Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita JabarSosok Pelaku Pembakaran Masjid di Garut, Pernah akan Bakar Pom Mini

Sosok Pelaku Pembakaran Masjid di Garut, Pernah akan Bakar Pom Mini

harapanrakyat.com,- Warga tak menyangka bangunan masjid yang berada di Kecamatan Leles dibakar seorang ODGJ. Masyarakat mengenal Eman, pelaku pembakaran masjid tersebut memang seorang yang mengalami gangguan jiwa. 

Warga juga mengetahui jika Eman kerap mengamuk ketika penyakitnya kumat. 

Sebelumnya, Eman membakar masjid Al Hidayah, di Desa Lembang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat yang membuat geger warga.

Bahkan, saat api berkobar ribuan warga saling bahu-membahu memadamkan api. 

Berdasarkan informasi, titik api bermula dari sebuah gudang masjid yang berada di samping ruangan bagian imam dan mimbar. 

Baca juga: Masjid di Leles Garut Hangus Dibakar, Pelaku Diduga ODGJ

Dalam gudang tersebut merupakan tempat penyimpanan Al Quran serta gulungan karpet yang tak terpakai.

“Api berasal dari sini (gudang sekaligus tempat penyimpanan Al Quran, red),” kata Jeje, DKM masjid Al Hidayah, Senin (23/1/2023), sambil menunjukan ruangan gudang.

Sebelum membakar, kata Jeje, pelaku mondar mandir sekitar pukul 22.00 WIB, Minggu (22/1/2023) malam.

Awalnya, kata Jeje, warga tak menyangka pelaku akan membakar masjid. Tapi setelah beberapa waktu justru ada kobaran api yang berasal dari gudang.

Sosok Pelaku Pembakaran Masjid

Jeje mengungkapkan, Eman merupakan warga desa tetangga, yakni Desa Dano Kecamatan Leles.

Bahkan, ia sendiri sempat mengurus pelaku saat mengamuk dan membakar sebuah gubuk warga yang ada di kebun.

“Jadi saya sempat urus tiga kali pelaku ini. Bahkan sempat mau bakar pom mini, tapi koreknya nggak ada waktu itu,” terang Jeje.

Masyarakat luar Desa Lembang awalnya mengira masjid dibakar oleh orang waras. Namun setelah mengetahui yang membakar pelaku yang mengalami gangguan jiwa, warga menyerahkan prosesnya kepada yang bersangkutan.

“Wah, masyarakat semalam tadi ada ribuan di sini. Ya membantu pemadaman, karena akses untuk mobil pemadam pasti sulit karena posisi masjid memang di tengah perkampungan,” imbuhnya.

Sementara itu, Polisi memastikan bahwa pelaku merupakan ODGJ. Hal itu atas riwayat dan keterangan dari keluarga pelaku kepada pihak kepolisian.

“Sudah kita amankan pelaku pembakaran masjid dan pemeriksaan kejiwaannya. Kita juga sudah minta keterangan ke keluarga. Memang pelaku ini gangguan jiwa,” kata Kapolsek Leles, AKP Agus Kuswanto.

Pihaknya pun memastikan tak ada gangguan keamanan pasca pembakaran masjid ini. Sedangkan personel dari Polisi dan TNI serta warga bersama-sama membersihkan reruntuhan bangunan. (Pikpik/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)