Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita NasionalViral Calon Karyawan Alfamart Menangis, Terancam Dipecat karena Tak Ucap Salam

Viral Calon Karyawan Alfamart Menangis, Terancam Dipecat karena Tak Ucap Salam

Calon karyawan Alfamart menangis, ditegur hingga terancam dipecat karena tak menyapa dan tak mengucap salam kepada konsumen. Seperti terlihat dalam unggahan akun TikTok @yt_mxsup, videonya kemudian viral pada Selasa (17/01/2023).

Tayangan tersebut memperlihatkan seorang perempuan menangis. Perekam video lantas menanyakan alasannya. Ternyata, perempuan itu sedang magang di salah satu Alfamart yang berlokasi di Kota Serang, Banten, Jawa Barat.

Dalam narasi terdengar, perempuan tersebut mengungkapkan rasa bersalah karena tak melayani konsumen dengan baik. Sambil menangis, ia meminta maaf kepada perekam video yang merupakan atasannya.

“Saya minta maaf karena di toko kurang menyapa pelanggan. Itu kesalahan saya karena tak memberikan ucapan salam. Saya tidak melayani sebaik mungkin kepada pelanggan,” kata perempuan tersebut.

Baca Juga: Dikta Jadi Korban Pelecehan, Diduga Fans Remas Alat Vitalnya saat Manggung

Calon Karyawan Alfamart Menangis, General Manager (GM) Alfamart Buka Suara

Mengutip dari beberapa sumber, Corporate Communication GM Alfamart, Rani Wijaya turut buka suara terkait beredarnya video calon karyawan yang menangis di salah satu gerai Alfamart di Kota Serang, Banten.

“Pada Senin, 16 Januari 2023, Alfamart telah memanggil dan menegur serta memberikan sanksi kepada karyawan yang mengambil video tersebut, sementara calon karyawan melanjutkan masa pelatihan kerja,” kata Rani, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga: Viral Netizen Dipecat karena Komentar Gini ke Presiden Jokowi!

Ternyata, sosok perekam yang menegur perempuan tersebut bukan perintah dari pihak GM Alfamart. Rani juga memastikan karyawan mengambil video tersebut tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari Alfamart.

“Atas tindakan yang dilakukan oleh salah satu karyawan Alfamart, kami mohon maaf sekaligus berterima kasih atas kritik dan saran yang diberikan, agar ke depannya Alfamart dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik,” jelasnya.

Klarifikasi Alfamart

Pihak Alfamart akhirnya memberikan klarifikasi terkait viralnya video yang beredar di sosial media. Hal tersebut seperti terlihat dalam unggahan foto Instagram akun resmi Alfamart pada Senin (16/01/2023).

Alfamart menegaskan bahwa video yang beredar telah direkam oleh oknum tanpa sepengetahuan managemen. Dalam unggahan tersebut juga terdapat permintaan maaf atas tindakan dari karyawannya itu.

Beredarnya video calon karyawan Alfamart yang menangis sontak menyita perhatian publik. Pasalnya, kesalahan wanita yang menangis tersebut cukup wajar untuk dimaklumi karena dia masih dalam proses adaptasi. (Revi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)