Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita BisnisTernak Burung Pipit, Peluang Raup Untung Menggiurkan

Ternak Burung Pipit, Peluang Raup Untung Menggiurkan

Ternak burung pipit bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Burung pipit termasuk salah satu jenis hewan yang bisa Anda ternak secara mudah. Akan terasa semakin menguntungkan apabila Anda menjalankan usaha ternak ini dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: Ternak Ulat Kandang bagi Pemula, Pakan Burung Terpopuler

Hal Penting dalam Ternak Burung Pipit

Burung pipit atau yang juga terkenal dengan sebutan burung emprit bisa Anda ternak untuk mendulang penghasilan. Dalam ternak ini terdapat banyak hal penting yang harus Anda perhatikan. Berikut beberapa diantaranya.

Indukan

Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan ialah indukan. Baik itu indukan burung pipit jantan maupun betina harus Anda pilih yang memiliki kualitas baik.

Kualitas indukan bisa Anda ketahui dari kondisinya. Pastikan indukan jantan maupun betina tersebut tidak cacat dan sehat. Selain itu, Anda harus bisa membedakan mana indukan burung pipit jantan dan betinanya.

Untuk indukan burung pipit jantan, biasanya memiliki paruh dengan dominasi warna hitam. Sementara untuk indukan burung pipit betina, seringkali memiliki kalung di leher.

Paruh indukan burung pipit betina juga terlihat lebih terang dengan warna putih. Perbedaan juga bisa Anda temukan pada warna tubuh bagian bawahnya.

Indukan burung pipit jantan memiliki warna tubuh kemerahan dengan sayap lebih gelap. Sedangkan indukan burung pipit betina memiliki tubuh abu-abu dengan sayap yang warnanya kecoklatan.

Kandang

Selain memilih indukan yang berkualitas, Anda juga perlu memperhatikan kandangnya. Sebagai tempat ternak, tentu Anda harus membuat kandang yang kokoh supaya burung pipit aman dan nyaman.

Mengenai modelnya, Anda bisa membuat kandang dengan model sangkar menggantung. Model kandang yang satu ini sangat cocok untuk burung emprit dengan ukuran memang kecil.

Selain dianggap cocok, model sangkar gantung juga terbilang praktis. Berkat hadirnya model kandang ini, maka peternak bisa secara mudah menggunakannya. Apabila Anda kurang ahli dalam membuatnya, bisa mempercayakannya pada jasa tukang yang terpercaya.

Baca Juga: Usaha Ternak Burung Kenari untuk Pemula Dijamin Berhasil

Pakan

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan saat ternak burung emprit yaitu pakannya. Supaya ternak burung berhasil, Anda harus memberikan pakan yang berkualitas dengan porsi cukup.

Mengenai jenisnya, pakan yang baik untuk burung pipit seperti halnya kulit telur dan tulang yang sudah dihancurkan. Selain itu, bisa pula memberikan grit.

Supaya burung pipit bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, jangan lupa pula untuk memberikan pakan tambahan yang bergizi saat memulai ternak. Mulai dari buah-buahan, sayuran segar, ulat Hongkong, atau EF.

Manfaat Burung Pipit

Perlu untuk Anda ketahui bahwa minat terhadap burung pipit di pasaran terbilang tinggi. Banyaknya orang yang membutuhkan burung pipit karena manfaat yang diberikan.

Menghilangkan Kutil

Salah satu manfaat burung pipit ialah bisa menghilangkan kutil. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi dagingnya.

Selain itu, khasiat burung pipit ini juga bisa Anda dapatkan dengan menumbuk dagingnya. Saat sudah Anda tumbuk halus, maka bisa menjadikannya sebagai olesan pada area yang berkutil.

Menyembuhkan Mata Berair

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari ternak burung pipit ialah menyembuhkan mata berair. Manfaat ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi dagingnya.

Baca Juga: Analisa Usaha Ternak Parkit Mulai dari Modal hingga Keuntungan

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nyatanya burung pipit tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan kutil dan mengatasi mata berair saja, tetapi juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imun tubuh yang baik memungkinkan Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Sebagaimana yang kita tahu, penyakit bisa menyerang kapan dan di mana saja. Apalagi jika tak menjaga kesehatan dan kebersihan, maka kuman, bakteri, maupun virus bisa secara mudah menyerang.

Maka dari itu, jangan ragu untuk mengonsumsi daging burung pipit. Supaya sistem kekebalan tubuh semakin baik, imbangi pula dengan olahraga dan konsumsi makanan sehat lainnya.

Melihat ada banyaknya manfaat dari burung pipit, maka Anda tak perlu ragu untuk membudidayakannya. Pastinya ternak yang Anda geluti akan mendatangkan banyak konsumen.

Dari review di atas, Anda bisa tahu apa saja hal penting yang harus diperhatikan saat ternak burung pipit. Sebagai pemula, Anda bisa budidaya burung pipit dalam skala kecil terlebih dahulu. Setelah berkembang, Anda bisa menambah jumlah burung pipitnya. (R10/HR-Online)