Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TasikmalayaTanjakan Bohong Tasikmalaya, Jangan Lupa Pakai Gigi Satu

Tanjakan Bohong Tasikmalaya, Jangan Lupa Pakai Gigi Satu

harapanrakyat.com,- Tanjakan yang berada di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ini dikenal dengan nama Tanjakan Bohong. Nama tersebut bukannya tanpa alasan, tanjakan ini merupakan tikungan tajam yang kerap jadi lokasi kecelakaan.

Pengendara yang datang dari arah Singaparna akan melewati jalan lurus sepanjang 150 meter sebelum Tanjakan Bohong. Nantinya pengendara pun akan melewati tikungan tajam ke arah kiri dan langsung bertemu tanjakan curam. 

“Kalau dinamakan Tanjakan Bohong, lantaran kalau datang arah Singaparna, terlihat seperti tidak ada tanjakan hanya belokan saja, padahal menanjak dan curam. Memang kalau dulu banyak mobil yang mundur karena pake gigi tiga, seharusnya di gigi satu,” kata Misbah warga setempat, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga: Dua Rumah Warga di Salawu Tasikmalaya Ludes Terbakar

AKP Yudi Sadikin Kasat Lantas Polres Tasikmalaya menuturkan sudah jarang terjadi kecelakaan lalu lintas di Tanjakan Bohong.

“Di Tanjakan Bohong kalau sekarang paling  kendaraan yang gagal menanjak. Saat ini Tanjakan Bohong tersebut sudah tidak menjadi blackspot,” jelasnya.

Meski demikian, ia mengimbau masyarakat pengendara jalan raya yang melewati Tanjakan Bohong. Supaya tidak membawa kendaraan dengan muatan berlebih dan disesuaikan dengan kelas jalan.

“Pengendara mobil yang belum menguasai jalan Tanjakan Bohong ini supaya gunakan gigi kecil, sehingga tidak terjadi kegagalan oper persneling di tengah tanjakan tersebut,” pungkasnya. (Apip/R7/HR-Online/Editor-Ndu)