Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruSinopsis MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta, Kisah Penuh Inspirasi

Sinopsis MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta, Kisah Penuh Inspirasi

Sinopsis MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta menceritakan kisah seorang wanita tua yang tinggal bersama dengan putrinya. Dengan sinopsis film yang menarik, MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta sukses mencuri perhatian. Film Indonesia ini pertama kali tayang pada 4 Mei 2016 lalu.

Kabar baiknya, film ini kembali tayang di Netflix pada 19 Januari 2023 mendatang. Film ini disutradarai oleh Sahrul Gibran.

Bersama dengan Andy Shafik, Sahrul Gibran juga merangkap sebagai produser film ini. Sementara itu, penulis film ini adalah John De Rantau dan Aishworo Ang.

Film yang dibintangi oleh Kinaryosih dan Acha Septriasa ini memiliki durasi tonton selama 105 menit.

Baca Juga: Film Waktu Maghrib Angkat Mitos Masyarakat, Ini Sinopsisnya!

Film ini merupakan besutan beberapa rumah produksi seperti Multi Buana Kreasindo, Leica Production, Harry Global Productions, hingga Silent D Picture. 

Intip Sinopsis MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta

Tupon adalah seorang wanita tua yang tinggal di sebuah desa, tepatnya di kaki Gunung Kidul. Meskipun memiliki tubuh yang lemah karena dimakan usia, ia tetap gigih berjuang.

Tupon memiliki seorang putri yang cantik bernama Sekar Palupi. Dengan kerja keras dan tak mengenal lelah, ia berusaha untuk membesarkan Sekar dan memberikan pendidikan terbaik.

Tupon berharap, jika Sekar bisa terus bersekolah. Ia tidak ingin jika sang anak bernasib seperti dirinya.

Semasa muda, Tupon tidak pernah mendapatkan pendidikan, sehingga ia menjadi buta huruf. Sebagai ibu yang baik, Tupon berusaha mendidik putrinya meskipun memiliki keterbatasan.

Ia seringkali mengajak Sekar Palupi untuk melihat alam semesta. Selain itu, Tupon juga selalu memperlihatkan lintang lantip kepada Sekar.

Baca Juga: Sinopsis Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang, Sekuel NKCTHI

Menurut kepercayaan, lintang lantip merupakan bintang yang cerdas atau planet Mars. Sebagai ibu yang baik, ia tidak pernah lupa untuk memberikan semangat dan petuah kepada Sekar.

Tupon selalu bilang jika Sekar bisa ke Mars asalkan memiliki ilmu pengetahuan. Dengan dorongan dari sang ibu inilah, Sekar tumbuh menjadi anak yang cerdas, tekun, dan mandiri.

Melalui tekad yang kuat dan doa ibunya, Sekar berhasil meraih gelar master di bidang astronomi di salah satu universitas terbaik dunia, Oxford University, Inggris.

MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta memiliki sinopsis yang sangat menginspirasi, terutama bagi kawula muda. Sebelum meraih gelar masternya, Sekar Palupi harus melalui proses dan perjalanan yang panjang.

Desa Tempat Tinggal Sekar Palupi

Sekar tinggal di sebuah desa yang belum modern. Masyarakatnya sangat menjunjung tinggi kebudayaan setempat.

Tak sedikit warganya yang buta huruf, salah satunya Tupon. Selain itu, desa tempat tinggal Sekar masih banyak pernikahan di usia dini.

Anak-anak kecil lebih memilih menggembala sapi daripada bersekolah. Setiap tahunnya, anak-anak yang bisa menyelesaikan pendidikan hingga SMA bisa kita hitung dengan jari.

Mayoritas penduduk desa tersebut memiliki kondisi perekonomian menengah ke bawah.

Sekar Hampir Tidak Bisa Sekolah

Dalam sinopsis MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta kita akan melihat perjuangan seorang ibu dan putrinya untuk mendapatkan pendidikan.

Melihat kondisi desa tempat Tupon dan Sekar tinggal, memang sangat sulit untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Bahkan, Sekar hampir tidak bisa bersekolah. Namun, Tupon tetap bersikeras untuk menyekolahkan Sekar.

Segala macam cara telah Tupon lakukan supaya sang anak bisa sekolah. Awalnya, Sekar menolak untuk sekolah.

Baca Juga: Sinopsis Film Mangkujiwo 2, Lebih Seram dari Film Pertama!

Akan tetapi, Tupon berhasil menyakinkan putrinya itu untuk masuk sekolah. Setelah berhasil masuk sekolah, ternyata Sekar mendapatkan perlakuan buruk dari teman-temannya, hingga akhirnya ia keluar dari sekolah tersebut.

Sekar Pindah Sekolah

Perjalanan Sekar untuk meraih pendidikan masih berlanjut. Pada sinopsis MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta, Sekar memutuskan untuk pindah sekolah.

Untungnya, Sekar menjadi anak yang rajin dan giat belajar di sekolah barunya. Ia juga mendapatkan guru yang baik dan mau mengajari Sekar banyak hal.

Belum lagi, Sekar memiliki teman-teman yang baik. Berawal dari sekolah inilah, Sekar terus mengejar mimpi dan cita-citanya.

Selain Kinaryosih dan Acha Septriasa sebagai pemeran utamanya, film ini juga dibintangi oleh sederet aktris dan aktor kenamaan Indonesia lainnya. Sebut saja Teuku Rifnu Wikana, Choldi Asadil Alam, Chelsea Riansy, dan bintang-bintang lainnya.

Karena kisahnya yang seru dan memotivasi, jangan lupa saksikan sinopsis MARS: Mimpi Ananda Raih Semesta! (R10/HR-Online)