Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruUkuran Gear Motor, Berikut Tips Mengubah dan Juga Dampaknya

Ukuran Gear Motor, Berikut Tips Mengubah dan Juga Dampaknya

Ukuran gear motor ternyata cukup beragam dan bisa kita ubah. Bahkan setiap ukuran gear depan dan belakang pada sepeda motor juga berbeda. Umumnya gear motor depan berukuran lebih kecil daripada gear bagian belakang.

Gear sendiri merupakan salah satu komponen motor yang memiliki peran cukup penting. Fungsinya yaitu untuk menghubungkan mesin dengan roda agar motor bisa melaju dengan cepat.

Seperti yang telah disebutkan, gear terdiri atas dua jenis yaitu gear depan dan belakang.

Setiap gear juga memiliki mata gear dengan jumlah tertentu yang bisa mempengaruhi performa motor.

Umumnya gear depan memiliki 10 hingga 18 mata gear, sedangkan belakang memiliki 30 hingga 50. Semakin banyak mata gear, maka akan semakin enteng motor selama Anda gunakan.

Baca Juga: Penyebab Gear Belakang Motor Goyang yang Wajib Anda Ketahui!

Tips Mengubah Ukuran Gear Motor

Fungsi utama gear adalah untuk menggerakan roda, namun masih ada fungsi lainnya. Misalnya yaitu untuk membantu menyeimbangkan semua roda kendaraan saat mesin hidup. Dengan begitu maka motor bisa berjalan dan akselerasinya akan seimbang dan baik.

Kemudian gear juga mampu menghasilkan tenaga untuk kendaraan berakselerasi. Bagian mata gearnya juga bisa menghasilkan panjang pendeknya tenaga untuk jarak perpindahan.

Terakhir, gear juga mampu menghasilkan tenaga seimbang untuk melewati medan yang berat.

Gear motor termasuk komponen yang sering menjadi bahan modifikasi pemiliknya. Salah satu modifikasi tersebut yaitu dengan mengganti ukuran gear, baik depan maupun belakang.

Hal tersebut mereka lakukan untuk mencapai tujuan tertentu, misal untuk meningkatkan tenaga.

Namun dalam memodifikasi ukuran gear motor tidak bisa Anda lakukan sembarangan. Sebab, bisa saja modifikasi tersebut kurang tepat dan malah menurunkan performa motor. J

ika ingin mengubah ukuran gear, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, berikut beberapa tipsnya:

Baca Juga: Gear Belakang Motor, Jangan Sembarangan Mengganti Ukurannya

Sesuaikan dengan Kebutuhan di Jalan

Pertama Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan saat berkendara di jalanan. Apakah Anda ingin menaikkan akselerasi atau mementingkan top speed motor. Sebab, ukuran gear untuk akselerasi dan top speed akan berbeda.

Menaikkan atau Menurunkan Ukuran Gear

Setelah mengetahui kebutuhan berkendara maka Anda bisa menentukan ukuran gearnya. Misal jika ingin menambah akselerasi, maka Anda bisa menaikkan ukuran gear depan atau belakang.

Sedangkan untuk top speed maka Anda bisa menurunkan ukuran gear depan, misalnya satu angka.

Perhatikan Bahan dan Ketebalannya

Dalam mengganti ukuran gear motor, Anda juga perlu memperhatikan bahan dan ketebalannya. Sebab, keduanya akan mempengaruhi daya tahan penggunaannya pada sepeda motor. Usahakan memilih gear dari baja agar lebih tahan lama dan tidak cepat kendor.

Kemudian untuk ketebalannya terdapat 2 jenis yang bisa Anda gunakan yaitu 420 dan 428. Meskipun hanya berbeda ukuran 8 namun ketahanannya pasti akan berbeda. Anda pun bisa memilih ukuran mana yang Anda inginkan sendiri.

Dampak Mengubah Ukuran Gear Motor

Saat memutuskan mengubah ukuran gear, pasti ada dampak yang akan terasa. Berikut beberapa dampaknya:

Mengganti Gear Depan

Jika Anda mengganti ukuran gear depan menjadi lebih besar, maka akan membuat putaran semakin berat. Kemudian bisa menimbulkan efek memperberat kinerja mesin. Bahkan bisa memuat speedometernya tidak sesuai dengan aslinya.

Lalu bagaimana jika ukuran gear depan menjadi lebih kecil dari ukuran standar? Maka efek yang terjadi yaitu putarannya akan semakin ringan. Akhirnya akselerasi juga akan semakin bagus.

Baca Juga: As Gear Depan Aus Akibat Kotoran yang Menempel Terlalu Banyak

Mengganti Gear Belakang

Mengganti ukuran gear motor bagian belakang tentunya juga memberikan dampak positif dan negatif. Jika Anda memperbesar ukuran gear belakang maka akan memberikan efek pertambahan pada torsinya. Akibatnya kendaraan akan memiliki tarikan enak saat di trek pendek atau tanjakan.

Namun modifikasi ini juga bisa memberikan dampak buruk pada sepeda motor. Dampaknya yaitu top speed akan berkurang dan napas motor menjadi pendek.

Konsumsi bahan bakar juga bisa terpengaruh, tergantung bagaimana pengaturan gas dan medan jalannya.

Sementara itu, jika memperkecil gear belakang maka akselerasi awal menjadi lebih berat. Namun top speed justru bisa naik dan membuat rpm atas lebih enteng. Satu kekurangannya yaitu saat melewati medan menanjak tenaga motor malah bisa berkurang.

Demikianlah pembahasan mengenai tips mengubah ukuran gear motor beserta dampaknya. Setelah memahami pembahasan ini tentunya kita bisa mengubah ukuran gear dengan tepat. (R10/HR-Online)