Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita TerbaruTransfer eSIM ke HP Baru Android, Ini Cara Mudahnya!

Transfer eSIM ke HP Baru Android, Ini Cara Mudahnya!

Transfer eSIM ke HP baru Android sebetulnya mudah. Cara transfer eSIM ke HP Android yang baru cukup dengan beberapa langkah. Akhir-akhir ini eSIM banyak orang perbincangkan karena bisa menjadi SIM masa depan.

eSIM bisa menggantikan penggunaan SIM card fisik pada smartphone. Pada saat ini teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu. 

Provider jaringan seluler juga tidak mau ketinggalan dengan menciptakan eSIM. Tentunya ini menjadi hal menarik yang bisa membuat para pengguna smartphone Android senang. 

Baca Juga: Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru, Anti Ribet dan Cepat!

Transfer eSIM ke HP Baru Android Sangat Mudah

Kartu SIM merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan harus ada pada setiap smartphone. Dahulu bentuk kartu SIM ini lumayan besar namun, terdapat perubahan dari waktu ke waktu.

Kartu SIM berubah semakin kecil seiring dengan fitur dan teknologi yang meningkat. Ukuran tersebut mulai dari makro, mikro, sampai nano SIM. 

Tetapi, saat ini teknologi yang lebih modern lagi yaitu SIM card digital atau eSIM. ESIM merupakan sebuah modul yang tertanam permanen pada bagian mesin smartphone.

Oleh karena hal itu, eSIM tidak memiliki bentuk fisik seperti SIM card biasa. Modul eSIM memiliki ukuran yang sangat kecil bahkan lebih kecil dari nano SIM yang saat ini banyak digunakan. 

Tetapi, eSIM belum tersedia untuk semua smartphone yang saat ini beredar. Hal itu karena hanya terdapat beberapa ponsel cerdas flagship seri tertentu yang mendukung eSIM. Saat ini penggunaan eSIM Indonesia sudah mulai terlihat.

Setidaknya terdapat dua provider operator seluler Indonesia yang sudah merilis produk eSIM bagi para pelanggan.

Cara pindah eSIM Android Baru

Tentunya eSIM ini memiliki dampak yang baik untuk kemajuan teknologi pada smartphone. Kartu SIM digital ini bisa Anda gunakan pada HP Android. Bagi yang ingin pindah dari eSIM ke HP baru tidak perlu khawatir karena langkahnya sangat mudah. 

Hanya dengan melakukan beberapa langkah saja Anda sudah bisa pindah kartu SIM digital. Berikut ini merupakan cara transfer eSIM ke HP baru Android:

1. Langkah pertama pastikan Anda telah memiliki operator seluler yang sudah menyediakan produk eSIM.

2. Setelah itu, bukalah peraturan dan pilih koneksi, saat akan pindah eSIM HP baru harus terhubung internet.

3. Kemudian pilih menu pengelola kartu SIM, lalu pilih tambahkan paket seluler.

4. Saat itu smartphone Android akan otomatis mencari eSIM.

5. Selanjutnya pilih menu tambahkan menggunakan QR Code.

6. Kemudian pindah QR Code yang ada pada kartu perdana.

7. Setelah itu, tambahkan paket seluler baru, lalu klik aktifkan paket seluler baru.

8. Maka kartu SIM akan langsung pindah pada HP Android.

Baca Juga: Cara Mengganti Kunci Layar HP yang Mudah!

Keuntungan Menggunakan eSIM

Kartu SIM digital dan tentunya memiliki beberapa perbedaan. Dengan menggunakan kartu SIM digital atau eSIM pasti Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Berikut merupakan beberapa keuntungan apabila memakai eSIM:

Kontak Akan Aman

Kelebihan menggunakan eSIM yang pertama yaitu kontak aman dan tidak akan hilang. Kartu SIM digital akan menyimpan nomor kontak ponsel download yang tersedia setiap provider operator seluler.

Maka dari itu para pengguna tidak perlu khawatir lagi apabila nomor kontak tersebut hilang ketika terjadi kerusakan SIM card. 

Hal ini karena eSIM akan langsung terhubung ke cloud sehingga tidak akan mempengaruhi kapasitas penyimpanan pada ponsel. Apabila pengguna berganti ponsel maka bisa langsung transfer eSIM ke HP baru Android tanpa hilang data satupun.

Data Terjamin Aman

Operator seluler pada eSIM bisa mengoptimalkan tingkat keamanan data pengguna. Pengamanan ini terjadi melalui penguatan enkripsi dan peningkatan keamanan data kredensial. Maka dari itu privasi pengguna tetap terjaga dengan baik. 

Sehingga pasti tidak akan bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan begitu apabila menggunakan eSIM khawatir karena data terjamin aman.

Baca Juga: Cara Hotspot Lewat Bluetooth di Android dan iPhone!

Lebih Praktis

Keuntungan menggunakan eSIM selanjutnya yaitu bisa lebih praktis. Sebagaimana yang telah disebutkan tadi bahwa eSIM akan tertanam permanen pada mesin smartphone. Oleh karena itu, tidak perlu lagi menggunakan SIM card fisik terpisah untuk mengakses jaringan internet atau telepon. Sehingga bisa lebih praktis apabila menggunakan kartu SIM digital.

Nah, itu tadi ulasan tentang cara transfer eSIM ke HP baru Android. Adanya teknologi baru ini tidak ada salahnya apabila Anda manfaatkan. Dengan menggunakan eSIM para pengguna bisa mendapatkan berbagai kelebihan yang menguntungkan. (R10/HR-Online)