Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita BisnisStrategi Marketing 4C, Rahasia Sukses Berbisnis di Era Digital

Strategi Marketing 4C, Rahasia Sukses Berbisnis di Era Digital

Strategi marketing 4C tengah populer di kalangan pebisnis saat ini. Di era serba digital seperti sekarang ini, dibutuhkan strategi marketing yang jitu agar bisnis berjalan lancar, salah satunya dengan menerapkan 4C. Anda penasaran tentang marketing bisnis yang satu ini?

Baca Juga: Strategi Pemasaran Baju Online agar Menarik Klien Lebih Banyak

Inilah Strategi Marketing 4C

Marketing merupakan salah satu hal yang penting Anda lakukan ketika menjalankan bisnis. Tanpa adanya marketing, maka bisnis tak bisa publik kenal.

Marketing memang bertujuan untuk mengenalkan bisnis yang Anda jalankan ke khalayak ramai. Pemasaran ini bisa dilakukan dengan banyak hal.

Salah satunya secara offline. Pemasaran secara tradisional ini bisa Anda lakukan dengan membagikan brosur, pamflet, poster, dan lain sebagainya.

Namun nyatanya pemasaran ini kurang efektif apabila tak Anda imbangi dengan marketing online. Pemasaran secara online tentu saja membutuhkan peran teknologi yang berkembang saat ini.

Berbicara mengenai marketing, memang ada banyak metode yang bisa Anda gunakan. Salah satunya ialah strategi marketing 4C.

Strategi marketing ini terbilang efektif dan efisien dalam memudahkan kelancaran usaha. Sesuai dengan namanya, ada 4 hal yang dipertimbangkan dalam strategi marketing ini. Marketing 4C terdiri dari:

Co-Creation

Strategi marketing 4C yang satu ini melibatkan konsumen dalam membuat produk. Dalam artian, produk yang Anda buat harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Maka dari itu, supaya tak salah dalam membuat produk, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. Riset yang baik bisa memudahkan Anda dalam membuat produk, tetapi juga pengembangannya.

Produk memang menjadi salah satu hal yang pelanggan lirik ketika berbelanja. Selain tepat dalam memilih dan mengembangkan produk, Anda juga harus memperhatikan kualitasnya.

Pastikan kualitas produk yang ada pada bisnis Anda lebih unggul daripada nilai kompetitor. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri sekaligus magnet untuk mencari perhatian pelanggan.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Sambal Kemasan dan Cara Memulai Bisnisnya

Currency

Selain Co-Creation, ada juga Currency. Strategi marketing 4C yang satu ini berkaitan dengan penentuan harga yang juga harus menyesuaikan kondisi konsumen.

Sebagaimana yang kita tahu, konsumen adalah target pasar. Jangan sampai penentuan harganya salah karena bisa menurunkan minat konsumen dalam membeli produk.

Selain kondisi konsumen, Anda juga perlu memperhatikan keadaan mata uang di pasar. Sebagai pilihan terbaik, Anda bisa terapkan harga produk yang kompetitif.

Communal Activation

Strategi marketing dalam 4C lainnya yaitu Communal Activation. Marketing yang satu ini menunjukkan bahwa bisnis bisa berjalan tanpa harus memiliki toko offline.

Seiring pergantian tahun, kemajuan teknologi juga ikut berkembang semakin pesat. Hal ini memungkinkan bisnis bisa dilakukan secara online sehingga toko offline bukanlah jadi satu-satunya pilihan.

Anda bisa membuka toko online dan menawarkan produk yang dibutuhkan konsumen. Karena usaha berjalan secara online, maka bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

Akan tetapi, Anda tetap harus melakukan riset. Riset tersebut berkaitan dengan kebiasaan pelanggan dalam belanja.

Mulai dari di mana tempat yang paling banyak pelanggan pilih untuk belanja sampai dengan hambatan apa saja yang mempengaruhi penjualan produk. Baik itu usaha skala kecil maupun menengah, Anda tetap harus memperhatikan hal tersebut dengan baik.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Usaha Fotocopy yang Tepat untuk Pemula

Conversation

Dalam marketing 4C, ada Conversation. Strategi marketing 4C yang satu ini juga melibatkan konsumen.

Untuk menerapkan strategi marketing yang satu ini, Anda sebagai pemilik bisnis tak harus menawarkan produk, tetapi bisa menciptakan Conversation dengan pelanggan. Dengan adanya Conservation, maka bisa memberikan pengalaman sekaligus layanan terbaik untuk pelanggan.

Bisa kita bilang bahwa marketing 4C mempertegas hubungan antara penjual dan pembeli dalam memberi sekaligus menerima. Strategi marketing ini memang menunjukkan sudut pandang konsumen.

Lantas bagaimana cara menciptakan Conservation dengan konsumen? Mudah saja. Salah satu caranya ialah bertukar pikiran dengan pelanggan.

Hal tersebut dirasa lebih efektif dalam metode pemasaran daripada harus membagikan flyer, brosur, ataupun memasang iklan. Anda tak perlu ragu mencoba strategi marketing ini dan buktikan sendiri manfaatnya.

Dari review di atas, Anda bisa tahu lebih dekat mengenai strategi marketing 4C. Bisa kita tarik kesimpulan bahwa strategi marketing ini melibatkan peran konsumen dalam menjalankan bisnis. Usaha pun akan lancar berkat marketing ini. (R10/HR-Online)