahan nama Pasir Heunceut kepada Mumunggang Bangkelung,” jelasnya.

Warto menambahkan, saat ini Bukit Pasir Heunceut atau Mumunggang Bangkelung tersebut masih dalam tahap penataan. Belum sampai proses pembangunan. Maka dari itu, pihaknya berharap adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis agar rencana pengembangan bukit tersebut bisa cepat terealisasi.

“Mungkin kalau ada bantuan dari Pemkab Ciamis bisa cepat terealisasi dan menjadi agrowisata,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online/Editor-Dadang)