Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita BanjarTak Lagi Was-Was, Warga Tionghoa di Kota Banjar Bersiap Rayakan Imlek 2023

Tak Lagi Was-Was, Warga Tionghoa di Kota Banjar Bersiap Rayakan Imlek 2023

harapanrakyat.com,– Warga Tionghoa di Kota Banjar, Jawa Barat mulai melakukan sejumlah persiapan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2023.

Hal itu terlihat di tempat ibadah kelenteng Kongmiao, Majelis Agama Khonghucu Indonesia (Makin Banjar) di Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman.

Berdasarkan pantauan harapanrakyat.com di lapangan, terlihat petugas dan rohaniawan sedang memasang sejumlah pernak-pernik, membersihkan tempat ibadah, dan patung.

“Untuk bersih-bersih kita sudah dari hari Senin, dan sekarang memasang pernak-pernik seperti kain dan hiasan di pohon sakura,” kata Rohaniawan Ita Sri Lestari, Rabu (18/1/2023).

Baca Juga: Ketua Makin Kota Banjar; Sejarah Imlek Sudah Ada Sejak Dinasti Xia

Menurutnya, hal tersebut sudah menjadi kegiatan rutin warga Tionghoa di Kota Banjar setiap tahun saat menjelang perayaan Tahun Baru Imlek. 

“Karena memang kita mensucikan altar kita, dan yang dibersihkan terutama patung Kong Zi menggunakan air bunga. Termasuk (membersihkan) semuanya juga yang di bagian luar,” terangnya.

Ia menjelaskan, persiapan kali ini lebih semarak jika dibandingkan dengan lalu. Hal itu karena tahun sebelumnya, perayaan Imlek terhambat dengan pembatasan mobilitas untuk mencegah penularan virus Covid-19.

“Kalau tahun sekarang saya merasa lebih semarak karena penularan virus Covid-19 sudah melandai juga jadi kita lebih enjoy aja. Kalau tahun lalu untuk datang saja kita masih was-was,” jelasnya.

Lanjut Ita Sri Lestari, rencananya perayaan Tahun Baru Imlek juga akan digelar bersama pemerintah Kota Banjar, serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

“Kemungkinan besar kita tanggal 1 Februari nanti akan ada perayaan di Aula Setda Kota Banjar, bersama ibu Walikota dan anggota FKUB,” pungkasnya. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)