Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruTanaman yang Berkembang Biak dengan Spora, Ini 7 Contohnya!

Tanaman yang Berkembang Biak dengan Spora, Ini 7 Contohnya!

Tanaman yang berkembang biak dengan spora cukup beragam. Memang cara berkembang biak tumbuhan selalu unik, salah satunya dengan spora. Pastinya cara berkembang biak ini juga melalui proses yang berbeda.

Perkembangbiakan yang tumbuhan dan hewan lakukan memang memiliki sistem yang berbeda. Pada tumbuhan, perkembangbiakan terjadi dengan cara generatif dan juga vegetatif.

Baca Juga: Jaringan untuk Fotosintesis pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Daftar Tanaman yang Berkembang Biak dengan Spora

Makhluk hidup di bumi ini lebih sering melakukan perkembangbiakan dengan cara generatif. Akan tetapi, tumbuhan dapat berkembang biak dengan cara vegetatif juga.

Meski hewan dan tumbuhan memiliki cara berkembang biak yang berbeda, tetapi keduanya masih memiliki kesamaan. Kesamaan tersebut terletak pada penggunaan sel gamet untuk menghasilkan keturunan baru.

Hanya saja memang sel gamet pada hewan dan tumbuhan akan berbeda. Pada hewan menggunakan sel terlu dan sel sperma, sedangkan tumbuhan menggunakan berbagai cara yang beragam.

Ada cukup banyak tumbuhan yang berkembang biak dengan cara spora. Anda akan mempelajarinya di sini.

Spora Itu Artinya Apa?

Pengertian dari spora ini adalah kumpulan sejumlah sel yang kemudian terbungkus lapisan pelindung (Haploid atau diploid). Selain itu, spora juga punya ukuran yang relatif kecil dan sulit untuk terlihat oleh mata telanjang.

Untuk melihat spora pada tumbuhan membutuhkan alat bantu yang berupa mikroskop. Selain itu, spora sendiri juga memiliki sifat dorman, artinya hanya mampu tumbuh atau berkembang di lingkungan yang sudah memenuhi ketentuan maupun persyaratan yang telah ada mengenai berkembang menjadi individu baru.

Spora dan biji dalam proses perkembangbiakan hampir mirip. Tujuannya adalah untuk disebarluaskan agar menghasilkan keturunan baru. Terdapat beberapa tanaman yang berkembang biak dengan spora, apa saja itu?

Baca Juga: Jaringan Tumbuhan dan Fungsinya, Anda Wajib Tahu!

Tumbuhan Apa Saja yang Berkmebang Biak dengan Spora?

Proses kembang biak melalui spora ini dilakukan oleh beberapa jenis tanaman, yaitu sebagai berikut:

1. Tumbuhan Lumut

Lumut merupakan tumbuhan hijau berukuran kecil yang tumbuh di tempat lembab. Mereka akan melakukan metagenesis berupa pergiliran antara generasi seksual dengan aseksual.

Untuk generasi penghasil, gamet bakal pergi ke penghasil spora atau yang terkenal dengan sebutan gametofit ke sporofit.

2. Tumbuhan Paku

Paku atau pakis tergolong ke dalam Tracheophyta atau sistem pembuluh sejati yang tidak memproduksi biji sebagai kelanjutan keturunan, melainkan dengan menggunakan spora.

Bagian sporangium tumbuhan paku terdapat di bagian bawah daun. Sporangium tersebut akan sangat terlihat di bagian tepi ketika Anda membalik daun tumbuhan ini.

3. Tumbuhan Jamur

Jamur atau fungi merupakan tumbuhan sel tungga. Mereka termasuk jenis tanaman yang berkembang biak dengan spora.

Tumbuhan ini akan berkembang biak dengan bentuk dan warna yang beragam. 90% tubuh jamur mengandung air, itulah kenapa spora jamur biasa terdapat di lingkungan lembab.

4. Tumbuhan Rane

Tumbuhan ini termasuk tumbuhan yang berpembuluh di dalam suku selaginellaceae. Rane berkembang biak dengan spora bebas. Secara umum, cara tumbuhan ini berkembang biak dengan spora hampir sama seperti pada lumut dan juga jamur.

5. Tumbuhan Paku Air

Paku air termasuk tumbuhan paku-pakuan yang habitatnya di aliran air, seperti persawahan atau sekitar sungai. Tumbuhan ini ternyata juga berkembang biak dengan melalui spora.

6. Tumbuhan Azolla

Tanaman yang berkembang biak dengan spora selanjutnya adalah azolla atau yang terkenal sebagai ganggang. Azolla sering berada di daerah yang tergenang air, tetapi sisi lainnya mampu bertahan hidup di daerah tropis, termasuk Indonesia.

7. Tumbuhan Suplir

Suplir termasuk tanaman hias. Tumbuhan ini berkembang biak secara generatif melalui spora yang terletak pada bagian tepi sisi bawah daun dewasa.

Bentuk tumbuhan suplir cukup unik, yaitu memanjang tetapi juga cenderung membulat. Sporanya terlindungi oleh sporangium yang masih dilindungi lagi oleh indusium.

Baca Juga: Fungsi Sel Kersik yang Ada di Batang Tumbuhan, Apa Itu?

Jenis-Jenis Spora

Terdapat beberapa jenis spora yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Myxozoa: alat persebaran pada tumbuhan non biji.
  • Endospora: spora dari bakteri tertentu yang telah terbentuk sebagai alat pertahanan hidup di kondisi ekstrim.
  • Klamidospora/chlamydospore: fungsinya mirip seperti endospore tetapi menghasilkan bagian lain.
  • Zigospora: alat persebaran dari haploid dengan fungsi zygomycota yang punya dinding tebal serta mampu tumbuh menjadi konidium (zigosporangium).

Nah, itulah berbagai contoh tanaman yang berkembang biak dengan spora. Anda juga bisa mengetahui pengertian dan juga jenis-jenis spora pada tumbuhan. (R10/HR-Online)