Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita NasionalViral Batal Nikah karena Adat, Kisah Perempuan Ini Bikin Nyesek

Viral Batal Nikah karena Adat, Kisah Perempuan Ini Bikin Nyesek

Viral beredar video yang memperlihatkan seorang perempuan asal Mamuju, Sulawesi Barat, menceritakan kisah sedihnya karena pernikahannya batal karena adat.

Video wanita asal Sulawesi Barat yang batal menikah karena adat itu diunggah langsung olehnya melalui akun TikTok @me.awa dan langsung viral setelah dibagikan ulang oleh pengguna Instagram @Suaraberema2.id pada Kamis (12/1/2023).

Dalam narasi akun Instagram yang diunggahnya, disebutkan sang wanita membatalkan pernikahannya karena adat, padahal ia dan calon suaminya sudah melakukan lamaran dan foto prewedding.

“Viral!! Usai melamar dan prewedding, seorang perempuan asal Sulawesi membatalkan pernikahannya karena adat,” tulis akun @suaraberema2.id pada keterangan foto yang diunggah.

Menilik dari video yang diunggah TikTok @me.awa, tampak wanita tersebut mengungkapkan bahwa batal menikah bukan karena orang ketiga atau orang tua, melainkan karena adat.

Bahkan, kata wanita itu, dia dan calon suaminya sudah melangsungkan acara pertunangan dan foto prewedding.

“Padahal udah tunangan. Prewed juga,” tulis akun @me.awa sambil membagikan fotonya bersama calon suaminya saat tunangan dan prewedding.

Baca Juga: Emak-Emak Joget TikTok di Masjid Al Jabbar Viral, Netizen: Nggak Malu?

Selain itu, wanita yang akrab disapa Marwana Nareswari itu juga menuturkan, pihaknya dan calon suami sudah mempersiapkan banyak hal sebelum pernikahan, seperti dokumen, penata rias (MUA), fotografer dan lain-lain.

“Banyak hal yang sudah kami siapkan, berkas, MUA, fotografer, dan lain-lain,” kata Marwana Nareswari.

Namun, takdir berkata lain karena ujian yang dialami wanita sebelum menikah itu sangat berat baginya. Karena itu, Marwana meminta mereka yang akan menikah untuk tetap semangat.

“Sayangnya takdir berkata lain, ternyata ujian sebelum menikah itu sungguh berat. Untuk kalian yang akan menikah, semangat,” tulisnya.

Viral Batal Nikah karena Adat, Orang Tua sudah Bertemu

Berdasarkan informasi, kabarnya batal nikah wanita itu terjadi tiga hari sebelum pernikahan berlangsung.

Melalui unggahan video yang lain, Marwana Nareswari yang merupakan pemilik akun menceritakan dari awal perkenalan dengan sang kekasih.

Mereka berdua mulanya bertemu pada April 2021 di Surabaya, Jawa Timur. Usai pertemuan itu mereka berkenalan dan awet hingga menuju pernikahan.

Berbagai kisah telah dilalui, hingga si pria ini datang ke Mamuju, Sulawesi Barat, bersama ayahnya. Kedua keluarga berbincang mengenai tanggal dan kapan prosesi pernikahan.

Namun seketika di tengah perbincangan ada satu hal yang membuat orang tua dari calon mempelai pria tak menyetujui pernikahan tersebut.

Hal itu karena permintaan mahar dari calon pengantin wanita yang terlalu tinggi. Kabarnya mahar tersebut senilai Rp 75 juta.

Bagi suku Jawa, mahar dengan puluhan juta rupiah yang merupakan adat dari Sulawesi itu terlalu besar. Akhirnya, keluarga dari calon suami pun membatalkan pernikahan tersebut. (Revi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)