Minggu, Januari 29, 2023
BerandaBerita TasikmalayaTempat Makan Lesehan di Tasikmalaya, Bisa Ajak Rombongan

Tempat Makan Lesehan di Tasikmalaya, Bisa Ajak Rombongan

Tempat makan lesehan di Tasikmalaya merupakan restoran tradisional bergaya Sunda yang cocok untuk rombongan. Biasanya tempat-tempat ini menggunakan bangunan yang terbuat dari bambu atau “saung”, sehingga mendatangkan rasa tentram. Hidangan utama yang tersedia antara lain nasi liwet, nasi tutug oncom, nasi cikur, dan aneka lauk pauk khas kuliner Tasikmalaya.

Meski restoran mewah bergaya western dan cafe-cafe minimalis semakin menjamur, saung lesehan masih tetap ramai pengunjung.

Alasannya karena tempat-tempat ini menyajikan masakan khas Sunda dengan resep turun temurun, sehingga memberi rasa yang memuaskan. Selain itu, pengunjung bisa berkumpul sambil menikmati pemandangan alam di tempat tersebut.

Untuk Anda yang sedang mencari tempat makan lesehan di Tasikmalaya, berikut ada beberapa saung dengan sajian masakan Sunda terbaik.

Baca Juga: Tempat Makan 24 Jam di Tasikmalaya, Penghilang Lapar Tengah Malam

Rekomendasi Tempat Makan Lesehan di Tasikmalaya

Saat hari libur, rumah makan khas Sunda menjadi tempat refreshing yang pas karena area outdoor-nya lumayan luas. Pengunjung pun bisa berjalan-jalan mengitari taman sambil berfoto di tempat-tempat ini.

Saung Gunung Jati

Beralamat di Jalan Letjen Mashudi nomor 45, Setiaratu, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Saung Gunung Jati menjadi rumah makan tradisional yang nyaman, masakan enak, dan cocok untuk acara keluarga atau kantor. Tempat ini menyuguhkan suasana alam yang masih asri dengan pemandangan sawah.

Saung Gunung Jati menjadi tempat makan lesehan di Tasikmalaya yang padat oleh pengunjung terutama saat bulan puasa.

Saat bulan Ramadhan tiba, hampir setiap saung di tempat ini full booked untuk acara buka bersama. Tidak sedikit juga orang-orang yang mengadakan acara reuni di Saung Gunung Jati.

Saung Hegarsari

Jalan BKR sudah menjadi kawasan kuliner yang menyediakan beragam makanan dan jajanan. Oleh karena itu, keberadaan rumah makan khas Sunda di kawasan ini cukup populer.

Masakan dan suasana tempatnya juga tidak mengecawakan sehingga banyak pelanggan kembali lagi di waktu-waktu berikutnya.

Saung Hegarsari beralamat di Jalan BKR nomor 68, Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Saung Hegarsari Tasikmalaya, Surganya Olahan Gurame

Mengingat lokasinya sangat strategis, orang-orang bisa menemukan tempat ini dengan mudah. Menu yang paling enak di tempat ini antara lain gurame bakar, oseng kangkung, dan sate maranggi.

Saung Ranggon

Jika sedang mencari tempat makan lesehan di Tasikmalaya yang ramah anak dengan view sawah dan gunung, maka bisa datang ke Saung Ranggon.

Tempat ini memiliki desain lesehan yang menarik, masakan lezat, dan bisa untuk acara keluarga. Jika beruntung, Anda bisa makan sambil melihat kereta yang lewat.

Ada beberapa saung atau gazebo yang mengapung di atas kolam ikan. Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan spot-spot foto kekinian untuk mempercantik profil Instagram.

Sebagai tambahan, Saung Ranggon berlokasi di Jalan Leuwidahu nomor 81, Indihiang, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Saung Jembar

Suasana yang masih terasa alami menjadi daya tarik tersendiri bagi pencari tempat makan lesehan di Tasikmalaya. Oleh karena itu, Saung Jembar memberikan pengalaman berbeda dengan area outdoor yang luas.

Di tempat ini pengunjung bisa menemukan kolam ikan hias dengan air mancur, sehingga mendatangkan suasana tenang.

Saung Jembar beralamat di Jalan Gubernur Sewaka nomor 89, Sambongjaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Menu yang cukup populer di tempat ini antara lain nasi liwet, ayam goreng, sop buntut, tumis peda, dan udang saus tiram. Bumbu-bumbu rempahnya pun terasa ringan, tidak berlebihan, namun tetap enak sehingga perlu dicoba.

Baca Juga: Rumah Makan Khas Sunda di Tasikmalaya, Sambalnya Bikin Nagih

Saung Rasa Desa

Seiring berjalannya waktu, ada juga tempat makan lesehan di Tasikmalaya yang masih mempertahankan nuansa tradisional namun menambahkan sentuhan modern.

Di Saung Rasa Desa, pengunjung bisa memilih gazebo atau tempat duduk beralaskan tikar. Tetapi, ada juga kursi dan meja dengan dekorasi yang estetik.

Oleh karena itu, Saung Rasa Desa cocok bagi orang yang ingin makan masakan Sunda di lesehan sekaligus tempat nongkrong di Tasikmalaya. Untuk minumannya pun semakin beragam, karena pengunjung juga bisa memesan aneka racikan kopi. Alamatnya berada di Jalan Terusan BCA nomor 8, Tuguraja, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)