Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruTata Cara Sholat di Pesawat, Hukum dan Panduan Tayamum

Tata Cara Sholat di Pesawat, Hukum dan Panduan Tayamum

Tata cara sholat di pesawat sebaiknya Anda ketahui ketika ingin menempuh perjalanan jauh. Tata cara menunaikan sholat ketika di pesawat tentu saja berbeda dari biasanya. Bagi Anda yang ingin tahu seperti apa tata cara ibadah sholat ini, bisa simak ulasan berikut.

Mengenal Tata Cara Sholat di Pesawat

Sholat merupakan tiang agama sehingga jangan sampai ditinggalkan, tak terkecuali ketika bepergian dengan pesawat. Dalam menjalankan sholat ini pun memiliki tata cara tersendiri. Lantas bagaimana tata caranya?

Menghadap Kiblat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menghadap kiblat. Saat berada di pesawat, kita memang tak bisa selalu memastikan akan berada di arah kiblat secara tetap.

Baca juga: Cara Sholat Jamak Dzuhur dan Ashar, Mulai Taqdim hingga Takhir

Ada kalanya pesawat berbelok arah. Mengetahui hal tersebut, umat muslim yang menunaikan sholat di pesawat boleh mengikuti arah kendaraan.

Posisi Sholat

Tata cara selanjutnya yaitu dengan memperhatikan posisi sholat di pesawat. Apakah sholatnya dengan posisi berdiri atau duduk.

Apabila di dalam pesawat tersebut telah tersedia tempat khusus sholat, lebih baik tunaikan dengan berdiri.

Akan tetapi jika di ruang pesawat tak menyediakan fasilitas tersebut, bisa sholat sambil duduk. Tak perlu berpindah tempat, Anda bisa melakukannya di kursi penumpang. Mengenai gerakan sholatnya, urutannya sama saja seperti biasanya.

Hanya saja, untuk bagaimana gerakannya saat sholat sambil duduk, Anda cukup menundukkan kepala ketika tiba waktu rukuk dan sujud. Untuk membedakan gerakan keduanya, Anda bisa menundukkan kepala kala sujud lebih rendah dari pada rukuk.

Tertib

Semua tata cara sholat di pesawat perlu Anda lakukan secara tertib dan runtut. Baik itu sholat dengan posisi berdiri maupun duduk ketika di kendaraan.

Dengan mengikuti cara sholat tersebut, maka Anda tetap bisa menjalankan ibadah secara tepat waktu.

Hukum Sholat di Pesawat

Para ulama masa kini menyebut bahwa sholat yang ditunaikan di pesawat hukumnya sah. Namun apakah hukum tersebut tetap berlaku untuk sholat fardhu?

Sebagaimana yang kita tahu bahwa pelaksanaan sholat sunnah tetap sah meski berkendara atau dalam keadaan berjalanan.

Baca juga: Tata Cara Sholat Unsi, Hukum, Waktu dan Keutamaan

Akan tetapi khusus dalam menunaikan sholat fardhu, wajib hukumnya menetap di satu tempat meski dalam keadaan bergerak. Oleh karena itu, pelaksanaan sholat di pesawat tak bisa memenuhi kewajiban sholat. Hal tersebut hanya sebatas li hurmatil waqti (memuliakan waktu sholat).

Seperti contohnya ketika akan menjalankan sholat dzuhur, niatnya seperti di bawah ini. Begitu juga dengan waktu sholat lainnya:

Terkait cara sholat di pesawat, ada baiknya Anda memilih jadwal penerbangan yang tak mengganggu waktu sholat. Hal ini bisa Anda lakukan jika waktu tempuhnya hanya 2-3 jam.

Dengan demikian, Anda tetap bisa mengerjakan sholat secara tepat waktu ketika akan berangkat ataupun setelah mendarat.

Apabila terpaksa tak bisa memilih jadwal penerbangan yang sesuai, maka perlu cermati durasi penerbangannya.

Jika memungkinkan, Anda bisa melakukan jamak maupun qashar sholat. Hal ini dirasa lebih baik apabila harus melakukan perjalanan dengan jarak lebih dari 90 km.

Tata Cara Tayamum di Pesawat

Ketika Anda ingin melaksanakan sholat di pesawat namun tak bisa wudhu dengan sempurna karena kendala, bisa praktikkan tata cara tayamum. Dalam hal ini, tata caranya ada dua versi.

Versi pertama, Anda bisa tayamum dengan sekali tepukan. Menepuk kedua telapak tangan ke bagian dinding pesawat ataupun sandaran kursi.

Usapkan kedua telapak tangan ke wajah dan kedua tangan dari ujung jari hingga pergelangan tangan tanpa terputus.

Kemudian untuk versi kedua, Anda bisa tayamum dengan melakukan dua kali tepukan. Caranya seperti versi pertama. Namun ketika ingin menepukkan kedua telapak tangan ke kedua tangan, Anda perlu menepukkan ke dinding ataupun sandaran kursi kembali.

Baca juga: Tata Cara Sholat Safar, Amalkan Sebelum dan Sesudah Bepergian!

Jika sudah demikian, baru bisa menepukkan ke kedua tangan secara merata. Sapukan mulai dari ujung jari sampai dengan siku. Baik itu sisi luar maupun dalam. Lakukan dengan tertib dan runtut supaya sah.

Apabila Anda ingin menempuh perjalanan dengan armada via udara, lebih baik simak dulu review mengenai tata cara sholat di pesawat ini. Jangan lewatkan pula informasi menarik seputar hukum sholat dan cara tayamumnya. Pada dasarnya, hal tersebut mempermudah umat muslim supaya tak ketinggalan waktu sholat tanpa mengurangi pahala ibadah. (Muhafid/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)