Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita TerbaruSholat Qobliyah Jumat, Tata Cara Pelaksanaan dan Hukumnya

Sholat Qobliyah Jumat, Tata Cara Pelaksanaan dan Hukumnya

Sholat Qobliyah Jumat penting bagi muslim laki-laki untuk mengetahuinya, mulai dari tata cara hingga hukumnya. Sholat Qobliyah merupakan ibadah yang baik bagi setiap laki-laki, sebelum mereka melakukan ibadah Jumat. Amalan ini merupakan ibadah di sela-sela waktu sholat Jumat.

Pelaksanaan sholat ini sesaat sebelum khotib naik ke mimbar dan bersiap memimpin ibadah Jumat. Layaknya sholat fardhu, ibadah Jumat memang menjadi kewajiban bagi setiap muslim.

Baca juga: Amalan Harian Imam Al Ghazali yang Mudah, Simak dan Lakukan!

Apabila mereka meninggalkannya, maka kewajiban sholat fardhu 5 rakaat wajib kita tunaikan. Pasalnya sholat Jumat sendiri bagi laki-laki, sekaligus menggugurkan kewajiban sholat Dhuhur setiap hari Jumat.

Apa Itu Sholat Qobliyah Jumat, Ketahui Tata Cara Pelaksanaannya

Di antara kewajiban sholat fardhu yang kita imani, pada sela-sela waktu tersebut ternyata terdapat anjuran ibadah sunnah, yakni sholat sunnah. Ibadah ini bertujuan sebagai penyempurna ibadah wajib yang kita laksanakan.

Sholat sunnah ini terdiri dari berbagai ketentuan waktu dan pengerjaan yang bisa Anda cari tahu sesuai hadits dan ajaran di Al-Quran.

Misalnya seperti sholat sunnah Dhuha yang waktu pelaksanaannya adalah setelah terbitnya fajar hingga menjelang waktu dzuhur. Berbeda lagi dengan sholat Qobliyah dan ba’diyah.

Lazimnya, kedua sholat ini menjadi ibadah sunnah di setiap sela waktu sholat fardhu. Sholat Qobliyah, seperti yang kita ketahui bisa kita kerjakan di awal, sebelum memulai sholat fardhu.

Sementara itu, sholat ba’diyah, waktu pelaksanaannya seusai sholat fardhu kita laksanakan. Adapun terdapat beberapa waktu sholat yang tidak memiliki kewajiban melaksanakan sholat sunnah ini.

Baca juga: Sholat Dzuhur Hari Jumat, Berikut Penjelasan Mengenai Waktu Terbaiknya

Qabliyah, dalam terjemahannya merupakan artian dari kata “sebelum”. Anda dapat menunaikannya sesaat setelah adzan selesai berkumandang. Namun, pastikan kutbah belum mulai atau salah satu rukun sholat Jumat belum terlaksana.

Waktu Pelaksanaan Ibadah Shalat Qobliyah Jumat

Ketentuan ini sesuai dengan Mahzab Syafi’i, yang menyebutkan bahwa sholat ini sama halnya dengan shalat rawatib yang pelaksanaannya sebelum waktu Zuhur.

Hukum Sholat Sunnah Qobliyah Jumat

Membahas soal hukum dari ibadah ini, terdapat beberapa perbedaan pendapat dari para ulama dan berbagai sanad. Hal ini terjadi karena adanya beberapa hadits yang memiliki sedikit perbedaan, sehingga memicu kepercayaan dari masing-masing umat.

Mengutip dari sebuah hadits, riwayat Ibnu al-Qayyum berpendapat, “Pada saat Rasulullah SAW keluar dari rumahnya, ia langsung menaiki mimbar. Sementara Bilal mengumandangkan adzan, setelahnya kemudian khutbah yang Rasulullah sampaikan segera ia bacakan. Sehingga pada waktu ini, tanpa adanya pemisah di antara keduanya.”

Sementara itu, hadits lain menyebutkan, bahwa setiap sholat fardu,terlebih dahulu akan kita awali dengan sholat sunah Qobliyah.

Karena sholat Jumat merupakan sholat wajib bagi laki-laki setiap hari Jumat, maka sholat sunnah Qobliyah waktu pelaksanaannya sesaat setelah adzan berkumandang. Bisa juga sebelum melaksanakan rukun wajib ibadah Jumat. (HR. Abdullah bin Zubair)

Niat Sholat Qobliyah

Sholat Qobliyah Jumat ini juga memiliki perbedaan soal niat untuk melaksanakannya, Anda harus memperhatikan hal ini.

Biasanya sholat Qobliyah ini memang sama dengan sholat Qobliyah untuk sholat fardhu yaitu diawali terlebih dahulu dengan niat berikut ini. Ushalli sunnatal Jumu’ati rak’ataini qabliyyatan lillahi ta’ala.

Kemudian dilanjutkan membaca bacaan sholat seperti biasanya. Memang sholat sunnah yang dilaksanakan sebelum sholat Jumat ini hanya memiliki perbedaan pada bagian niat saja.

Namun, sebaiknya Anda tetap memperhatikannya karena, hal ini menjadi syarat sahnya sholat Qobliyah yang akan Anda lakukan. Jangan sampai Anda justru salah dalam membaca niat, padahal sholat ini untuk menambah pahala saat hari Jumat.

Tata Cara Sholat Qobliyah

Tata cara sholat ini, sama dengan cara sholat sunnah pada umumnya. Pada rakaat pertama, Anda wajib membaca niat sholat terlebih dahulu untuk memulainya. Baru kemudian Anda bisa melaksanakan sholat mulai dari takbiratul ikram, sampai dengan i’tidal, tuma’ninah, dan sujud.

Baca juga: Tata Cara Sujud Sahwi dan Alasan Melakukannya, Pantau di Sini!

Karena terdiri dari 2 rokaat, maka untuk rakaat selanjutnya, lakukan sama seperti rakaat pertama, dan dilanjut dengan salam. Setelah Anda menyelesaikan sholat Qobliyah Jumat ini dengan baik dan sesuai, selanjutnya kegiatan bisa Anda isi dengan berzikir dan berdoa hingga memasuki waktu ibadah Jumat seperti biasanya. (Muhafid/R6/HR-Online)