Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita BisnisTernak Kambing Ras Senduro, Modal Ringan Banyak Untungnya

Ternak Kambing Ras Senduro, Modal Ringan Banyak Untungnya

Ternak kambing ras senduro memiliki banyak peminat karena terbilang cukup mudah. Dalam usaha ternak kambing dengan jenis atau ras senduro ini, Anda dapat memperhatikan pakan maupun kandangnya. Bila Anda tertarik untuk menjajal usaha ternak kambing satu ini, bisa langsung simak pembahasan berikut.

Baca Juga: Usaha Ternak Sapi Bali, Perawatan Mudah dengan Peluang Tinggi

Mudahnya Cara Ternak Kambing Ras Senduro

Sebagaimana yang sudah kita singgung di atas bahwa pakan dan kandang jadi poin penting saat memulai budidaya kambing ras senduro. Untuk pakannya, Anda bisa memberikannya ketika pagi dan sore hari.

Adapun untuk jenis pakannya terbilang cukup beragam. Mulai dari dedaunan, rendeng kangkung, sampai dengan tumpi jagung. Supaya kambing tidak bosan dan lahap makannya, alangkah baiknya untuk memberikan pakan secara bervariasi.

Kemudian untuk kandang, pastikan kondisinya selalu bersih. Dalam hal ini, Anda bisa membersihkan kandang secara rutin. Tak bisa kita pungkiri bahwa kandang yang tidak terjaga kebersihannya membuat kambing rentan terserang penyakit.

Keuntungan Ternak Kambing Senduro

Kambing dengan ras senduro ini menawarkan banyak keuntungan saat ternak. Apa saja?

Meminimalisir Kerugian

Setiap peternak pastinya memiliki risiko kerugian yang bisa dialami oleh siapa dan kapan saja. Akan tetapi ketika beternak kambing dengan ras ini, maka kerugiannya bisa berkurang apabila mati. Hal ini karena harganya relatif realistis.

Biaya Ringan

Untuk beternak kambing ini, Anda tak perlu keluar biaya besar. Biasanya biaya terbilang kecil untuk modal ternak. Anda hanya perlu membeli kambing dengan kualitas bagus, baik itu sebagai kambing perah maupun kambing pedaging.

Untuk mendapatkan kambing dengan kualitas baik, Anda bisa cermati umurnya. Tak kalah penting pula untuk memperhatikan postur kambing sebelum beternak.

Lebih Mudah Terjual

Ketika memulai ternak, ras kambing senduro ini terbilang lebih cepat dan mudah terjual. Selain karena harganya yang realistis, tingkat permintaan di pasar juga cukup tinggi. Hal inilah yang bisa mendongkrak penjualan.

Baca Juga: Usaha Ternak Ulat Hongkong untuk Pemula, Begini Tipsnya

Hasil Silangan Unggul

Keuntungan peternak ketika budidaya kambing dengan ras ini selanjutnya ialah bisa mendapatkan hasil silangan yang unggul. Hasil silangan kambing ini memiliki daya tahan tubuh lebih baik, tampilan menarik, daging berisi, dan postur tubuh besar.

Karakteristik Kambing Ras Senduro

Pembahasan lainnya yang tak kalah penting untuk Anda pahami dari peternakan kambing senduro ialah karakteristiknya. Sebelum beternak, Anda memang disarankan untuk mengetahui seperti apa karakteristiknya terlebih dahulu.

Berbicara mengenai karakteristik kambing ini, biasanya memiliki bulu dengan warna putih. Kemudian bagian kepala memperlihatkan muka yang cembung.

Berlanjut ke ciri indera pendengarannya. Ternak kambing dengan ras senduro ini biasanya memiliki telinga dengan bentuk panjang yang menggantung ke bawah. Telinganya juga tampak terpilin.

Karakteristik selanjutnya yakni dari segi postur. Kambing dengan ras senduro memiliki punggung lurus namun agak melengkung ke titik terendah yang ada di bagian tengah tubuh. Postur tubuh tersebut membentuk sudut.

Apabila Anda mencermati postur tubuhnya secara detail, maka bisa memahami bahwa semakin ke belakang maka kian tinggi sampai pinggul. Di pinggul dan leher juga memiliki bulu yang lebih panjang.

Untuk kambing ras senduro jantan, biasanya memiliki bulu lebih panjang dan mengurai. Selain itu, kambing jantan juga mempunyai ambing yang tampak menggantung.

Kelebihan Kambing Ras Senduro

Ras kambing senduro ini memiliki banyak kelebihan yang pastinya membuat siapa saja tergiur untuk ternak. Adapun salah satu kelebihannya yaitu mempunyai daging dengan ketebalan yang bagus.

Berkat kelebihan ini, maka akan sangat menguntungkan Anda ketika beternak kambing pedaging. Pasti usaha Anda nantinya akan dikelilingi banyak pelanggan.

Baca Juga: Keuntungan Budidaya Ikan Patin di Kolam Terpal, Wajib Tahu!

Kelebihan selanjutnya, kambing ini memiliki postur tubuh yang tinggi dan panjang. Posturnya seringkali lebih besar dari jenis kambing lain.

Tak kalah penting untuk Anda pahami bahwa kambing dengan ras senduro juga mempunyai ambing susu seperti kendi. Dengan demikian, ambing susu yang ada di kambing ras senduro sangat ideal sebagai kambing perah.

Dari review di atas, Anda bisa tahu cara dan apa saja keuntungan saat ternak kambing ras senduro. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa tahu karakteristik sampai dengan kelebihan kambing ras senduro. Lantas apakah Anda tertarik untuk beternak jenis kambing ini? (R10/HR-Online)